Mengenal Lebih Jauh Apa Itu PMM-UMM - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

publikasi 1

pmm umm selorejo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 September 2020

Minggu, 20 September 2020 05:53 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Mengenal Lebih Jauh Apa Itu PMM-UMM

    salah satu kelompok PMM UMM foto bersama perangkat Desa Selorejo, (PMM 72 UMM for indonesiana)

    Dibaca : 760 kali

    Malang 18 September 2020 – PMM-UMM merupakan salah satu kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa UMM baik secara perorangan ataupun berkelompok yang memiliki tujuan untuk memberikan suatu manfaat kepada masyarakat sesuai dengan peraturan UMM dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa. Sebelum mengenal lebih jauh apa itu PMM, kita akan mengenal sejarah terbentuk PMM.

    Sebelumnya, dahulu program pengabdian masyarakat di UMM dikenal dengan program KKN (Kuliah Kerja Nyata). Dimana program KKN ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa UMM Program Strata dan diploma yang merupakan perpaduan bentuk kegiatan pendidikan, penelitian lapangan dan pengabdian pada masyarakat.

    KKN diselenggarakan oleh universitas setiap semester dan harus ditempuh oleh mahasiswa UMM Program Strata dan diploma yang dibimbing oleh dosen pembimbing KKN. Tempat pelaksanakan KKN ditentukan oleh Lembaga Pengabdian pada Masyarakat UMM. Peserta KKN merupakan mahasiswa strata sekurang-kurangnya  berada di semester 6 dan telah menempuh 100 SKS dan telah menempuh matakuliah metodologi penelitian atau matakuliah yang sejenisnya. Bobot SKS Kuliah Kerja Nyata sebesar 4 sks yang dilakukan sekurang-kurangnya 1 bulan pembekalan dan 1 bulan dilokasi KKN. Evaluasi dan penilaian KKN dilakukan berdasarkan Pedoman Penyelenggaran KKN.

    Dengan adanya persebaran covid-19 membuat kegiatan yang biasa dilakukan oleh mahasiswa di sela semester berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengalami hambatan. Oleh karena itu, pihak Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) memberikan tawaran baru kepada mahasiswa sebagai pengganti kegiatan KKN menjadi PMM yang berupa kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa UMM baik secara perorangan ataupun berkelompok.

    Kegiatan PMM ini memiliki berbagai macam skema, diantaranya ada PMM Bhaktimu Negeri, PMM Berkelanjutan, PMM Reguler, PMM Program Hibah Desa, PMM Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, PMM Muhammadiyah, PMM Internasional, PMM Mitra Dosen Bagi Mahasiswa. Mahasiswa yang ingin melaksanakan KKN atau PMM dapat mendaftar pada website http://bit/ly/PMMUMM20. Ir. Alik Ansyori A., M.T. selaku Kepala Devisi KKN menyarankan bahwa untuk mengikuti PMM Bhaktimu Negeri. Sebab, program ini bisa dilakukan oleh mahasiswa UMM kapanpun dan tidak perlu menunggu setiap semester.

    Lokasi kegiatan dari PMM Bhaktimu Negeri bisa ditentukan oleh mahasiswa sendiri dengan menyatakan alasan di dalam proposal yang akan dikirim kepada pihak DPPM UMM. Selain program PMM Bhaktimu Negeri, PMM Berkelanjutan juga memiliki metode yang sama yaitu program yang bisa dilaksanakan kapanpun dan lokasi kegiatan PMM bisa ditentukan oleh mahasiswa sendiri.

    Bentuk dari kegiatan PMM yaitu pembuatan, pendampingan, penyuluhan, aplikasi, desain, serta pelatihan teknologi. Oleh karena itu, kegiatan ini bisa diikuti oleh kelompok dalam satu bidang studi ataupun lintas program studi. PMM memiliki dua bentuk kegiatan yaitu Proyek dan Edukasi. Mahasiswa yang memilih bentuk kegiatan Proyek, dapat melakukan kreativitas, inovasi ataupun memberikan ide yang dapat bermanfaat bagi masyarakat secara individu ataupun kelompok di masyarakat, seperti contoh pembuatan teknologi peningkatan pangan, kesehatan, dan juga lingkungan.

    Sedangkan mahasiswa yang memilih Edukasi dapat melakukan kegiatan berupa memberikan ataupun meningkatkan kompetensi, pemahaman, ketrampilan dan juga sikap yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok masyarakar, dengan contoh kegiatan berupa melakukan penyuluhan atau pelatihan modul edukasi.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.