Cara Mengganti Font di Android dengan Mudah - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Reza Abdullah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2020

Minggu, 20 September 2020 13:17 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Mengganti Font di Android dengan Mudah

    Cara mudah untuk mengganti font di android root dan non root

    Dibaca : 487 kali

    Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik tampilan sebuah handphone, mulai dari mengganti tema pada handphone tersebut atau bisa juga dengan mengganti font yang terdapat pada handphone tersebut.

     

    Untuk mengganti font di android, terdapat 2 metode yang bisa digunakan. Pertama, kita bisas mengganti font tanpa harus melakukan root. Kedua, kita harus melakukan root terlebih dahulu sebelum mengganti font.

     

    Cara Ganti Font Android

    1. Melalui Setting Adroid

    Untuk cara yang satu ini kita tidak perlu repor-repot melakukan root android terlebih dahulu, bahkan kita tidak perlu menginstall aplikasi apapun untuk mengganti font dengan cara yang pertama ini.

    Namun yang harus menjadi perhatian, tidak semua versi android memiliki fitur yang satu ini, fitur ini biasanya hanya terdapat pada android versi terbaru saja. Untuk bisa menggunakan fitur ini, kita bisa menemukannya di menu setting.

    Berikut caranya:

    1. Buka menu setting di handphone android kamu.
    2. Pilih pengaturan tampilan, klik Gaya dan ukuran font.
    3. Klik pada Gaya huruf lalu pilih gaya font yang sesuai dengan keinginan kamu. Kalau font yang ingin kamu gunakan tidak terdapat pada list tersebut kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu.
    4. Selesai..

     

    1. Go Launcher

    Untuk metode yang kedua ini pun kita tidak perlu melakukan root android, tapi kita harus menginstall sebuah aplikasi pihak ketiga yang bernama Go Launcher. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di playstore secara gratis.

    Aplikasi Go Launcher memiliki interface yang sangat simple sehingga akan memudahkan kita ketika ingin mengganti font di android, aplikasi ini pun bisa kita gunakan untuk mengganti tampilan visual android.

    Berikut caranya:

    1. Download aplikasi Go Launcher melalui playstore di android kamu.
    2. Tekan tombol home lalu pilih Go Launcher sebagai launcher default di android kamu.
    3. Pada halaman home page android kamu, silakan tap dan tahan beberapa saat pada layar android kamu sampai muncul menu pengaturan Go setelah itu klik pada menu font.
    4. Klik pada pilih font lalu klik pada pindai jenis huruf untuk scanning list font yang tersedia.
    5. Pilih font yang sesuai dengan keinginan kamu, dan font di android kamu pun akan otomats berubah.

    Kelamahan cara yang satu ini kita hanya bisa mengganti font yang terdapat pada Go Launcher saja, tidak mengubah font secara keseluruhan di android kamu.

     

    1. iFont App

    Untuk metode yang satu ini, kamu diharuskan melakukan root android terlebih dahulu. Untuk panduannya, kamu bisa membaca artikel cara root android. Setelah android kamu sudah dilakukan proses root, kamu bisa melanjutkan proses mengganti font berikut ini.

    1. Download dan install apliaksi iFont App melalui playstore di android kamu.
    2. Jalankan aplikasi tersebut dan biasanya akan muncul popup untuk meminta beberapa akses root, silakan pillih menjadi selamanya lalu klik izinkan.
    3. Pilih font yang ingin kamu gunakan di android kamu.
    4. Klik unduh untuk mendownload font yang akan kamu pakai.
    5. Setelah selesai di download, klik atur untuk menerapkan font tersebut.
    6. Selesai

    Dikutip dari wakdroid.com, untuk beberapa versi android, setelah melakukan proses penggatian font harus melakukan proses reboot terlebih dahulu agar font baru tersebut bisa diterapkan, namun kalau font pada android kamu sudah langsung terganti, kamu tidak perlu mereboot android.

    Demikianlah beberapa cara yang bisa kami berikan, silakan ikuti cara diatas dengan teliti dan berurutan supaya hasil yang didapatkan bisa maksimal. Sekian dan semoga bermanfaat.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.