Tips Blogging bagi Pelajar agar Blogging Tidak Menganggu Kegiatan Belajar - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Senin, 21 September 2020 10:46 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Tips Blogging bagi Pelajar agar Blogging Tidak Menganggu Kegiatan Belajar

    Ikuti tips-tips berikut ini agar kegiatan blogging tidak menganggu kegiatan belajar Anda sebagai seorang pelajar.

    Dibaca : 326 kali

    Menjadi seorang blogger dan pelajar disaat bersamaan? Apakah dengan melakukan kegiatan blogging membuat kegiatan belajar terganggu?

    Banyak blogger yang masih menjadi seorang pelajar menanyakan hal ini, saya sendiri hanya bisa menjawab kurang lebihnya Anda akan terganggu, apabila Anda membuat pusing sendiri kegiatan blogging Anda.

    Yang saya maksud dengan membuat pusing sendiri adalah kegiatan blogging yang seharusnya menjadi kegiatan sampingan atau hobi malah menjadi sebuah hal yang membuat pusing dan beban pikiran karena kesalahan-kesalahan Anda sendiri. Kesalahan-kesalahan tersebut seperti tidak pandai mengatur waktu, membahas tentang sesuatu yang tidak Anda pahami, berpikir bahwa blogging merupakan kegiatan utama dan prioritas, dan banyak hal lainnya.

    Untuk membuat blogging menjadi suatu kegiatan yang tidak menganggu, Anda perlu mengetahui dan mengatasi masalah-masalah yang menurut Anda menyebabkan kegiatan blogging menjadi kegiatan yang menganggu rutinitas lainnya. Nah, bagi yang baru mau memulai atau sudah memiliki blog, berikut ini ada beberapa tips-tips agar kegiatan blogging tidak menganggu kegiatan belajar.

     

    1. Tulis Hal yang Anda Sukai atau yang Anda Pahami

    Untuk mengisi blog Anda, Anda tak perlu pusing-pusing memikirkan konten apa yang akan Anda tulis. Dalam mencari ide konten, hal penting yang harus Anda lakukan adalah mencari ide konten berdasarkan hal yang Anda sukai atau yang Anda pahami. Misal, jika Anda hobi bermain game, Anda bisa menulis konten yang berkaitan dengan game yang Anda mainkan.

     

    Setelah membaca tips yang pertama ini pasti ada yang bertanya, "waduh sedikit yang sehobi dengan saya, apa bakal ada yang baca tulisan saya?"

     

    Sebenarnya kalau membahas masalah pengunjung, Anda harus kembali lagi ke tujuan Anda menjadi blogger. Jika Anda menjadi blogger hanya karena ingin berbagi pengalaman atau hal yang Anda sukai melalui tulisan, maka tak usah pikiran masalah visitor. Akan tetapi jika Anda menjadi blogger dengan tujuan mencari pengunjung disamping tujuan berbagi melalui tulisan, maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset keyword (kata kunci) pencarian yang berkaitan dengan hal yang Anda sukai atau pahami. Karena dengan riset kata kunci Anda bisa mendapatkan pengunjung nantinya apabila sudah menduduki halaman satu pencarian.

     

    2. Pandai-Pandai Mengatur Waktu

    Seorang blogger part time seperti pelajar yang melakukan kegiatan blogging sebagai sampingan, Anda harus pandai-pandai mengatur waktu Anda. Buat jadwal dan jangka waktu untuk kegiatan blogging Anda setiap harinya agar kegiatan belajar tidak terganggu. Misalnya Anda bisa meluangkan waktu setelah selesai sekolah sampai jam 7 malam untuk kegiatan blogging setiap harinya. Jika sudah memiliki jadwal untuk kegiatan blogging, hal penting lainnya adalah mentaati jadwal tersebut dan jangan sampai melanggarnya.

     

    3. Jangan Jadikan Blogging Sebagai Kegiatan dengan Prioritas Tertinggi 

    Tips yang terakhir adalah jangan jadikan blogging sebagai kegiatan dengan prioritas tertinggi. Hal yang terjadi apabila Anda menjadikan kegiatan blogging sebagai kegiatan dengan prioritas tertinggi adalah terganggunya kegiatan penting lainnya dalam keseharian Anda seperti terganggunya kegiatan belajar karena menyepelekan kegiatan selain kegiatan blogging. Selain itu, jika Anda menjadikan blogging sebagai kegiatan dengan prioritas tertinggi, Anda juga berkemungkinan tinggi akan melanggar jadwal blogging yang sebelumnya Anda buat karena alasan "nanggung".

     

    Demikian beberapa tips-tips blogging bagi pelajar agar tidak menganggu kegiatan belajar, jika Anda menerapkan tips-tips tersebut maka dijamin Anda bisa menjadi blogger yang sukses. Blogger pelajar yang sukses sendiri sudah banyak sekali, contohnya saja Faisol dengan blog www.faisol.id miliknya, beberapa blogger pelajar yang saya kenal, dan banyak lagi blogger pelajar lainnya yang tidak saya kenal tetapi eksis di dunia ini. Tetapi karena blogger pelajar yang sukses sendiri sudah bukan merupakan hal istimewa di komunitas blogger dan karena komunitas blogger sendiri kurang suka membahas orang di balik suatu blog, jadi blogger pelajar yang sukses ini jarang terekspos ke masyarakat luas.

     

    Sekian artikel saya kali ini, terimakasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.