x

Iklan

Adi Chord

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 September 2020

Senin, 21 September 2020 16:52 WIB

5 Rekomendasi Software Edit Foto Selain Photoshop


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kata photoshop dalam lingkup orang yang sering bekerja dengan grafis (foto salah satunya) seolah sudah menjelma menjadi kata kerja. Photoshop hampir selalu identik dengan mengolah foto dan mengolah foto identik dengan photoshop, bahkan orang awam pun tahu.

Namun ada beberapa masalah dengan photoshop yang barangkali beberapa dari anda sudah tahu, antara lain:

Mahal, photoshop secara resmi dijual di angka sekitar USD 600. Sementara photoshop versi setelah CS6 nantinya tidak akan bisa dibeli, dia harus disewa/rental.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Butuh komputer yang cepat dan canggih, kurang toleran saat bekerja dengan komputer yang lelet.

Perlu satu buku dengan ratusan halaman hanya untuk memahami sebagian fitur photoshop. Banyak sekali fitur yang ditawarkan sementara yang dipakai paling hanya 20% saja.

 

Kalau anda salah satu orang yang beropini bahwa photoshop itu kurang cocok untuk kebutuhan foto anda, sebenarnya didunia ini ada beberapa software yang bisa menggantikan fungsi photoshop. Silahkan pertimbangkan 5 Rekomendasi Software Edit Foto Selain Photoshop berikut ini:

 

 

1. Corel PaintShop Pro X5

Corel PaintShop Pro X5 Sangat mirip dengan photoshop, baik secara kemampuan, fitur dan filosofi. Selain untuk foto, bisa dipakai untuk keperluan grafis lainnya, bahkan bisa mengerjakan vektor, semua dengan harga sekitar USD 50 (saat ini).

 

2. GIMP 2.8

GIMP adalah software open source gratis seperti halnya Linux. Layer, filter, brush, color correction, crop, resize, semua tersedia dalam GIMP dan semuanya disediakan dengan gratis.

 

3. Pixlr Editor

Pixl Editor adalah pengolah foto gratisan, dan enaknya lagi kita tidak perlu menginstall apapun. Asal anda punya browser dan flash, anda bisa menggunakannya.

 

4. Lightroom 4

Lightroom mengawali debutnya sebagai pengolah RAW dan sebagai manajemen katalog foto. Dalam versi keempatnya, bisa dikatakan Lightroom sudah cukup matang dan sudah bisa menggantikan banyak sekali fungsi photoshop untuk mengedit foto. Lightroom jauh lebih murah, ringan untuk komputer dan cepat digunakan karena kita tidak perlu membuka dan menutup file foto. Lightroom bisa digunakan untuk mengolah foto dari mentah sampai matang, dari mulai foto pertama keluar dari kamera sampai dengan printing.

 

5. Apple Aperture 3

Bagi anda pengguna Mac, Aperture adalah software pengolah foto dan manajemen katalog yang sangat mumpuni, sangat mirip dengan Lightroom.

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Adi Chord lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Orkestrasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Orkestrasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu