x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Jumat, 2 Oktober 2020 08:13 WIB

Tiga Cara Taman Bacaan di Indonesia Agar Tetap Eksis dan Tidak Mati Suri

Survei menyebut 70% dari TBM atau taman bacaan yang ada terkesan “mati suri”. Dibilang ada lembaganya tapi tidak ada aktivitasnya. Bagaimana cara taman bacan tetap eksis di masa Covid-19?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam survei kecil saya, 70% dari TBM atau taman bacaan yang ada terkesan “mati suri”. Dibilang ada lembaganya tapi tidak ada aktivitasnya. Mungkin, karena taman bacaan dianggap sebagai kegiatan sosial. Sehingga cara mengelolanya pun bersifat sosial. Sebagian besar operasionalnya keluar dari “kocek pribadi’ pendirinya. Apalagi tidak mendapat dukungan dari pemda setempat, di samping sulit memperoleh donasi buku bacaan. Bila asumsi itu benar, maka wajar taman bacaan memang “mati suri”.

 

Berangkat dari realitas itu, saya di TBM Lentera Pustaka selalu cari cara yang kreatif. Spiritnya sederhana, menjadikan taman bacaan sebagai tempat yang menarik dan menyenangkan. Itulah yang saya sebut “TBM Edutainment”. Sebuah model tata kelola taman bacaan yang berbeda; berbasis edukasi dan hiburan. Sejalan itu pula, saya berkomitmen untuk “terjun langsung” mengelolanya. Hingga akhirnya, saya “menawarkan” beberapa korporasi untuk ber-CSR di TBM Lentera Pustaka. Alhasil, alhamdulillah sejak 3 tahun berdiri. TBM Lentera Pustaka selalu “dipilih” sebagai sasaran CSR korporasi. Tiap tahun ada 3 perusahaan ber-CSR sebagai sponsor. Tentu untuk menutupi biaya operasional taman bacaan, seperti: membeli buku, honor petugas baca, bayar listrik & wifi, dan lainnya.

 

Apa yang saya mau bilang di sini? Sederhana, taman bacaan harus terus memperbaiki diri. Terus berbenah dalam hal 1) mengajak anak-anak usia sekolah untuk membaca, 2) menyediakan buku-buku bacaan secukup mungkin, dan 3) komitmen pengelola yang harus kokoh – tidak pantang menyerah. Berbasis kondisi itulah, aktivitas taman bacaan bak “air mengalir”. Terus bergerak dan bertemu di “hulu” dengan orang-orang baik, speerti donatur buku bacaan dan CSR korporasi sebagai sponsor.

 

Di TBM Lentera Pustaka, saya belajar betul. Bahwa mengelola taman bacaan tidak cukup hanya “komitmen”. Tapi harus didukung sikap “konsistensi” yang tidak berkesudahan. Dan mengandalkan pola interaksi yang “partisipatif” bukan “sosial”. Sehingga semua pihak merasa terlibat sesuai dengan kapasitasnya dan kebisaannya.

 

Maka taman bacaan di manapun, seperti TBM Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor yang saya kelola harus terus memperbaiki diri. Berbenah terus untuk menambah “daya dobrak” kemanfaatan bagi masyarakat sekitarnya. Bahkan harus “tahan banting” dari berbagai cobaan yang kadang bikin frustrasi. Taman bacaan memang harus tahan bantin, di samping harus terus memperbaiki diri.

 

Lalu, bagaimana cara taman bacaan memperbaiki diri agar tetap eksis?

Berdasar pengalaman saya, maka setidaknya ada 3 cara taman bacaan tidak boleh “kehilangan” semangat memperbaiki diri. Agar tetap dapat eksis, tumbuh dan berkembang dalam menegakkan tradisi baca dan budaya literasi masyarakat.

1.     Tetapkan tujuan dan sasaran taman bacaan yang paling mudah. Semuanya dilakukan secara perlahan dan bertahap. Karena taman bacaan memang harus berproses dengan segala peluang dan tantangannya. Semangat juang pegiat literasi di taman bacaan pun harus bertahap.

2.        Tetapkan tindakan kecil untuk terus memperbaiki kondisi taman bacaan secara berkelanjutan. Jangan cepat puas di taman bacaan karena itu menyesatkan. Perbaiki tempat membaca anak-anak, perbaiki kondisi buku-buku, perbaiki program baca anak-anak, bahkan perbaiki terus tata kelola taman bacaan speerti kartu baca anak-anak.

3.     Lakukan evaluasi secara berkala dengan orang-orang yang terlibat di taman bacaan. Evaluasi itu penting untuk mengukur efektivitas pencapaian tujuan dan sasaran taman bacaan. Kemajuan taman bacaan, tentu hanya bisa dicapai bila ada evaluasi. Agar siapapun yang ada di taman bacaan tetap mau berbenah dan memperbaiki diri. Karena taman bacaan itu unik. Tidak punya aturan baku seperti sekolah formal tapi yang dikelola anak dan untuk membangun tradisi membaca. Unik lagi sulit taman bacaan itu. Apalagi banyak orang tidak peduli.

Jangankan taman bacaan, manusia pun seringkali jalan hidupnya tidak sesuai harapan.lalu, apa harus terus dikeluhkan? Putus asa, frustrasi atau bahkan bingung tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Solusinya hanya satu, teruslah berjuang untuk memperbaiki diri. Agar taman bacaan tetap dapat menebar manfaat di lingkungannya berada.

 

Maka upaya memperbaiki diri di taman bacaan harus terus dilakukan, secara berkelanjutan. Karenn taman bacaan adalah pengabdian, bukan pengorbanan. Dan jawabnya, siapapun yang ada di taman bacaan harus memuat “tidak ada celah antara rencana dan aksi”. Salam literasi #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan #PegiatLiterasi #BudayaLiterasi

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu