x

Iklan

Meishiana Meishi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 8 Oktober 2020 20:22 WIB

Bermimpi Jadi Desainer Berkualitas? Simak Pesan Alumni SoD UPH untuk Mahasiswa Baru 2020

“Mau jadi desainer handal? Nyatanya selain jago desain, kamu juga harus punya sikap diri yang baik, aktif, kreatif, dan memiliki networking,” Pesan Agnesia Cahaya seorang desainer muda, owner CALEO, lulusan Desain Produk, School of Design UPH 2015. Pesan ini disampaikan kepada mahasiswa baru School of Design (SoD) UPH, di acara Welcoming by Faculty UPH Festival 2020, 18 Agustus 2020.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

“Mau jadi desainer handal? Nyatanya selain jago desain, kamu juga harus punya sikap diri yang baik, aktif, kreatif, dan memiliki networking.”  Demikian pesan Agnesia Cahaya seorang desainer muda, owner CALEO, lulusan Desain Produk, School of Design UPH 2015. Pesan ini disampaikan kepada mahasiswa baru School of Design (SoD) UPH, di acara Welcoming by Faculty UPH Festival 2020, 18 Agustus 2020.

Kehadiran alumni dalam UPH Festival 2020 disambut antusias oleh mahasiswa baru. Berbagi pengalaman dari alumni, membangkitkan semangat untuk bermimpi jadi desainer yang berhasil dalam profesinya. Semangat inilah yang ingin ditularkan Agnesia. “Sebagai anak muda kita harus selalu haus ilmu, aktif dan maksimalkan waktu kuliah yang singkat dengan mengimbangi antara kuliah dan kegiatan di luar kampus. Terus menggali beragam wawasan, dan jangan takut mencoba hal baru untuk meyakinkan passion dan mengasah kreativitas,” ujar Agnes yang sudah membangun brand tas CALEO (@Caleooficial) sejak masih berkuliah.

Di samping itu, dengan bekal yang didapatnya semasa berkuliah di SoD UPH, Agnes menjadi seorang desainer yang memiliki tekad berkontribusi bagi masyarakat, lebih dari sekedar pembuat dan penjual produk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Agnes paham bahwa desainnya harus inovatif, kreatif, fungsional, estetis, dan berdampak baik bagi masyarakat. Hal ini yang mendorong Agnesia memilih bahan ramah lingkungan atau bahan sisa untuk diolah menjadi produk tas ‘CALEO’.

“Menciptakan produk berkualitas baik tidak harus merusak lingkungan, ini prinisip yang aku pegang dalam mengembangkan CALEO. Prinsip ini aku dapat dan mengerti dengan berkuliah di SoD UPH,” tutur Agnes.

Prinsip yang dipegang Agnes menjadi bukti SoD UPH mampu menekankan 3 key values yang menjadi kompas SoD UPH dalam mendidik para mahasiswa, yaitu Design as Strategy, Innovation Sustainability and Social Change, dan Redemptive Impact. Tiga key values ini turut dibagikan oleh Dr. Martin Luqman Katoppo, S.T., M.T., Dekan SoD UPH kepada para mahasiswa baru.

“Pertama, seorang desainer harus memikirkan baik-baik desain yang akan dibuat. Kedua, ketika kita mendesain, pastikan desain kita harus inovatif, memiliki nilai keberlanjutan (sustainability), serta dapat menghadirkan perubahan sosial yang bernilai positif. Ketiga, redemptive impact, poin ini menekankan bagaimana mahasiswa tidak hanya pintar akademik, hebat mendesain, tapi harus punya hati melayani,” kata Martin.

Lebih dari itu, untuk calon desainer muda, Martin juga mengajak untuk tetap antusias menyambut dunia perkuliahan meskipun pada situasi pandemi.

“Kita harus melihat situasi pandemi saat ini sebagai peluang. Caranya, dengan memanfaatkan kemudahan digital yang ada. Ini adalah kesempatan kita untuk terlibat, berkolaborasi, dan mempelajari desain tanpa batas, serta memaksimalkan koneksi dengan tren dan ilmu yang ada di dunia. Mari kita menerima situasi ini, belajar menjadi desainer yang mampu jadi cahaya bagi orang lain dalam situasi apapun,” ucap Martin.

Terkait situasi pandemi yang mengharuskan sistem pembelajaran menjadi online, Martin juga menjelaskan kesiapan SoD UPH menjalankan proses pembelajaran online. Di antaranya memastikan komunikasi antara dosen dengan mahasiswa berjalan efektif melalui beragam platform synchronous: Teams, Zoom, dan platform pendukung lainnya. Mahasiswa baru juga didorong untuk aktif  menjalin relasi dengan para senior dan alumni, salah satunya melalui beragam kegiatan online yang akan dihadirkan oleh mahasiswa di HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi).

Melalui sesi penyambutan ini, SoD UPH memastikan memberikan pendidikan berkualitas yang komprehensif baik dari sisi akademis, praktik, dan juga pendidikan karakter, untuk menghasilkan lulusan desainer yang berdampak, mampu memberikan solusi, dan menjawab kebutuhan yang ada.

Kesempatan menjadi desainer yang berdampak dan berkualitas sangat mungkin untuk diraih oleh siapa saja. Untuk kamu siswa sekolah menengah atas kelas 12 dan bercita-cita menjadi desainer, SoD UPH adalah pilihan tepat. Segera daftar dan dapatkan Beasiswa 100 Miliar di UPH untuk tahun ajaran 2021/2022. Hubungi UPH Student Consultants 08111-63-2838 untuk info selanjutnya

Ikuti tulisan menarik Meishiana Meishi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu