Tips Menurunkan dan Mengontrol Berat Badan di Kala Pandemi - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Zaki Nur

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Agustus 2020

Senin, 12 Oktober 2020 15:45 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Tips Menurunkan dan Mengontrol Berat Badan di Kala Pandemi

    Di rumah saja membuat berat badan terus naik? Turunkan dan kontrol berat badan Anda dengan beberapa tips berikut ini.

    Dibaca : 563 kali

    Memang di rumah saja membuat kita lebih santai dan memiliki banyak waktu untuk aktivitas lain. Namun, nyatanya di rumah saja malah membuat kita lebih sering bermalas-malasan daripada menggunakan waktu luang yang ada untuk aktivitas lain yang bermanfaat dan produktif. 

    Alhasil karena jarang melakukan aktivitas lain yang bermanfaat, energi pada tubuh kita tidak digunakan dan ujung-ujungnya menjadi cadangan energi yaitu lemak dan membuat berat badan kita naik karena lemak tersebut. Selain membuat berat badan naik, lemak juga seringkali menganggu penampilan kita.

    Tak hanya sekedar masalah berat badan naik dan penampilan yang terganggu, berat badan yang berlebihan dapat memicu berbagai macam penyakit seperti kolesterol. Nah, meskipun saat ini hanya di rumah saja, kita tetap harus menjaga berat badan. Di bawah ini saya sudah merangkum beberapa tip yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

    1. Kurangi Konsumsi Kalori dan Karbohidrat

    Salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan kalori dan karbohidrat. Kenapa begitu? Ya, tentu saja karena kedua hal tersebutlah yang merupakan sumber utama energi tubuh kita.

    Jumlah kalori yang perlu Anda makan per hari untuk menurunkan berat badan tergantung pada kebutuhan kalori per hari. Jadi hitung dulu kebutuhan Anda, kemudian tentukan pengurangan asupan kalori Anda, tidak perlu mengurangi secara ekstrim, kurangi semampu Anda saja, yang penting konsisten.

    Selain mengurangi asupan kalori, Anda juga disarankan mengurangi konsumsi karbohidrat, seperti nasi, pasta, dan roti. Sebagai ganti karbohidrat, Anda bisa memperbanyak konsumsi sayuran rendah karbohidrat, mengonsumsi telur, daging tanpa lemak, serta ikan.

     

    2. Hindari Makanan Siap Saji

    Makanan siap saji merupakan makanan yang sangat enak di lidah, namun tinggi kalori dan kurang baik untuk kesehatan tubuh. Jika Anda berniat menurunkan berat badan, maka sangat disarankan untuk menghindari makanan-makanan siap saji. Sebagai gantinya, Anda bisa makan makanan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat, dengan begitu Anda tetap bisa merasa kenyang meski tidak mengkonsumsi makanan tinggi kalori.

    Jika tidak bisa lepas dari makanan siap saji, setidaknya kurangi konsumsi makanan ini dan perbanyak konsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi minuman tinggi serat seperti Flimty Fiber dan yang sejenis, yang mampu membantu mengangkat kolesterol dan lemak dari makanan siap saji yang Anda konsumsi.

     

    3. Perbanyak Aktivitas Fisik dan Olahraga

    Aktivis fisik dan olahraga dapat membakar kalori yang nantinya bisa untuk menurunkan dan menjaga berat badan. Oleh karena itu, perbanyaklah olahraga dan aktivitas fisik, seperti mengangkat beban, lari pagi, bersepeda, atau senam aerobik, untuk membakar kalori dalam tubuh serta meningkatkan massa otot dan menjaga kesehatan tubuh.

     

    4. Jangan Begadang

    Seperti yang kita ketahui, makan di malam hari entah itu makan makanan pokok yang tinggi kalori atau sekedar makan cemilan merupakan hal yang kurang baik karena di malam hari Anda tidak banyak melakukan aktivitas fisik dan hanya akan tidur saja. Karena itu, energi dari makanan yang kita konsumsi di malam hari hanya akan menjadi cadangan energi saja yaitu lemak.

    Nah, oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak begadang dan tidur yang cukup yaitu 8 jam per hari. Agar tidak kelaparan di malam hari saat akan tidur, makanlah beberapa jam sebelum tidur dengan porsi yang tidak terlalu banyak.

    Demikian beberapa tips-tips menurunkan dan menjaga berat badan dikala pandemi saat ini, sekian dan semoga artikel ini bermanfaat.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.