x

Picture By Seotechman.com

Iklan

Seo Techman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Februari 2020

Jumat, 30 Oktober 2020 16:31 WIB

3 Cara Efektif Membedakan Merek dari Pesaing | Apa itu Diferensiasi Merek?

Cara Efektif Membedakan Merek dari Pesaing | Apa itu Diferensiasi Merek?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagaimana merek Anda bisa menonjol dan berbeda dari para pesaing?

Diferensiasi merek adalah proses menunjukkan kepada dunia bagaimana bisnis Anda berbeda dari pesaing. Diferensiasi dalam pencitraan merek Anda membangun kredibilitas dan menghasilkan loyalitas pelanggan yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan.

Agar diferensiasi menjadi efektif, harus dilakukan hal-hal sebagai berikut:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Harus relevan dengan klien dan calon klien. Jika pembeda tidak berdampak pada klien dan prospek, hal itu tidak akan berdampak pada bisnis Anda. Itu harus berakar pada kebenaran. Anda tidak bisa hanya mengatakan bisnis Anda berbeda, tetapi juga harus berbeda.

Ini harus dapat diverifikasi. Perbedaan yang Anda berikan harus dapat dibuktikan dan dicapai setiap saat. Mari kita lihat tiga cara efektif untuk membedakan bisnis Anda dari pesaing.

Tiga Cara Efektif untuk Membedakan Merek dari Pesaing

 

 

1. Bedakan dengan nama bisnis yang kuat

 

Nama bisnis Anda adalah landasan identitas merek Anda. Memilih nama yang tepat untuk bisnis Anda bisa menjadi salah satu bagian terpenting dalam membangun merek yang kuat.

 

Untuk menghindari kesalahan penamaan yang umum, luangkan waktu yang Anda butuhkan untuk memilih nama bisnis yang sempurna.

 

Nama bisnis acak, umum, dan mudah dilupakan, seperti yang Anda dapatkan dari generator nama bisnis online akan mempersulit pelanggan Anda untuk jatuh cinta dengan perusahaan unik Anda.

 

Saat memilih nama merek yang dapat membedakan bisnis Anda dari yang lain, pertimbangkan hal berikut:

 

  • Siapa Anda? Nama perusahaan Anda harus mengidentifikasi siapa bisnis, layanan, atau produk Anda.
  • Bisakah nama perusahaan dipersingkat? Jaga agar tetap singkat dan manis jika memungkinkan.
  • Apakah nama perusahaan mudah diingat? Jika klien tidak dapat mengingat nama Anda, berarti Anda sudah meleset.
  • Apakah nama perusahaan dapat dikelola? Pertimbangkan kemudahan dalam ejaan, pengucapan, dan singkatan.
  • Apakah nama perusahaan bebas dari konotasi negatif dan representasi yang keliru? Saat mempertimbangkan nama perusahaan Anda, terutama jika tujuan Anda adalah menjadi merek global, pastikan nama tersebut tidak terkait dengan konotasi negatif apa pun di semua batas.

 

Contohnya perusahaan LUSH

 

Industri kecantikan diproyeksikan akan bernilai 758 miliar dolar pada tahun 2025. Sulit untuk menonjol di pasar sebesar itu.

 

Tapi LUSH menghancurkannya dengan diferensiasi merek.

 

Merek LUSH memperjuangkan produk kecantikan berkualitas premium yang simpel, segar, dan tidak repot.

 

Dan, nama "LUSH" memenuhi semua parameter untuk nama bisnis yang hebat/singkat, mudah diingat, menggugah merek mereka, mudah dieja dan diucapkan. Kenapa? Karena itu membantu Lush menonjol di pasarnya yang sangat kompetitif.

 

 

2. Bedakan dengan identitas visual yang menarik

 

Identitas merek yang kuat tidak terjadi begitu saja. Untuk bisa menonjol dari pesaing Anda, Anda harus mendekati desain identitas merek Anda secara strategis.

 

Desain identitas merek yang kuat menarik klien dengan menunjukkan bagaimana dan mengapa bisnis Anda atau produk atau layanannya lebih baik daripada pesaing. Hal ini dapat terjadi karena produk berkualitas unggul, fitur unik, atau hanya karena orang menyukai bisnis Anda karena alasan lain.

 

Yang penting adalah Anda tahu apa faktor pembeda Anda - dan Anda mengkomunikasikannya secara visual kepada calon pelanggan Anda.

 

Identitas merek terdiri dari banyak komponen visual. Seperti Tiga hal berikut ini adalah yang paling penting:

 

  • Logo perusahaan: Logo perusahaan yang dirancang dengan baik adalah salah satu kesan pertama yang akan dibuat bisnis Anda. Investasikan waktu untuk melakukannya dengan benar. Logo Anda harus mudah dikenali, serbaguna, dan abadi. Tapi, yang terpenting, itu harus mewujudkan merek Anda.
  • Font: Font memengaruhi orang secara psikologis. Strategi diferensiasi apa pun harus mencakup pemilihan font yang mengirimkan pesan yang tepat tentang merek unik Anda. Pilih font yang mudah dibaca, yang mengkomunikasikan sesuatu tentang identitas bisnis Anda, dan yang secara visual berbeda dari pesaing Anda.
  • Warna: Menurut studi yang meneliti pengaruh warna pada penjualan, 92,6% orang yang disurvei oleh CCI: Institute for Color Research mengatakan bahwa warna adalah faktor terpenting saat membeli produk. Jadi, pastikan untuk memilih warna merek yang sesuai dengan merek dan membantu Anda menonjol secara visual dari pesaing Anda. Warna-warna ini harus konsisten antara logo, materi pemasaran, dan desain situs bisnis Anda.

 

Jadi, jika Anda ingin memulai bisnis baru (atau sudah memulainya) luangkan waktu untuk duduk dan mencari tahu identitas merek Anda.

 

Langkah ini selalu penting, tetapi sangat penting jika Anda menulis rencana bisnis untuk bisnis baru. Identitas merek Anda akan memengaruhi rencana pemasaran dan penjualan Anda, dan pada akhirnya, keberhasilan atau kegagalan bisnis Anda.

 

Contohnya perusahaan Airbnb

 

Airbnb mengalami perombakan identitas visual yang banyak dibicarakan pada tahun 2014. Airbnb mengubah logo, font, dan palet warna untuk mengirimkan pesan penyertaan.

 

Pada logo baru Airbnb menggabungkan empat prinsip — orang, tempat, cinta, dan Airbnb — yang diwakili oleh bentuk "A" yang bergaya dan sederhana.

 

Dan, untuk menggarisbawahi pesan merek mereka tentang kehangatan dan inklusi, Airbnb memilih jalur warna merah jambu-merah. Palet ini menyampaikan rasa cinta dan pengasuhan - posisi merek yang unik di industri perjalanan.

 

 

3. Produk atau layanan unik

 

Ketika seseorang dihadapkan pada rak produk atau layanan serupa, apa yang memotivasi keputusan mereka untuk memilih satu produk atau layanan daripada yang lain?

 

Jawabannya: diferensiasi produk.

 

Diferensiasi produk tidak berarti bahwa produk tersebut benar-benar berbeda dari produk serupa yang ada di pasaran, tetapi setidaknya memiliki satu elemen yang membedakan dan meningkatkannya dari yang lain.

 

Desain produk adalah seni sekaligus sains. Kebanyakan orang tidak dapat membangun merek yang kuat dengan menjual produk (atau layanan) yang merupakan komoditas. Namun, produk (atau layanan) yang berbeda dapat membantu Anda mendapatkan pangsa pasar.

 

Ada tiga jenis diferensiasi produk:

 

  • Diferensiasi vertikal: Ini terjadi ketika kualitas satu produk lebih unggul dari yang lain. Konsumen akan mengatakan produk A lebih baik daripada produk B. Ini biasanya mencakup diferensiasi harga - konsumen mengharapkan produk A lebih mahal daripada produk B. (Contoh: Membeli BMW vs Kia).
  • Diferensiasi horizontal: Diferensiasi horizontal mengacu pada perbedaan dalam produk yang tidak terlihat dari segi kualitas. Perbedaan tersebut dapat bervariasi berdasarkan produk atau layanan. (Contoh: Coke vs Pepsi. Rasa adalah pertimbangan pendorong, bukan kualitas).
  • Diferensiasi campuran: Diferensiasi campuran adalah kombinasi dari diferensiasi vertikal dan horizontal. Konsumen akan memiliki gagasan tentang apa yang "lebih baik", sementara juga mempertimbangkan faktor-faktor lain. (Contoh: iPhone vs Android. Sementara harga iPhone yang lebih tinggi dapat menunjukkan kualitas yang lebih baik, faktor lain seperti status sosial, kemudahan penggunaan, atau penyesuaian juga ikut berperan).

 

Diferensiasi produk dan diferensiasi layanan penting karena ada ratusan produk dan layanan baru memasuki pasar setiap hari.

 

Ketika dihadapkan pada terlalu banyak pilihan, tidak ada yang tampak lebih baik dari pilihan berikutnya, konsumen sering kewalahan dan pergi begitu saja.

 

Inilah mengapa sangat penting untuk menyoroti proposisi unik penjualan produk Anda.

 

Contohnya Perusahaan TOMS

 

Perusahaan sepatu TOMS memenangkan pelanggan dengan strategi diferensiasi campuran yang bermakna. Mereka memikat pelanggan dengan sepatu berkualitas yang menurut penggemarnya "lebih baik" daripada sepatu slip-on lainnya, sekaligus menarik bagi pembeli yang mengutamakan etika dan integritas perusahaan.

 

Program "One for One" TOMS menjanjikan bahwa untuk setiap sepasang sepatu yang dibeli, mereka menyumbangkan sepasang untuk anak yang membutuhkan.

 

Diferensiasi campuran antara kualitas dan tujuan sosial ini berhasil. Dalam 13 tahun bisnisnya, perusahaan melaporkan memberikan hampir 100 juta sepatu.

 

Luangkan waktu untuk memeriksa nama bisnis, identitas merek visual, dan produk atau layanan perusahaan Anda.

 

Tidak sulit untuk membedakan, tetapi jangan biarkan diferensiasi menjadi kebetulan. Buat strategi untuk membedakan bisnis Anda dan dapatkan keunggulan dari pesaing lainnya.

Ikuti tulisan menarik Seo Techman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler