x

Iklan

Ani Chintya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Oktober 2020

Senin, 2 November 2020 06:39 WIB

5 Musisi Indie yang Membaluti Lagunya dengan Sastra

Berikut ini beberapa Musisi terbaik tanah air dalam penulisan syair. Idolamu yang mana nih?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seringkali disebut sebagai ruhnya lagu, barisan kata yang disusun dengan mewah dan indah, menjadi bukti betapa pentingnya peran syair.

Definisi syair yang mewah tentunya berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang suka dengan yang lugas, ada juga yang lebih menyukai penggunaan diksi-diksi sastra.

Di Indonesia banyak musisi yang memiliki kemampuan hebat dalam menulis lirik. Bait kata yang ditulis pun menjadi sesuatu yang sangat bermakna.

  • Berikut ini beberapa Musisi terbaik tanah air dalam penulisan syair. Idolamu yang mana, nih?
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

1. BANDA NEIRA

Foto BANDA NEIRA

Para penikmat musisi indie pastinya tidak asing lagi dengan Banda Neira, musisi yang sekarang cuma bisa dikenang lagu-lagunya. Terdiri dari Rara Sekar dan Ananda Badudu, lagu yang mereka tulis memiliki gaya penulisan yang lumayan puitis

Beberapa lagu yang bisa jadi contoh di antaranya adalah lagu Yang Patah Tumbuh Yang Hilang Berganti dan lagu Sampai Jadi Debu.

 

2. FIERSA BESARI

Foto FIERSA BESARI

Bukan tanpa alasan Fiersa Besari disukai banyak pendaki gunung, selain karena menggagas ide yang mengarah kepada alam, ia memang berperan besar dalam penulisan lagu-lagunya

Fiersa Besari selalu konsisten menggunakan bahasa Indonesia dengan permainan kata-kata yang cukup terangkai. Tak mengherankan, karena Fiersa Besari memang sempat menggeluti bidang sastra.

 

3. DANILLA RIYADI

Foto DANILLA RIYADI

Danilla Riyadi mengalami evolusi dalam perjalanan karier solonya. Tak hanya berhasil mempopulerkan karya dengan lirik yang sederhana, di album pertama Danilla Riyadi menyajikan lagu-lagu yang emosional

Sebelum merangkai lagu Senja di Ambang Pilu, Danilla Riyadi bersama isi kepala dan hati yang ia tumpahkan, lagu tersebut menjadi salah satu koleksi terbaik di tahun 2018.

 

4. KEY WILLIAMS

Foto KEY WILLIAMS

Soal syair, Key Williams selalu memiliki keunikan tersendiri yang cukup menarik perhatian. Bagaimana tidak, ia selalu mampu memainkan syair yang mengandung puitis dan juga sarkas. Namun di sisi lain, ia juga merangkai kata-kata yang sangat rapih meski sulit dipahami

Membuat syair memang bukanlah pekerjaan yang mudah bagi banyak musisi, sayangnya tidak berlaku bagi pelantun lagu Bersenjalah Asu ini. Karena setiap majas sastra, sudah menjadi makanan sehari-harinya.

 

5. PAMUNGKAS

Foto PAMUNGKAS

Perpaduan lirik yang indah dan aransemen syahdu menjadi image yang melekat dalam karakter Pamungkas. Dirinya yang lumayan akrif dalam dunia teater secara tidak langsung memengaruhi bagaimana cara Pamungkas mengemas lagu

Tidak peduli bagaimana kesulitan dalam menciptakan lagu, Pamungkas akan tetap bertahan dengan keindahan karyanya yang selalu dinantikan para penikmat.

Ikuti tulisan menarik Ani Chintya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan