Aplikasi Pesantri Hadir dalam Versi Android - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Malia Kamila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Oktober 2020

Rabu, 11 November 2020 06:10 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Aplikasi Pesantri Hadir dalam Versi Android

    Aplikasi pesantri versi android ini mulai dikerjakan setelah aplikasi berbasis web versi gratis dan versi premium rampung dikerjakan. Aplikasi berbasis android ini nantinya akan menjadi pelengkap untuk website versi premium.

    Dibaca : 698 kali

    Aplikasi Sistem Manajemen Pesantren Terpadu Pesantri.com saat ini sudah tersedia dalam versi android. Aplikasi berbasis Android ini terdiri dua versi yang dirancang untuk dua user yang berbeda. pengurus atau pengasuh pesantren sebagai user Admin, dan orang tua sebagai user umum yang dapat melihat secara realtime mendapat informasi terkait pesantren serta kegiatan anak-anak mereka di Pesantren.

    Saat ini sistem android yang telah rampung digarap dan sudah dapat digunakan adalah untuk versi pengasuh atau pengurus pesantren. Versi user admin ini dibuat terlabih dahulu untuk memberikan support terhadap sistem pencatatan administrasi di internal Pesantren agar lebih mudah.

    “Kami dahulukan untuk yang admin pesantren karena fokus kami memang untuk membantu Pesantren dalam pencatatan administrasinya. Apalagi kan ini aplikasi pembuatannya bertahap, kalau yang user admin tidak diselesaikan dulu, ya, yang versi orang tua tidak bisa dibuat. Kan data yang akan tampil di versi orang tua sumbernya dari user admin,” kata Hakiki selaku salah satu pengembang aplikasi.

    Aplikasi pesantri versi android ini mulai dikerjakan setelah aplikasi berbasis web versi gratis dan versi premium rampung dikerjakan. Aplikasi berbasis android ini nantinya akan menjadi pelengkap untuk website versi premium. Sehingga pesantren yang menggunakan aplikasi pesantri secara premium selain mendapatkan website (dengan desain dan fitur yang lebih banyak) juga mendapatkan aplikasi versi androidnya.

    Meskipun aplikasi ini bersifat premium, namun biaya yang dikeluarkan juga relatif murah yaitu hanya Rp. 2.000 persantri perbulan. Kemudian untuk fitur di dalam website admin antara versi premium dan versi gratis tidak ada perbedaan.

    “Perbedaannya hanya ditampilan website umumnya. Untuk yang versi berbayar nantinya Pesantren dapat melakukan posting berita, kegiatan dan informasi lainnya terkait Pesantren atau info apapun dan itu gak dibatasi. Sama bedanya kalau untuk yang berbayar nanti bisa pakai domain pribadi Pesantren masing-masing, jadi tidak pakai subdomain daftarsantri lagi,” tutur Hakiki.

    Dengan demikian meskipun saat ini tersedia dalam versi premium, untuk para pengguna aplikasi versi gratis tetap bisa menggunakan semua fitur yang ada di website admin tanpa terkecuali.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.