Labuan Bajo: Ini Waktu-waktu Terbaik Berlibur ke Sana - Travel - www.indonesiana.id
x

Patroli Polisi Airud memastikan keamanan para wisatawan yang berada di yacht di Taman Nasional Pulau Komodo. Dok. Kemenparekraf

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Kamis, 12 November 2020 06:14 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Labuan Bajo: Ini Waktu-waktu Terbaik Berlibur ke Sana

    Mengenali waktu terbaik ke Labuan Bajo akan membuat kamu memperoleh pengalaman berlibur yang berkesan. Syukur-syukur dapat mengirit ongkos dengan mendapatkan tiket pesawat murah. Yuk, baca artikelnya, banyak hal menarik yang perlu diketahui sebelum rekreasi ke Labuan Bajo.

    Dibaca : 748 kali

    Kapan ya waktu terbaik Labuan Bajo? Rekreasi Indonesia yang ini benar-benar demikian mempesona. Terdapat di pantai barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, kota kecil ini sudah menjelma jadi tujuan rekreasi terkenal di Indonesia. Selain mempunyai pulau, pantai, serta taman laut yang cantik, rekreasi Labuan Bajo makin spesial sebab adalah habitat komodo.

    Siapa sih yang tidak paham komodo? Spesies kadal paling besar di dunia ini cuman sanggup bertahan hidup di pulau-pulau Indonesia, seperti Komodo, Flores, Gili Motang, Padar, serta Rinca. Untuk kamu yang merencanakan berlibur kesini, harus mengenali serta cari waktu terhebat ke Labuan Bajo supaya berlibur makin prima.

    Mengenali waktu terbaik ke Labuan Bajo akan membuat kamu memperoleh pengalaman berlibur menjadi berkesan. Syukur-syukur dapat mengirit ongkos berlibur dengan tiket pesawat murah ke Labuan Bajo. Yuk, baca banyak hal yang penting diingat sebelumnya rekreasi ke Labuan Bajo.

    Januari-Maret, Waktu Terbaik Menyaksikan Festival di Labuan Bajo

    Waktu terbaik untuk menyaksikan bermacam festival hebat di Labuan Bajo ialah di bulan Januari-Maret. Di bulan Januari atau Februari, umumnya diselenggarakan Festival Reba di Labuan Bajo. Festival Reba adalah acara pesta tradisi warga Langa yang diadakan di Kabupaten Ngada.

    Acara besar ini diselenggarakan untuk mengutarakan perasaan sukur ke Si Pencipta. Festival ini untuk memperlihatkan rasa hormat ke nenek moyang agar diberi berkah dengan kekayaan serta panen yang bagus. Pucuk Reba umumnya berjalan sepanjang 3 hari penuh serta diisi beberapa upacara serta aktivitas ritus.

    Acara diawali dengan kumpulkan beberapa macam hasil panen, seperti tanaman pangan serta hewan ternak. Lalu diteruskan dengan terima tamu, menari, membaca dogma asli, serta beri pujian akar ubi. Perayaan Reba diselenggarakan nyaris di semuanya dusun dari Suku Ngada di awal Desember sampai Februari.

    Hadirlah di kurun waktu Januari sampai Maret bila kamu pengin menyaksikan Festival Reba di Labuan Bajo. Kecuali Reba, ada pula Festival Komodo pada bulan Maret. Festival Komodo diadakan di Kabupaten Manggarai Barat. Satu diantara pertunjukan sangat menarik dalam acara ini ialah parade Patung Komodo serta Tari Caci yang disebut lambang kedewasaan lelaki Flores. Festival ini makin hebat sebab pelaksana mengadakan lomba photografi, voli pantai, lomba perahu dayung, atraksi kecantikan komodo, lokakarya, pameran kerajinan tangan, serta pergelaran seni musik. Semarak!

     

    April-Mei, Waktu Menyaksikan Pemandangan Indah di Labuan Bajo

    Bulan April adalah waktu terbaik Labuan Bajo untuk menyaksikan keelokan laut. Langitnya ceria, bukit-bukit hijau yang subur, dan laut biru menyediakan panorama yang prima untuk melepaskan capek. Banyak pelancong rekreasi ke Labuan Bajo untuk saat-saat ini sebab alam benar-benar berteman. Kamu dapat diving sampai naik perahu untuk menelusuri cantiknya laut Labuan Bajo dengan tenang.

    Pada bulan Mei, vegetasi di Labuan Bajo mulai akan menguning. Nikmatnya kembali, cuaca benar-benar ceria serta bersih. Bahkan juga, bentangan pasir di bawah laut dapat nampak dari permukaan. Asyik sekali rasa-rasanya jalanan di sekitar pantai cantik di Labuan Bajo.

    Saat bulan Juni datang, kamu dapat melihat atraksi tinju tradisionil di Labuan Bajo. Orang mengatakan tinju Sagi atau Etu. Walau berupa laga, tidak ada hadiah yang diperebutkan untuk tinju ini. Warga Labuan Bajo melangsungkannya selaku pernyataan sukur atas semua karena yang diberi nenek moyang selama setahun.

     

    Juli-September, Musim Kawin Komodo

    Ingin tahu waktu terbaik Labuan Bajo untuk menyaksikan komodo? Hadirlah di bulan Juli-September. Tenggang bulan itu adalah musimnya komodo kawin. Jadi, hewan sangat jarang ini benar-benar gampang diketemukan di seputar Taman Nasional Loh Liang.

    Anda pengin bertemu dengan komodo? Bulan Juli serta Agustus adalah saat yang pas untuk ke Labuan Bajo. Di masa itu, komodo melakukan perkawinan. Jadi, hewan ini benar-benar gampang diketemukan di seputar Taman Nasional Loh Liang.

     

    Oktober-Desember, Waktu untuk Diving dan Melihat Aneka Jenis Ikan

    Waktu terbaik Labuan Bajo untuk diving serta menyaksikan keelokan menyaksikan kehidupan bawah laut ialah bulan Oktober. Cuaca di bulan itu termasuk ceria, gelombang laut sedang diam-diamnya, dan udaranya sejuk. Panorama bawah lautnya tidak perlu ditanyakan kembali, benar-benar mengagumkan! Beberapa macam ikan seolah menari antara terumbu karang yang elok. Jadi, kamu dapat senang diving atau snorkeling.

    Masuk bulan Desember, cuaca mulai berbeda di Labuan Bajo. Hujan kerap turun saat malam hari. Ikan-ikan mulai malu-malu untuk ada ke atas. Tetapi, kamu masih dapat mengakalinya dengan lakukan diving atau snorkeling di siang hari.

     

    Itulah waktu terbaik Labuan Bajo yang harus kamu ketahui. Yuk segera pesan tiket pesawat ke Labuan Bajo untuk nikmati keelokan alam Indonesia Timur yang mengagumkan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.