Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Jennie Febrina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Oktober 2020

Minggu, 15 November 2020 20:31 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

    Penulis adalah Mahasiswa Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan

    Dibaca : 518 kali

    Sudah tidak perlu ditanyakan lagi manfaat madu bagi kesehatan tubuh. Seperti kita ketahui, sejak dahulu madu telah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional maupun sebagai produk kecantikan. Madu sendiri merupakan cairan alamiah yang banyak mengandung zat gula yang dihasilkan oleh lebah (genus Apis) dari nektar bunga dan memiliki rasa yang manis. Rasa manis pada madu dikarnakan adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, yang hampir sama dengan rasa manis pada gula.

    Madu memiliki kandungan alami seperti antioksidan dan nutrisi lainnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi madu secara rutin dapat meningkatkan kebutuhan energi dalam tubuh. Karena madu memiliki kandungan gula alami seperti fruktosa, maltose, glukosa dan sukrosa. Selain itu madu dipercaya dapat melawan saluran infeksi pernafasan, mencegah radang, karna sifat antibakterinya.

    Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat kesehatan mengonsumsi madu secara rutin:

    1. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

    Sering kali saat musim pancaroba datang, tubuh rentan mengalami sakit seperti pilek, batuk dan demam. Meminum madu secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karna kaya akan polifenol dan anti oksidan.

    Di dalam madu terdapat kandungan mineral dan vitamin alami yang dapat membantu metabolisme kolesterol dan asam lemak yang tidak diinginkan dalam sistem tubuh. Oleh sebab itu madu sangat baik untuk mencegah obesitas dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

    Vitamin yang terkandung di dalam madu antara lain B6, thiamin, niasin, riboflavin, asam pantotenat dan asam amino. Anda juga bisa menemukan kandungan mineral di dalam madu, seperti kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng.

    Kita dapat mengonsumsi satu sendok makan madu setiap hari sebelum tidur untuk menjaga metabolisme tubuh.

     

    2. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

    Batuk merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas maupun dapat mengganggu kenyamanan tidur kita. Selain jahe, madu juga dikenal sebagai salah satu obat batuk alami yang dapat mengurangi dahak. Bahkan, madu ditemukan lebih efektif daripada obat batuk yang mengandung dextromethorphan. Madu disarankan untuk batuk karena memiliki sifat antimikroba alami dan bisa melapisi tenggorokan. Hal ini akan memicu mekanisme menelan dan mengurangi rasa gatal.

    Air hangat yang dicampur dengan madu dan ditambah dengan lemon maupun jeruk nipis dapat menjadi obat efektif untuk meredakan batuk dan sakit tenggorrokan.

     

    3. Sebagai Masker Wajah

    Seperti yang disinggung diatas, madu memiliki sifat antimikroba dan antibakteria sehingga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan pada wajah. Selain itu, madu juga mengandung pencerah dan pelembab alami yang dapat mengatasi jerawat, mencerahkan kulit wajah hingga menjadikan wajah tampak awet muda.

    Bagaimana cara memanfaatkan madu untuk perawatan wajah? Salah satunya membuat masker madu dengan campuran bahan-bahan alami lainnya. Anda dapat mencampur satu sendok madu kedalam perasan tomat dan mengaplikasikannya pada wajah anda. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

     

    4. Solusi untuk Bibir Kering dan Pecah-Pecah

    Kandungan zat yang ada di dalam madu mampu melembabkan bibir kering dan pecah-pecah. Anda dapat membuatnya dengan mencampur satu sendok madu dengan gula pasir. Lalu aplikasikan ke bibir dan gosok perlahan dengan gerakan memutar.

     

    5. Madu sebagai Sumber Energi

    Taukah kamu? Pada setiap satu sendok madu mengandung 17 gram karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia sebagai sumber energi sehari-hari. Seperti yang kita ketahui bahwa karbohidrat merupakan sumber energy utama yang sangat dibutukhan oleh tubuh. Selain itu karbohidrat juga berperan sebagai cadangan energi dalam bentuk gikogen.

    Maka dari itu mengonsumsi madu dianjurkan setelah anda beraktivitas seharian dan memerlukan tambahan tenaga sebagai pengganti energi yang hilang.

     

    6. Penurun Berat Badan

    Madu sering dimanfaatkan sebagai penurun berat badan karna madu dapat menyeimbangakan jumlah gula dalam tubuh. Selain itu, madu memiliki hormon yang mampu menekan nafsu makan pada seseorang. Kandungan mineral yang ada pada madu juga mampu menurunkan resiko penyakit jantung.

    Cara paling sederhana yang sudah terbukti menurunkan berat badan adalah mengonsumsi madu dengan air hangat. Dalam satu gelas air hangat, tambahkan satu sendok makan madu dan dua sendok makan jus lemon. Minum ramuan ini dengan perut kosong di pagi hari untuk menurunkan berat badan. Hal lain dapat dilakukan dengan menambahkan satu sendok madu kedalam susu hangat. Pilihlah susu yang tidak banyak mengandung kalori maka madu akan membantu meningkatkan energi pada tubuh.

    Nah, itu dia beberapa manfaat madu yang sangat berguna dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Madu juga aman untuk dikonsumsi oleh semua orang, sehingga tidak perlu khawatir jika megonsumsinya setiap hari. Mari kita jaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.