x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 25 November 2020 20:28 WIB

5 Pilihan Investasi yang Tepat untuk Para Guru di Hari Guru Nasional 2020

Setiap kali peringatan Hari Guru Nasional tiba, isu yang tak pernah luput dari sorotan adalah soal kesejahteraan guru-guru honorer. Tiap tahun isu ini selalu mengemuka dan menjadi perhatian media.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Rabu, 25 November 2020 adalah hari istimewa untuk para guru. Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November untuk untuk mengapresiasi, mendukung dan mendorong kualitas guru Indonesia supaya pendidikan di Indonesia makin maju.

Hari Guru Nasional diperingati tiap 25 November yang bertepatan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia. Biasanya di sekolah-sekolah digelar upacara untuk memperingati Hari Guru. Usai upacara, di beberapa sekolah diadakan berbagai kegiatan untuk memberikan apresiasi terhadap para guru, seperti lomba atau pentas seni.

Setiap kali peringatan Hari Guru Nasional tiba, isu yang tak pernah luput dari sorotan adalah soal kesejahteraan guru-guru honorer. Tiap tahun isu ini selalu mengemuka dan menjadi perhatian media.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lepas dari persoalan tingkat kesejahteraan, pada dasarnya harus ditegaskan pendapatan sebesar atau sekecil apa pun wajib dikelola dengan baik dan pengalokasiannya tidak boleh mengabaikan yang namanya investasi.

Seberapa pun besaran penghasilan, wajib hukumnya menyisihkan untuk investasi. Apalagi, yang namanya investasi saat ini sudah sangat terjangkau. Lantas apa saja pilihan investasi yang tepat untuk para guru yang bisa dipertimbangkan untuk dijalankan mulai Hari Guru Nasional 2020 ini?

1. Emas
tak sedikit guru yang suka dengan investasi emas, khususnya para guru perempuan. Perempuan yang identik dengan dunia kecantikan tak bisa lepas dari yang namanya emas. Investasi emas bisa menjadi pilihan karena emas itu sendiri sudah familiar dengan perempuan. Emas batangan yang biasanya berkadar 24 karat untuk investasi pun menjadi menarik karena menawarkan hasil yang cukup baik untuk jangka panjang.

2. Deposito
Deposito dengan jangka waktu tertentu entah 3, 6 atau 12 bulan dengan besaran bunga yang berbeda bisa juga menjadi pilihan para guru. Deposito memberikan bunga yang menarik dibandingkan bunga tabungan konvensional.

3. Reksa Dana
Investasi reksa dana bisa menjadi alternatif berikutnya karena kemudahan dan keterjangkaunnya. Investasi reksa dana juga sudah serba online berbasis aplikasi, semisal dengan aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas dengan fitur-fiturnya yang memudahkan investor dalam memilih reksa dana yang terbaik. Selain mudah, investasi yang di masa lalu hanya bisa dinikmati mereka yang berduit kini sudah sangat terjangkau. Saat ini dengan modal Rp.100.000,- saja kaum hawa sudah bisa menikmati imbal hasil (return) yang lebih tinggi dibanding bunga deposito.

4. Saham
Investasi saham bisa menjadi pilihan bagi para guru. Investasi saham yang disarankan tentu saja untuk jangka panjang, bukan trading (jangka pendek) yang tentu saja akan mengganggu kegiatan dalam proses belajar mengajar. Seperti halnya reksa dana, investasi saham juga sudah mudah karena serba online berbasis aplikasi serta modal awalnya sudah sangat terjangkau.

5. Kos-kosan
Bisnis properti denga modal lebih terjangkau bisa dilakukan dengan mengembangkan kos-kosan, rumah petak hingga belu apartemen untuk disewakan. Investasi properti yang semacam ini tentu saja butuh modal, tapi tak segede yang dibayangkan kayak pemahaman properti pada umumnya. Investasi properti semacam ini bisa menambah pendapatan karena nilai jual properti juga terus meningkat setiap tahunnya.

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler