x

Iklan

Ayu dewi lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Januari 2021

Kamis, 7 Januari 2021 14:52 WIB

Pesatnya Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Serta Dampak Positif Dan Negatif

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini sangat pesat sekali terutama dibidang teknologinya, kehidupan manusia yang bermula dari kesederhanaan kini menjadi kehidupan yang bisa dikategorikan sangat modern. Di jaman yang semakin canggih ini segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang mudah. Teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan manusia. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. 

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pesatnya Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Serta Dampak Negatif Dan Positif

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini sangat pesat sekali terutama dibidang teknologinya, kehidupan manusia yang bermula dari kesederhanaan kini menjadi kehidupan yang bisa dikategorikan sangat modern. Di jaman yang semakin canggih ini segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang mudah. Teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan manusia.

Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apa saja penemuan-penemuan teknologi yang berpengaruh pada dunia?

  • Mesin Cetak (1450) Penemuan mesin cetak oleh Johannes 
  • Teleskop (1609) Teleskop pertama kali dibuat oleh Hans Lippershey
  • Mesin  (1712) Mesin pertama yang diproduksi di Mesir oleh Pahlawan Aleksandria pada abad pertama Masehi.
  • Plastik (1856) Plastik pertama kali ditemukan oleh Alexander Parkes pada tahun 1862. 
  • Telefon (1876) Telefon diciptakan oleh dua orang secara terpisah. Mereka adalah Alexander Graham Bell dan Elisha Gray  
  • Pesawat  (1903) Pesawat terbang adalah penemuan hebat lainnya dalam sejarah manusia.Orville dan Wilber Wright 
  • Televisi(1926) Penemuan televisi diawali dengan beberapa penemuan-penemuan di antaranya oleh seorang kebangsaan jerman yang bernama Paul Niokow pada kemudia oleh Charle F.Jenskins di di Amerika.
  • Layar  (1965) Layar sentuh ditemukan oleh insinyur Inggris EA Johnson pada 1965 
  • GPS (1973) Satelit GPS diluncurkan oleh militer AS pada tahun 1978 
  • Internet (1960 & 1989) Penemuan terbaik yang memungkinkan percepatan informasi untuk mentransfer, berbagi, dan membuatnya lebih mudah diakses adalah penemuan internet.

Apa Saja Dampak Positif Perkembangan Teknologi Komunikasi?

1. Menghubungkan Orang di Seluruh Dunia

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini memiliki dampak global. Artinya, jika dahulu Anda memiliki keterbatasan jarak untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain tidak demikian dengan sekarang. Tidak terbatas antar kota dan antar wilayah saja, komunikasi saat ini dapat terjalin bahkan ke semua orang yang ada di seluruh penjuru dunia. Bukan hanya itu saja, Anda pun dapat terhubung dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan detik saja.

2. Penyebaran Informasi yang Cepat

Perkembangan teknologi juga memberikan dampak positif pada penyebaran informasi. Jika dahulu Anda mengandalkan surat kabar atau televisi untuk tahu informasi terkini, sekarang internet mengambil peran keduanya. Kehadiran internet membuat penyebaran informasi terjadi dengan sangat cepat bahkan real time. Apa yang terjadi detik ini di belahan bumi lain dapat secara langsung Anda ketahui saat itu juga.

3. Munculnya Media Sosial

Salah satu perkembangan teknologi komunikasi ditandai dengan munculnya media sosial. Media sosial adalah sarana untuk Anda bisa terhubung dengan teman, keluarga, kerabat dimana saja melalui suatu platform khusus. Contoh sosial media yang banyak dipakai oleh masyarakat adalah Facebook, Instagram dan Twitter. Selain menghubungkan Anda dengan teman lama dan kerabat yang jauh, media sosial dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Melakukan promosi dan jual beli lewat media sosial bahkan kini menjadi cara yang sangat efektif dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

4. Sarana Berbagi File

Perkembangan teknologi komunikasi yang ada sekarang juga memudahkan Anda untuk berbagi file. Mulai dari musik, video, film dan berbagai data lainnya dapat Anda peroleh dengan beberapa klik saja. Melalui media perantara internet, kegiatan berbagi file ini menjadi lebih mudah lagi untuk dilakukan.

5. Memajukan Dunia Pendidikan

Perkembangan teknologi komunikasi yang pesat juga mendukung kemajuan dunia pendidikan. Kini masyarakat yang tinggal di pelosok atau desa-desa terpencil juga dapat menikmati internet. Oleh karena itu, informasi yang mereka dapatkan saat ini tidak bergantung pada narasumber buku saja. Melalui internet, para siswa mendapat tambahan pengetahuan dan wawasan yang baru dengan sangat mudah dan cepat. Pemerataan pendidikan pun sekarang menjadi hal yang tidak mustahil lagi mengingat teknologi komunikasi sekarang dapat dirasakan manfaatnya bahkan di tempat terpencil.

Apa Saja Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi? 

Disamping memberikan banyak dampak positif, ternyata masih ada dampak negatif yang bisa terjadi dalam perkembangan teknologi komunikasi. Kemajuan teknologi komunikasi yang ada sekarang justru menurunkan semangat juang bagi sebagian orang. Karena segalanya terasa mudah, banyak murid misalnya yang hanya murni melakukan copy paste dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Dalam bidang bisnis, kemajuan teknologi komunikasi juga memicu maraknya cyber crime. Kejahatan virtual seperti hacking dan carding juga telah merugikan banyak orang. Oleh sebab itu Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi online agar tidak terjerumus dalam penipuan.

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi yang ada sekarang juga menyerang kehidupan sosial masyarakat. Tindakan cyberbullying, penyebaran berita hoax, ujaran kebencian dan konten pornografi dinilai cukup meresahkan. Efek yang ditimbulkan pun bukan perkara sepele karena akan merusak generasi bangsa dan memecah belah persatuan.

Demikian informasi terkait pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh pesatnya perkembangan teknologi komunikasi saat ini.

Artikel tentang perekembangan teknologi serta dampak negatif dan positif diatas dikutip dari

https://www.baktikominfo.id/en/informasi/pengetahuan/dampak_positif_dan_negatif_perkembangan_teknologi_komunikasi_di_era_digital-806

Ikuti tulisan menarik Ayu dewi lestari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 jam lalu

Terpopuler