Petaka di Siula Grande; Kisah Survival Pendaki Gunung Paling Mengagumkan - Analisa - www.indonesiana.id
x

Joe Simpson

anton sujarwo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Desember 2020

Selasa, 12 Januari 2021 16:34 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Petaka di Siula Grande; Kisah Survival Pendaki Gunung Paling Mengagumkan

    Ada banyak kisah survival dalam dunia pendakian gunung yang demikian terkenal, salah satunya adalah Touching the Void. Kisah survival ini menceritakan bagaimana seorang pendaki Inggris bernama Joe Simpson, bertahan hidup dan mencari jalar pulang dari gunung ganas Andes dengan kaki yang patah. Dalam banyak literatur hingga saat ini, Touching the Void diakui sebagai salah satu kisah manusia bertahan hidup di atas gunung yang paling mengagumkan.

    Dibaca : 837 kali

    kisah survival di gunung

    Dari tempat itu, Joe Simpson menghabiskan tiga hari tanpa makanan dan nyaris juga tanpa air, merangkak dan kadang berdiri menyeret kaki patahnya melintasi gletser dan labirin crevasse yang membingungkan. Dalam kondisi sedemikian rupa, Simpson juga harus menemukan arah yang benar untuk dapat kembali ke tenda mereka yang jauhnya sekitar lima mil. Di samping itu, dibutuhkan juga keterampilan dirinya untuk mampu menemukan rute yang tepat melewati ceruk-cerus di gletser tersebut yang berjumlah ratusan banyaknya.

    Merangkak dengan kaki patah, tanpa makanan dan minuman, melintasi gletser sejauh delapan setengah kilometer tentu bukan perkara yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan, namun demikianlah yang harus Simpson lakukan jika ingin tetap hidup.

    Akhirnya dalam kombinasi kelelahan, kelaparan, mengigau, dan halusinasi, Simpson mencapai basecamp mereka, membuat kekagetan sekaligus kegembiraan luar biasa bagi Simon Yates dan Richard yang sudah bersiap-siap untuk meninggalkan tempat itu dalam beberapa jam lagi.

    Secara umum kisah survival yang dilakukan Joe Simpson di Siula Grande ini dianggap sebagai salah satu legenda mountaineering yang paling mengagumkan. Meskipun demikian, Simon Yates sempat dikritik secara luas mengenai keputusannya memotong tali saat itu.

    Akan tetapi, Joe Simpson selalu tampil dan memberikan pembelaan terhadap rekannya. Keputusan Yates saat itu sama sekali tak dapat dihujani dengan kritik. Simpson mengatakan, ia pun akan melakukan hal serupa jika ia berada pada posisi Simon. Touching The Void di Siula Grande tidak pernah merusak kedekatan antara Simon Yates dan Joe Simpson, dan persahabatan antara kedua orang ini terus bertahan hingga sekarang.

    Tulisan ini dikutip dari buku Dunia Batas Langit karya Anton Sujarwo. Bisa didapatkan di https://akasakaoutdoor.co.id/collections/e-book

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.