Vandalisme di Gunung Indonesia - Travel - www.indonesiana.id
x

4 Hal Menarik Ketika Berwisata ke Gunung Bromo

Aditya Ramandha Junaidi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Januari 2021

Jumat, 15 Januari 2021 06:08 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Vandalisme di Gunung Indonesia

    Gunung Indonesia Yang Penuh Coretan

    Dibaca : 906 kali

    Indonesia merupakan negara yang paling banyak memiliki gunung berapi di dunia. Ada sekitar 500 gunung berapi yang tersebar di berbagai kepulauan di Indonesia. Sebanyak 127 diantaranya masih aktif. Dari 127 gunung api aktif, 70 di antaranya sering meletus.

    Tak hanya itu keindahan–keindahan gunung di Indonesia tak kalah bagus bila dibandingkan dengan gunung–gunung yang ada di negara lain. Namun keindahan gunung Indonesia sering disepelekan oleh orang–orang tidak bertanggung jawab. Bentuk penyepelean itu, misalnya, banyaknya vandalisme atau perusakan dan penghancurkan keindahan alam. Mereka mencoret–coret sesuatu yang bukan semestinya untuk dicoret–coret. Orang–orang yang melakukan kegiatan tersebut sungguh terlihat tidak mengsyukuri keindahan alam. Seharusnya kita menjaga alam dan bukan merusaknya.

    Hampir di semua gunung di Indonesia jadi korban kegiatan vandalisme tersebut. Bentuk perilaku vandalisme dapat dibagi dua. Pertama, perilaku vandalisme yang sifatnya merusak. Bentuk perilaku vandalisnya yakni mencorat-coret, dengan objek vandalisnya: berupa tembok, jembatan, pagar, halte bus, bus umum, WC umum, telpon umum, gedung umum, candi, dan lain sebagainya.

    Memang tidak dapat disangkal, aksi corat coret, dapat dimaknai atau sebagai penyaluran bakat, minat, hobi dari seseorang. Sehingga, jangan heran ada pimpinan daerah yang menaruh perhatian serius atas manifestasi bakat corat coret tersebut dengan membuat wadah (biasa berupa tembok persegi empat panjang) sebagai ajang penyaluran bakat, minat, hobi atau apapun namanya. Dengan wadah itu, para pemilik perilaku vandalisme tersebut, dapat melakukan aksi corat coret sesuka hatinya.

    Kedua, perilaku vandalisme yang bersifat merusak. Bentuk perilaku vandalisnya yakni memotong pohon, merusak tanaman, memecahkan lampu, mencabut, melempari, mengotori, dan membaret, dengan objek vandalisnya: taman umum, hutan wisata, gedung umum, gedung sekolah, taman, dan lain sebagainya.

    Seharusnya kita menjaga keindahan Indonesia Namun sekarang oknum-oknum tertentu menyepelekan itu dengan mencoret nama-nama yang menurut dia bagus, namun itu merusak keindahan alam Indonesia. Ini, sering sekali saya temui di gunung-gunung di Indonesia.

    Penulis : Aditya Ramandha Junaidi, Mahasiswa STISIP WIDURI.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.