8 Langkah Menemukan Arah dalam Hidup Jika Anda Merasa Tersesat - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: Possibility Change

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 19 Januari 2021 17:33 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 8 Langkah Menemukan Arah dalam Hidup Jika Anda Merasa Tersesat

    Hampir semua orang pernah merasa tidak memiliki arah dalam hidup mereka. Mereka mungkin terbangun dengan kesadaran hanya sekadar mempertahankan status quo daripada benar-benar hidup. Banyak orang hanya melakukan rutinitas. Yang lain sadar mereka perlu melakukan sesuatu yang berbeda, tetapi tidak tahu apa. Buntu? Apa yang mesti dilakukan? Jika ya, tarik nafas dalam-dalam dulu...

    Dibaca : 1.594 kali

    Hampir semua orang di planet ini akan merasa tersesat dan tidak memiliki arah pada suatu saat dalam hidup mereka.

    Mereka mungkin terbangun dengan kesadaran bahwa mereka hanya mempertahankan status quo daripada benar-benar hidup.

    Banyak orang hanya melakukan gerakan yang biasa mereka lakukan, secara emosional diperiksa sehingga mereka tidak harus menghadapi kenyataan bahwa mereka sengsara dalam keadaan mereka saat ini.

    Yang lain sepenuhnya sadar bahwa mereka perlu/ingin melakukan sesuatu yang berbeda, tetapi mereka tidak tahu apa. Ada begitu banyak pilihan di luar sana, begitu banyak jalan yang harus diambil, sehingga mereka akhirnya merasa kewalahan dan tidak memiliki arah.

    Jika Anda mengalami hal seperti ini, tidak apa-apa. Kami siap membantu.

    Apa yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menarik napas dalam-dalam dan menenangkan. Kemudian buat sendiri secangkir minuman favorit Anda, ambil buku catatan dan pulpen, dan meringkuk di tempat yang nyaman.

    Kita akan melakukan perjalanan 8 langkah yang akan membantu Anda menemukan arah dalam hidup Anda.

    1. Tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan penting

    Tuliskan ini di atas selembar kertas baru:

    Jika uang, waktu, dan sumber daya bukan masalah.

    • Apa yang akan Anda lakukan untuk pekerjaan/jalur karier?
    • Di mana Anda akan tinggal?
    • Apa yang akan Anda lakukan dengan waktu Anda?
    • Bagaimana cara Anda berpakaian?
    • Apakah Anda terlihat berbeda dari yang Anda lakukan sekarang?
    • Akan seperti apa hari yang sempurna bagi Anda?
    • Mitra macam apa yang akan Anda miliki?
    • Hobi/kegiatan apa yang Anda sukai?

    Buatlah sangat rinci tentang semua jawaban ini, dan luangkan waktu sebanyak yang Anda suka.

    Setelah Anda selesai melakukannya, buka lembar baru di jurnal Anda dan tuliskan semua hal dalam hidup Anda saat ini yang membuat Anda merasa bahagia dan puas.

    Setelah Anda menuliskannya, balik ke selembar kertas lainnya. Di sini, Anda akan menuliskan semua hal dalam hidup Anda saat ini yang membuat Anda frustrasi, tidak bahagia, dan kesal. Jelaskan juga secara mendetail tentang semua item daftar ini. Tuliskan bagaimana masing-masing perasaan itu memengaruhi perasaan Anda, baik saat ini maupun saat Anda mengalaminya.

    Tujuan dari daftar ini adalah untuk mencari tahu aspek kehidupan mana yang ingin Anda ubah, mana yang ingin Anda pertahankan, dan mana yang mungkin cocok atau tidak sesuai dengan kehidupan ideal Anda, bergantung pada bagaimana perjalanan Anda berlangsung.

    Idenya adalah menemukan arah dalam hidup Anda benar-benar berarti memahami bagaimana beralih dari kehidupan Anda saat ini ke kehidupan pilihan Anda di masa depan. Ini tentang mengetahui apa yang perlu diubah dan kemudian mencari cara untuk membuat perubahan tersebut.

    2. Jujurlah dengan diri Anda sendiri

    Setelah Anda menentukan perubahan yang ingin Anda lakukan, jujurlah, apakah Anda sebenarnya siap untuk membuat perubahan tersebut.

    Anda mungkin berada dalam situasi di mana Anda dilumpuhkan oleh kecemasan dan depresi karena Anda merasa terjebak dalam pekerjaan yang Anda benci, bekerja 80 jam seminggu untuk menghidupi keluarga yang Anda benci dan pasangan yang tidak Anda inginkan selama bertahun-tahun.

    Baik Anda telah menuliskannya di atas kertas, atau hanya mengetahuinya secara mendalam, Anda tidak ingin berada dalam situasi ini lagi.

    Tetapi apakah Anda bersedia melakukan apa yang perlu dilakukan untuk melepaskan diri Anda dari kesengsaraan ini?

    Apakah Anda siap untuk berpotensi menyakiti dan mengecewakan orang lain agar dapat menjalani kehidupan yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan impian Anda?

    Perhatikan, kita tahu hidup tidak selalu sesederhana artikel di internet. Jika Anda belum siap untuk membuat perubahan besar-besaran sekarang, Anda masih dapat mencoba mencari arah sejauh mengejar kebahagiaan. Anda masih dapat membuat beberapa perubahan kecil untuk mendekati kehidupan ideal Anda, meskipun hal itu masih di luar jangkauan untuk saat ini.

    Anda mungkin siap untuk membuat perubahan besar dalam waktu dekat atau bahkan di masa depan yang jauh. Jelas lebih baik untuk membuatnya lebih cepat daripada nanti, tapi mungkin membuat perubahan yang lebih kecil sekarang akan menjadi katalisator yang mendorong Anda untuk membuat perubahan yang lebih besar nanti.

    Dan jika Anda tidak dapat membuat perubahan besar sekarang, ada baiknya untuk bekerja mengidentifikasi berbagai mekanisme dukungan dan penanganan yang Anda perlukan untuk mentolerir situasi Anda saat ini sampai Anda bisa.

    Atau, jika Anda telah mencapai titik di mana Anda siap untuk menemukan arah yang lengkap dan membebaskan yang bebas dari batasan status quo, Anda perlu membuat rencana.

    3. Buat rencana aksi

    Anda mungkin memiliki beberapa persilangan dalam daftar yang Anda tulis sebelumnya. Misalnya, jika impian Anda tentang hari yang sempurna mencakup beberapa aktivitas harian Anda saat ini, atau waktu yang dihabiskan dengan pasangan Anda saat ini, maka itu adalah beberapa blok bangunan untuk kehidupan baru yang Anda tuju.

    Sebaliknya, jika sama sekali tidak ada dalam daftar cinta Anda saat ini yang akan Anda bawa dalam kehidupan impian Anda, yah… itu adalah batu tulis yang harus Anda bersihkan.

    Tentukan daftar prioritas untuk hal-hal yang Anda butuhkan / ingin ubah. Buat daftar ini berdasarkan kepentingannya, mulai dari apa yang paling mengganggu dan menyakiti Anda saat ini, hingga apa yang dapat Anda toleransi untuk waktu yang lebih lama.

    Misalnya, jika hubungan/perkawinan Anda menyiksa tetapi pekerjaan Anda hanya membosankan, Anda tahu apa yang perlu segera diselesaikan.

    Atau, jika pekerjaan Anda mendorong Anda ke keinginan untuk bunuh diri tetapi Anda tidak keberatan tinggal di lingkungan Anda saat ini lebih lama, maka pekerjaan/karier Anda yang harus menjadi prioritas utama.

    Tindakan apa yang dapat Anda lakukan segera?

    Jika Anda menyukai jalur karier Anda tetapi membenci keadaan kerja Anda saat ini, perbarui resume/CV Anda segera setelah Anda selesai membaca artikel ini. Kemudian mulailah mencari pekerjaan baru, mungkin dengan bantuan perekrut.

    Atau, jika Anda sudah lama tidak menyukai jalur karier ini dan ingin melakukan sesuatu yang benar-benar berbeda, lihat apa yang akan terlibat untuk mengejar impian baru tersebut.

    Tentu, Anda mungkin merasa sangat gentar saat memulai sesuatu yang baru, terutama jika Anda telah bekerja di tempat Anda selama beberapa waktu. Bagaimanapun, mengubah karier mungkin melibatkan hilangnya keamanan atau prestise finansial. Anda mungkin memiliki posisi senior di mana Anda berada, dan penghasilan yang Anda peroleh memungkinkan Anda mencapai tingkat kenyamanan tertentu, tetapi apa gunanya jika Anda menangis di kamar mandi setiap malam?

    Zona nyaman adalah tempat impian akan mati.

    4. Tentukan apa yang Anda sukai

    Sekarang, salah satu alasan mengapa beberapa orang kesulitan menemukan arah dalam hidup adalah karena mereka lupa (atau tidak pernah benar-benar menyadari) apa yang paling mereka cintai.

    Mereka mungkin jatuh ke karier tertentu karena mereka pandai melakukan sesuatu, tetapi itu tidak berarti mereka menikmatinya.

    Jadi, apa yang suka Anda lakukan?

    Apakah Anda memiliki hobi atau pengejaran pribadi tertentu yang membuat Anda sangat senang? Mengapa Anda sangat menyukainya? Apakah Anda akan tetap menyukainya jika melakukannya penuh waktu?
    Apakah mungkin untuk menghidupi diri sendiri (dan mereka yang bergantung pada Anda) jika Anda mengejar ini sebagai karier?

    Arah mengalir dari semangat dan dedikasi. Ketika Anda melakukan apa yang Anda sukai, Anda memiliki tujuan dan kepuasan yang kuat.

    Meskipun Anda tidak menghasilkan uang sebanyak yang mungkin Anda dapatkan sebelumnya, itu tidak masalah. Begitu banyak penekanan ditempatkan pada kekayaan finansial akhir-akhir ini sehingga orang lupa bahwa pemenuhan emosional dan spiritual bahkan lebih penting.

    Sekali lagi, hidup tidak sesederhana artikel ini atau apa pun yang mungkin Anda baca - kami mengerti. Kami tidak mengatakan bahwa setiap orang dapat melakukan apa yang mereka sukai sebagai karier karena itu tidak realistis.

    Tetapi beberapa orang menganggap bekerja sebagai pekerjaan yang tidak memuaskan lebih menghancurkan jiwa daripada yang lain. Dan jika Anda telah menemukan jalan ke artikel ini, Anda adalah salah satu dari orang-orang itu.

    Jadi, jika ada cara agar Anda dapat mencari nafkah dari sesuatu yang benar-benar Anda nikmati, Anda harus mengerahkan semua upaya yang Anda bisa untuk mewujudkannya.

    5. Berhenti melakukan hal-hal yang Anda benci

    Seberapa besar kecemasan dan depresi yang Anda alami karena Anda melakukan hal-hal yang tidak dapat Anda tahan?

    Bagaimana keadaan pikiran Anda jika Anda asyik dengan apa yang ingin Anda lakukan?

    Anda mungkin merasa terjebak sekarang karena Anda melakukan hal-hal yang Anda benci untuk menjaga diri Anda (dan mungkin keluarga Anda) tetap tinggal dan diberi makan. Jika demikian, bicarakan dengan pasangan/pasangan/anggota keluarga Anda secara terbuka dan jujur tentang perasaan Anda. Tidak perlu malu meminta bantuan untuk membebaskan diri Anda dari situasi yang menyiksa.

    Misalnya, jika Anda ingin mengejar karier baru, Anda mungkin harus meluangkan waktu (dan uang) untuk mendapatkan pendidikan di jalur baru ini. Lakukan penelitian untuk mengetahui hibah dan program apa yang tersedia untuk pendidikan karir kedua. Anda mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan keuangan - tidak hanya untuk pendidikan Anda, tetapi untuk pengeluaran Anda saat Anda dilatih ulang.

    Lingkaran sosial Anda (keluarga, teman, komunitas spiritual) mungkin dapat membantu Anda juga. Anda akan melangkah dan membantu orang-orang di sekitar Anda keluar dari situasi yang menyakiti mereka, bukan? Ada kemungkinan besar bahwa orang yang Anda cintai akan dengan senang hati membantu Anda.

    Di luar pekerjaan, adakah hal lain dalam hidup Anda yang tetap Anda lakukan meskipun hal itu berlawanan dengan kenikmatan? Apakah ada teman yang tidak lagi Anda sukai untuk menghabiskan waktu? Apakah ada aktivitas yang Anda inginkan tidak perlu dilakukan? Anda harus memiliki ini di daftar yang Anda buat sebelumnya.

    Bagaimana Anda bisa menghilangkan hal-hal ini dari hidup Anda? Apa yang dibutuhkan?

    6. Tentukan pendekatan mana yang paling cocok untuk Anda

    Apakah Anda tipe orang yang bekerja paling baik dengan tujuan dan struktur yang dapat dicapai? Atau apakah Anda lebih suka pendekatan bentuk bebas?

    Demikian pula, apakah Anda suka mengerjakan sejumlah proyek berbeda sekaligus? Atau apakah Anda suka menangani sesuatu satu per satu?

    Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua untuk menemukan (dan mengejar) arah baru. Sebaliknya, setiap orang perlu memilah apa yang akan membuat mereka tetap terdorong dan termotivasi saat mereka bergerak maju.

    Beberapa orang mungkin berkembang dengan tujuan SMART, sementara yang lain lebih spontan dengan perubahan.

    Jika Anda tidak keberatan berhenti dari pekerjaan, mengemas barang-barang Anda, dan pindah ke luar negeri, lakukanlah! Atau, jika Anda lebih nyaman membuat pencapaian yang dapat dicapai dan kalender kerja-kembali, maka bidiklah itu.

    7. Gabungkan perubahan besar dan kecil

    Saat Anda mengerjakan beberapa masalah besar dalam hidup Anda, urus juga beberapa masalah yang mudah dicapai.

    Ini memberikan kepuasan yang hampir instan, yang akan mendorong Anda saat Anda bergerak maju dengan perubahan yang lebih drastis.

    Misalnya, dua hal di jalur perubahan Anda adalah membentuk, dan mengubah dekorasi rumah Anda. Yang pertama akan membutuhkan waktu agar perubahan nyata terjadi, tetapi menyimpan buku catatan di mana Anda mencatat kemajuan Anda dapat membantu Anda memantau kemajuan Anda setiap hari, mingguan, dan bulanan.

    Meskipun itu membutuhkan waktu untuk mengejar, Anda dapat memilih kamar di rumah Anda untuk diubah. Katakanlah kamar tidur Anda adalah prioritas utama. Luangkan waktu akhir pekan untuk mengecatnya, carilah alas tidur baru, mungkin tanaman. Buang apa pun yang tidak lagi cocok untuk Anda, atur ulang furnitur, mungkin menyebarkan beberapa aroma baru di sana.

    Itu akan menciptakan perbedaan besar, dan akan memperkuat fakta bahwa Anda sedang dalam proses mengubah semua aspek lain yang telah Anda tulis juga.

    8. Berani

    Banyak orang yang menahan diri untuk mengejar hal-hal yang sebenarnya mereka sukai karena mereka takut mempertaruhkan (dan berpotensi kehilangan) apa yang mereka miliki.

    Mereka akan bertahan dalam karier, hubungan, bahkan kota yang mereka benci lebih lama dari yang seharusnya, hanya karena mereka takut bahwa mengubah keadaan dapat mengakibatkan rasa sakit yang lebih besar daripada yang sudah mereka alami.

    Bisa dikatakan, hidup adalah risiko. Tidak akan ada pemenuhan atau penghargaan jika tidak ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai keinginan Anda. Tentu saja, satu-satunya cara untuk memastikan hidup dengan kekecewaan dan penyesalan adalah dengan mandek di tempat Anda berada.

    ***
    Solo, Selasa, 19 Januari 2021. 10:00 am
    'salam sukses penuh cinta'
    Suko Waspodo



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.