Cara Praktis Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris dengan Menonton YouTube - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi Debat. Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Minggu, 28 Februari 2021 08:22 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Praktis Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris dengan Menonton YouTube

    Tentunya kita semua sudah familiar dengan YouTube. Ternyata kita bisa, loh, menggunakan platform media sosial ini menjadi media pembelajaran dan praktik berbahasa Inggris. Bagaimana caranya?

    Dibaca : 906 kali

    Bahasa Inggris merupakan salah satu dari tiga bahasa yang wajib kita pelajari dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas disamping bahasa Indonesia dan bahasa daerah.

    Namun, meski bahasa Inggris dipelajari begitu lama tetapi sayangnya tak sedikit yang masih tak bisa memahami bahasa Inggris dengan baik, apalagi menulis dan berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan baik. 

    Padahal, di saat perkembangan teknologi informasi dan globalisasi yang begitu cepat ini, kemampuan berbahasa Inggris merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat dan penting dimiliki, setidaknya bisa memahami maksud dan inti dari suatu kalimat berbahasa Inggris saja sudah sangat bermanfaat untuk kehidupan saat ini.

    Sepertinya kurangnya kemampuan bahasa Inggris kebanyakan warga Indonesia bukanlah karena kurang dipelajari di sekolah-sekolah melainkan karena kurangnya praktek dari setiap individu. Nah, untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris sendiri yang paling penting merupakan praktik dan bukan belajar teori.

    Menonton YouTube

    Namun, karena latihan praktik bahasa Inggris yang kebanyakan dikenal warga Indonesia merupakan membaca buku berbahasa Inggris, latihan berdialog menggunakan bahasa Inggris, dan berbagai praktik membosankan lainnya, akhirnya banyak orang yang bosan dan tidak pernah melakukan praktik lagi.

     

    Meski begitu, sebenarnya ada loh praktik bahasa Inggris yang menyenangkan.

    Apa itu? Menonton YouTube!

    Tentunya kita semua sudah familiar dengan YouTube, tapi ternyata kita bisa loh menggunakan platform media sosial ini menjadi media pembelajaran dan praktik berbahasa Inggris.

    Bagaimana caranya? Penasaran? Simak caranya di bawah ini.

     

    Cara Meningkatkan Skill Berbahasa Inggris Hanya dengan Menonton YouTube

    Tutorial ini merupakan tutorial yang berasal dari pengalaman saya sendiri dalam meningkatkan skill berbahasa Inggris dari yang awalnya hanya bisa memahami kalimat pendek dan super simpel hingga bisa menikmati mayoritas konten YouTube berbahasa Inggris tanpa subtitle.

     

    Oke, tanpa berlama-lama lagi berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan apabila ingin memanfaatkan YouTube untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

     

    1. Cari jenis konten YouTube berbahasa Inggris yang menurut Anda menarik

    Step pertama adalah mencari jenis konten apa yang akan Anda tonton, carilah konten yang menurut Anda paling menarik atau yang sesuai dengan hobi, minat, atau bidang yang Anda tekuni agar konten YouTube yang nantinya akan Anda tonton tidak membosankan.

     

    2. Pilih video dengan aksen bahasa Inggris yang paling nyaman Anda dengar

    Setelah menemukan jenis konten apa yang akan Anda tonton dan sudah mendapatkan banyak list video YouTube, pilihlah video dengan aksen atau logat berbicara yang paling nyaman Anda dengarkan.

     

    Kenapa ini penting?

     

    Agar Anda nyaman ketika menonton videonya dan tidak mudah lelah ketika menyimak apa yang video tersebut sampaikan.

     

    Untuk saya sendiri sih dulu karena sedari awal lebih familiar dengan aksen Amerika Serikat, jadi saya memilih video yang orangnya menggunakan aksen Amerika Serikat atau aksen lain yang terdengar mirip dengan aksen Amerika Serikat, selain itu saya dulu mengindari aksen British karena tidak familiar sehingga terdengar melelahkan di telinga.

     

    3. Tonton videonya dan aktifkan subtitle bahasa Inggris otomatis

    Kenapa mengaktifkan subtitle bahasa Inggris otomatis?

     

    Sebenarnya ketika kita belum bisa memahami percakapan dalam bahasa Inggris dengan baik, tentunya kita tidak bisa memahami video YouTube berbahasa Inggris dengan baik bukan?

     

    Nah untuk mengakali hal tersebut, kita bisa gunakan subtitle bahasa Inggris otomatis untuk mengetahui apa saja kata yang sebenarnya mereka ucapkan. 

     

    4. Catat kosa kata atau kalimat yang tidak Anda ketahui artinya dan terjemahkan

    Pause video yang Anda tonton dan catat kosa kata atau kalimat yang Anda tidak ketahui artinya lalu terjemahkan kosa kata atau kalimat tersebut.

     

    Agar tidak terpaling dari smartphone, Anda bisa terjemahkan kosa kata atau kalimat yang tidak Anda ketahui artinya menggunakan aplikasi Google translate atau menggunakan aplikasi kamus bahasa Inggris lainnya. Dari berbagai rekomendasi aplikasi kamus yang ada di internet, aplikasi kamus U-Dictionary dan Google Translate yang direkomendasikan oleh Phonesable merupakan contoh aplikasi kamus yang paling recommended digunakan oleh Anda yang masih sedang belajar bahasa Inggris.

     

    Ini penting untuk Anda lakukan, sebab jika Anda tetap lanjut menonton maka Anda tidak akan sepenuhnya memahami video yang Anda tonton dan ketidakpahaman mengenai isi video juga bisa membuat Anda berkeinginan untuk berhenti menonton di tengah-tengah video, selain itu menerjemahkan kosa kata atau kalimat yang tidak Anda pahami juga akan memberikan Anda pengetahuan mengenai kosa kata baru.

     

    5. Tinggalkan komentar 

    Kemudian, ketika sudah memahami isi video yang Anda tonton, jangan lupa untuk memberikan komentar terhadap video yang Anda dalam bahasa Inggris. Memberikan komentar bisa mengasah skill menulis bahasa Inggris Anda, dan dengan ini Anda juga jadi bisa turut mengasah skill menulis disamping mengasah skill memahami tulisan dan percakapan dalam bahasa Inggris ketika melakukan tutorial ini.

     

    Pastikan sebelum memberi komentar Anda susun terlebih dahulu komentarnya dengan baik agar tidak ada kesalahan grammar atau setidaknya mengurangi kesalahan grammar.

     

    Tapi meski begitu, tidak usah takut salah grammar atau apa, native speaker masih bisa memahami komentar Anda kok bahkan jika bahasa Inggris Anda benar-benar broken, hal ini mirip seperti saat kita mendengar bule ngomong bahasa Indonesia yang ngaco, meski ngaco kita ajaibnya masih bisa memahaminya.

     

    6. Terus lakukan tutorial ini hingga kemampuan berbahasa Inggris Anda meningkat

    Tentunya kemampuan berbahasa Inggris Anda tidak akan naik signifikan setelah menonton satu video saja, oleh karena itu lakukanlah tutorial ini berulang-ulang.

     

    Seiring berjalannya waktu yang Anda habiskan untuk melakukan tutorial ini berulang-ulang kali, baik Anda sadari maupun tidak Anda sadari kemampuan berbahasa Inggris Anda akan meningkat seiring waktu, baik itu kemampuan memahami bahasa Inggris lewat tulisan (subtitle bahasa Inggris otomatis) dan lewat suara (percakapan dalam video) maupun kemampuan menulis bahasa Inggris.

     

    Penutup

    Demikian tutorial meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan menonton YouTube yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.