x

sumber foto: ekonomi.bisnis.com

Iklan

Meri Ana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Jumat, 26 Maret 2021 10:19 WIB

Tidak Mudah, Inilah Hambatan yang Dialami PLN

PLN punya peranan penting untuk 'menerangkan' Indonesia disaat gelap gulita. Bukan hanya diperkotaan saja yang memerlukan listrik, namun daerah pelosok pun juga. Demi menjalankan komitmennya, ternyata PLN memiliki tantangan yang berat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Nama yang pertama kali terlintas di benakmu ketika rumahmu mati lampu adalah PLN, bukankah begitu? PLN merupakan kepanjangan dari Perusahaan Listrik Negara atau nama resminya yakni PT PLN (Persero). PLN memiliki komitmennya untuk terus menghadirkan listrik mulai dari perkotaan hingga ke pelosok Indonesia. Bentuk komitmen perusahaan listrik tersebut dibuktikan dengan meningkatkan rasio elektrifikasi di Papua sebesar 48,3 persen dan Papua Barat sebesar 91,50 persen di tahun 2020 lalu.

Tugas PLN tidaklah mudah, perlu ada proses agar seluruh wilayah di Tanah Air mendapatkan listrik yang layak. Salah satu contoh yang terjadi baru-baru ini di Morowali, Sulawesi Tengah. Pemadaman listrik selama sepekan sejak tanggal 15 Maret 2021 hingga 21 Maret 2021 lalu menimbulkan pertanyaan besar, apakah benar target PLN untuk “menerangkan” Indonesia belum 100 persen tercapai?

Bukan hanya di Morowali saja, masih ada daerah pelosok di Indonesia menjadi perhatian untuk PLN. Ya, PLN harus berkembang dan membenah diri. Setiap daerah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, seiring dengan adanya perkembangan di suatu daerah berarti memerlukan kebutuhan listrik yang lebih banyak. Jangan sampai kekurangan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namanya juga perusahaan listrik negara, bukan hanya Pemerintah Daerah (Pemda) nya saja yang ikut membangun suatu daerah melainkan peran pemerintah pusat melalui PLN juga berkontribusi besar. Toh untuk rakyat Indonesia juga kan ujung-ujungnya?

Adapun moto PLN, “Listrik untuk kehidupan yang lebih baik”. Kalau listrik tidak menyala, maka pertumbuhan pada suatu daerah bisa terhambat maka masyarakatnya tidak sejahtera. Seperti pada dua diantara empat misi PLN, menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi. 

Kita tahu bahwa daerah di luar Pulau Jawa terus dikembangkan menjadi kawasan industri yang tentunya untuk menyelamatkan ekonomi negeri. Jikalau listrik tidak memadai, bagaimana kegiatan ekonomi bisa berjalan. 

Indonesia sangat luas. Tugas PLN bukan hanya memberikan listrik saja namun tetap memberikan pengawasan dan pengembangan agar kejadian pemadaman listrik terutama di daerah pelosok tidak terulang lagi. Masih banyak tantangan yang harus dilewati PLN agar cita-citanya untuk menerangkan Indonesia dapat tercapai. 

Kelak, di waktu yang akan datang semoga masyarakat Indonesia bisa mendapatkan fasilitas terbaik dari PLN. Kalau menurutmu, bagaimana?

Ikuti tulisan menarik Meri Ana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB