Langkah Tepat Memulai Bisnis Jadi Reseller Kosmetik Dengan Modal Kecil - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

renny ambar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Februari 2021

Minggu, 2 Mei 2021 07:34 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Langkah Tepat Memulai Bisnis Jadi Reseller Kosmetik Dengan Modal Kecil

    Di masa pandemi begini, memang cukup sulit untuk kita memulai bisnis atau usaha sendiri. Tapi, kamu jangan khawatir, sebab ada langkah sederhana dan tepat untukmu memulai bisnis jadi reseller kosmetik dengan modal yang relatif kecil.

    Dibaca : 225 kali

    Pandemi mengubah banyak hal, mulai dari kebiasaan, pola pikir, bahkan juga sangat berpengaruh pada kondisi perekonomian. Enggak hanya dalam sekala negara, khususnya pada kita secara individual.

    Gimana, enggak? Sebab karena ekonomi global yang sangat terdampak, banyak orang yang akhirnya dirumahkan hingga benar-benar diberhentikan dari pekerjaan mereka.

    Nah, kalau sudah begitu kita enggak bisa terus bergantung pada perusahaan dan ngotot untuk jadi seorang karyawan biasa. Mau tak mau, kita juga harus bisa beradaptasi dan bisa mengakali masalah ini sendiri, misalnya dengan memulai bisnis sederhana sebagai reseller kosmetik.

    Kenapa harus kosmetik? Sebab lahan bisnis satu ini bisa dibilang enggak ada habisnya, bahkan kemungkinan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

    Sebagai contoh, kamu bisa melihat bagaimana pesatnya dan banyaknya beauty influencer yang bermunculan di berbagai media sosial. Juga maraknya brand-brand kosmetik baru yang mengusung bermacam-macam tren dan inovasi terbaru dari kosmetik, mulai dari skincare, make up, dan perawatan untuk kecantikan lainnya.

    Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik. Enggak perlu yang terlalu muluk-muluk dulu, bisa perlahan-lahan dengan menjadi reseller.

    Reseller sendiri adalah orang yang menjual kembali produk dari pihak suplier atau konsumen. Biasanya reseller juga akan mengeluarkan modal untuk menyetok kosmetik yang akan dijual.

    Kalau begitu untuk jadi reseller kosmetik butuh modal yang besar, dong? Jawabannya, enggak juga. Kamu bisa menggunakan uang tabungan yang kamu miliki sekarang untuk memulai bisnis sebagai reseller kosmetik. Tentunya dengan perhitungan dan langkah yang tepat, ya.

    Penasaran gimana? Cek langkah tepat memulai bisnis reseler kosmetik dengan modal minim di bawah ini, yuk!

    Tentukan Target Pasar Dari Bisnismu

    Jangan dikira kalau berjualan kosmetik kamu enggak perlu mikirin target pasar atau konsumen yang ingin kamu gaet secara khusus. Sebab kini kosmetik enggak hanya dipakai oleh perempuan dewasa, melainkan laki-laki, remaja, hingga orang tua.

    Dengan pangsa pasar yang luas ini kamu tentu enggak bisa sekaligus menjangkau semuanya, sebab modal dan usaha yang diperlukan juga akan semakin besar. Dan untuk mengawali bisnis ini enggak perlu tergesa-gesa, agar lebih fokus kamu harus menentukan target utama dari bisnismu.

    Hal ini akan mempermudah langkah selanjutnya, seperti ketika memilih produk yang akan dijual kembali, di mana dan bagaimana cara mempromosikannya, juga layanan seperti apa saja yang ingin kamu berikan pada konsumenmu nantinya.

    Perhatikan Produk Kosmetik yang Akan Kamu Jual

    Memilih produk kosmetik yang tepat untuk dijual adalah hal yang sangat penting dalam memulai bisnis sebagai reseller kosmetik. Kamu harus jeli memandang atau menilai produk mana yang paling potensial diinginkan atau dibeli oleh target konsumenmu.

    Pemilihan produk kosmetik ini bisa kamu lakukan dengan mengamati tren di media sosial, melalui riset kecil-kecilan terhadap masalah kecantikan apa yang diperlukan oleh target konsumenmu, hingga menjual produk yang cukup affordable namun memiliki khasiat yang menggiurkan.

    Telah disinggung sebelumnya bahawa pemilihan produk kosmetik ini juga akan berkaitan dengan target pasar yang ingin kamu bidik. Misalnya bila kamu ingin membidik perempuan muda, spesifiknya yang berprofesi sebagai mahasiswa dan karyawan swasta, maka akan lebih baik menjual produk yang cukup terkenal dan terjangkau.

    Juga perhatikan keamanan dan legalitas produk yang akan kamu jual kembali. Meski murah, bukan berarti kamu sembarangan menjual produk dengan bahan yang berbahaya. Apalagi kini banyak produk kosmetik lokal yang dibuat dengan jasa maklon kosmetik Tanah Air, yang kualitasnya enggak kalah baiknya dengan produk Luar Negeri.

    Pilih Supplier yang Besar, Menguntungkan, dan Profesional

    Setelah mengetahui target pasar dan produk apa yang hendak kamu jual, maka langkah selanjutnya adalah memilih supplier yang cocok dan tepat untuk memulai bisnis reseller kosmetikmu. Supplier adalah seseorang atau perusahaan yang menjadi pemasok atau menjual produk kosmetik ke pihak lain untuk dijual kembali, termasuk reseller.

    Kamu bisa memilih supplier ini melalui toko online di internet atau mendatangi pusat grosirnya secara langsung. Usahakan memilih supplier yang kapasitasnya untuk memasok produk sudah dalam skala besar, sehingga harga yang diberikan juga akan cukup menguntukan kamu. Pilih juga yang rekam jejaknya bagus, baik dari profesionalitas hingga kejujurannya.

    Hal ini bisa kamu lihat dari bagaimana tanggapan dan feedback yang diberikan oleh pelanggan mereka. Jika datang ke lokasi grosirnya secara langsung, kamu bisa menilai dari bagaimana kondisi produk-produk kosmetik yang ada dan pelayanan dari crew-nya padamu.

    Perhitungkan Harga Jual Kembali yang Bersaing

    Menjadi reseller mungkin terlihat cukup enteng, namun sebenarnya bisa cukup merepotkan karena saingannya juga tidak sedikit. Untuk itu, kamu harus pandai-pandai menarik perhatian calon konsumenmu dan memikat mereka untuk membeli produk kosmetik yang kamu jual. Salah satunya dengan memberikan atau memperhitungkan harga jual kembali yang cukup bersaing.

    Namun ingat, meski begitu kamu juga harus benar-benar memperhitungkan harga jual ini dengan baik. Misalnya dengan menghitung selisih harga beli dan jual kembali, kemudian harga transfer dan ongkir, juga harga untuk promosi bisnismu. Sehingga meski harga produkmu lebih murah, kamu masih bisa mendapatkan keuntungan walau tidak besar.

    Maksimalkan Media Sosial yang Kamu Miliki

    Masa pandemi ini sebenarnya memberikan kesempatan tersendiri bagi bisnis-bisnis yang dijalankan secara online. Sebab orang-orang kini lebih sering dan senang membeli barang atau kosmetik melalui gawai mereka.

    Nah, untuk itu sebagai cara promosi yang paling terjangkau, kamu bisa memaksimalkan media sosial yang kamu miliki. Yakni dengan giat memasarkan produk yang kamu jual, menggunakan caption dengan menarik, memberikan review produk, dan lain sebagainya.

    Dengan memasarkan media sosial yang kamu miliki dengan optimal, maka semakin besar juga peluang produkmu akan diketahui oleh target konsumen. Di mana hal ini jadi yang paling penting, karena keuntunganmu juga dipengaruhi dari seberapa banyak orang yang akan membeli produk kosmetik yang kamu jual.

    Berikan Pelayanan yang Lengkap dan Maksimal

    Mau apapun bisnisnya, pelayanan konsumen adalah hal yang sangat krusial bagi seorang pebisnis. Sebagai seorang reseller yang banyak aktivitas penjualannya dilakukan secara online, maka kamu harus siap meluangkan waktu untuk melayani calon konsumen.

    Misalnya dengan rajin menjawab komentar atau pertanyaan, memberikan rekomendasi produk berdasarkan masalah kecantikan yang mereka alami, juga memberikan solusi terhadap masalah transaksi yang mungkin saja dihadapi saat akan membeli produk kosmeti darimu.

    Selain memberikan pelayanan tersebut, kamu juga bisa menawarkan akses transaksi yang lebih lengkap dan memudahkan konsumen. Misalnya menyediakan pengiriman paket, akses pembayaran yang mudah, dan lain sebagainya.

    Gunakan Keuntungan Penjualan untuk Memperbesar Bisnismu

    Kalau saat awal ruang gerakmu terbatasi dengan modal, maka saat mendapat keuntungan ada baiknya kamu menggunakannya untuk mengembangkan bisnismu. Bisa dengan menambah kuantitas produk favorit konsumenmu, menambah variasi, hingga memberikan promo-promo menarik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

    Ketika memulai sesuatu memang cukup sulit, dan enggak akan langsung membuahkan untung yang besar. Namun, jangan ragu untuk selalu mengembangkan usaha yang kamu tekuni ini. Dan gunakan uang keuntungan tersebut dengan bijak untuk bisnismu, supaya pelanggan tak hanya berhenti pada satu kali pembelian. Melainkan melakukan repeat order dan setia pada bisnismu.

    Selalu Konsisten dan Tekun

    Hal terakhir yang enggak kalah krusialnya yakni konsisten dan tekun. Memulai sesuatu itu mudah, namun konsistensi dan tekun saat menjalankannya bisa dibilang menjadi hal yang cukup sulit. Karena membangun bisnis juga enggak semudah itu, pasti ada saja masalah dan rintangan yang menghadangmu. Untuk itu, kalau kamu tidak bersungguh-sungguh dan disiplin dalam menjalankan usaha ini, maka akan semakin susah juga bagimu mendapatkan keuntungan.

    Nah, itu adalah beberapa langkah untuk memulai bisnis sebagai reseller kosmetik. Mimin enggak akan bilang itu mudah, tapi bukan berarti terlalu sulit atau bahkan mustahil untuk dilakukan. Meski dengan modal yang relatif kecil, kamu masih tetap bisa jadi reseller kosmetik asal bisa memperhitungkan dengan tepat produk apa yang ingin dibeli dan target konsumen yang kamu incar.

    Pokoknya, pasti ada jalan buat kamu yang masih mau berusaha dengan keras. Karena seperti kata orang-orang, usaha enggak akan menghianati hasil. Selamat berusaha dan semoga sukses!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.