x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Rabu, 12 Mei 2021 05:41 WIB

Implementasi Merdeka Belajar, FMIPA Unpak - Kitakyushu University Jepang Jalin Kerjasama Bidang Penelitian

Jalin Kerjasama, FMIPA Unpak - Kitakyushu University Jepang Perkuat Pendidikan dan Penelitian sebagai implementasi merdeka belajar

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Untuk membangun tradisi akademis yang kokoh di perguruan tinggi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan menjalin kerjasama dengan Kitakyushu University, Jepang khususnya bidang pendidikan dan kerjasama penelitian. Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Dr. Eng., Asep Denih, S. Kom., M.Sc., Dekan FMIPA Unpak dan Prof. Toru Matsumoto dari Graduate School of Environmental Engineering The Faculty of Environmental Engineering, The University of Kitakyushu secara virtual pada Senin (26/04/2021).

FMIPA Unpak menyambut baik Kerjasama ini karena memberi ruang pengembangan dan inovasi riset Bersama Kitakyushu University. Beberapa riset bersama antara staf akademik, pertukaran pelajar, dan peningkatan program bidang kesarjanaan di antara kedua belah pihak akan menjadi momentum FMIPA Unpak dalam implementasi program merdeka belajar.

“FMIPA Unpak sangat bersyukur dapat bekerjasama dengan Kitakyushu University Jepang. Hal ini melengkapi kerjasama dengan universitas di dalam dan luar negeri yang sudah ada. Selain FMIPA dapat memberikan kontribusi pemikiran dan kemajuan teknologi di era revolusi teknologi 4.0 melalui riset dan bidang keilmuan lainnya, Kerjasama ini pun untuk mengokohkan tradisi akademis civitas akademika. Kami akan terus membangun relasi dengan cara menambah relasi, bekerjasama dengan institusi-institusi dan industri global” ujar. Dr. Eng., Asep Denih, S. Kom., M.Sc., Dekan FMIPA Unpak saat penandatangan Kerjasama.

Setelah Kerjasama ini, kedua tim dari FMIPA Unpak dan Kitakyushu University akan segera menindaklanjuti dengan prohram konkret, khususnya dalam optimalisasi program perkuliahan dan riset Bersama. Dalam kesempatan ini, FMIPA Unpak pun memperkenalkan profil singkat, di samping mempromosikan keunggulan akademis dari 5 program studi yang ada, yaitu 1) Biologi, 3) Kimia, 3) Matematika, 4) Ilmu Komputer dan 5) Farmasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam sambutannya, Prof. Toru Matsumo menyampaikan harapanya ahar kerjasama ini dapat terlaksana dengan baik melalui pertukaran proram pembelajaran dan riset unggulan. Sehingga dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan keilmuan bidang MIPA.

“Saya sangat senang bisa menandatangani kerjasama ini. Semoga kita dapat melaksanakan kerjasama yang terbaik antara Kitakyushu University dan FMIPA Unpak. Untuk kemajuan ilmiah dalam antisipasi era digital dan revolusi industri,” kata Prof. Toru.

Sebagai upaya implementasi merdeka belajar, Kerjasama antar kampus menjadi penting, Intuk meningkatkan kinerja dan mutu perguruan tinggi, di samping meningkatkan reputasi, networking, dan kontribusi nyata kepada masyarakat.

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler