x

Kit Deslauriers

Iklan

anton sujarwo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Desember 2020

Rabu, 26 Mei 2021 06:51 WIB

Gila! Perempuan ini Turun dari 7 Puncak Dunia Hanya dengan Ski

Hampir setiap tahun ada ratusan orang, laki-laki dan perempuan, mencapai puncak Everest. Namun hanya ada satu perempuan yang turun dari puncaknya menggunakan ski. Dan lebih gila lagi, perempuan ini juga pernah turun dari 7 puncak tertinggi benua menggunakan papan skinya! Siapakah dia? Berikut profil singkatnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

pendaki gunung wanita

Menyebut nama Kit Deslauriers sudah pasti identik dengan ski mountaineering profesional yang dilakukan oleh seorang wanita. Lebih jauh alasan mengapa saya menempatkan nama Kit Deslauriers ada pada lis utama buku Dewi Gunung ini adalah karena semangat dan prestasi yang ia ukir sebagai orang pertama di dunia yang mendaki tujuh puncak tertinggi di tujuh benua atau seven summit, kemudian turun dari masing-masing puncak itu menggunakan ski.

Artikel ini ini bersumber dari buku berjudul Dewi Gunung karya Anton Sujarwo. Tulisan up date tentang mountaineering dan buku-buku pendakian gunung paling lengkap Anton Sujarwo lainnya dapat kamu lihat disini 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

***

Bermain ski sambil mendaki gunung sama sekali bukan hal baru dalam ranah olahraga mountaineering. Orang-orang Norwegia yang identik dengan para pemain ski handal telah melakukan ini sejak lama. Bahkan nama-nama besar pendaki gunung Polandia juga seringkali melakukan hal ini dalam aksi mereka.

Nama seperti Jerzy Kukuczka yang turun menggunakan ski dari puncak Shishapangma telah lama menarik perhatian dunia. Bahkan yang terbaru dan monumental ketika Andrzej Bargiel, si Dare Devil dari Polandia yang turun dari gunung K2 menggunakan ski pada tanggal 22 Juli 2018 lalu. Untuk ski mountaineering laki-laki, Bargiel diakui atau tidak, mungkin adalah yang terbaik saat ini. Ia adalah satu-satunya manusia di bumi ini yang sukses turun dari gunung tersulit di dunia dengan menggunakan dua bilah papan ski.

Jika Andrzej Bargiel adalah rajanya ski mountaineering untuk kategori pria, maka tidak berlebihan mengatakan bahwa Kit Deslauriers adalah ratu atau top leader-nya ski mountaineering untuk kategori wanita. Tahun 2006 ketika ia berhasil mencapai puncak Everest kemudian turun dari gunung Chomolungma itu menggunakan ski. Ia adalah orang pertama di dunia, baik pria mau pun wanita, yang berhasil melakukan aksi tersebut.

Kit Deslauriers lahir pada tahun 1969 di Albany, New York, Amerika Serikat. Kit menghabiskan masa kecilnya di beberapa tempat di Amerika seperti Westport, Long Island dan juga Massachusetts, bahkan menjelang ia bersekolah, keluarganya juga pindah ke Arizona.

Pendidikan terakhir yang ditempuh oleh Kit adalah di University of Arizona, dan di tempat ini juga ia mendapatkan gelar sebagai sarjana ilmu politik lingkungan. Semasa kuliah, Kit mengikuti kegiatan trail running dan rock climbing. Selain itu, dengan wajah dan postur tubuhnya yang bagus, Kit juga memiliki profesi lain sebagai seorang model. Dan dengan profesi ini Kit kemudian memiliki kesempatan berkunjung ke Eropa. Di sana selain melenggak-lenggok di atas catwalk, dia berkesempatan juga meningkatkan keterampilannya bermain ski.

Tahun 2005 Kit bertemu Richard Bass, orang pertama di dunia yang mendaki tujuh puncak gunung tertinggi di dunia yang kemudian populer dengan istilah seven summit. Dalam pertemuan itu Bass memberikan Kit sebuah buku yang menceritakan pengalamannya mendaki tujuh puncak tertinggi di dunia yang terletak pada tujuh benua berbeda.

Dan nampaknya buku yang diberikan Bass itu mempengaruhi Kit cukup dalam, sehingga tak lama setelah itu ia kemudian memutuskan untuk menjadikan seven summit sebagai targetnya pula. Namun berbeda dengan Richard Bass atau para pendaki gunung yang lain, tekad Kit mengikuti jejak Bass tidak hanya untuk mencapai tujuh puncak gunung itu saja. Namun lebih jauh, Kit juga ingin mengendarai papan skinya setelah turun dari tujuh puncak tersebut. 

pendaki gunung wanita

Tekad Kit Deslauriers ini kemudian langsung diikuti dengan pencapaiannya sebagai wanita Amerika pertama yang berhasil mencapai puncak Denali dan turun dari titik tertinggi benua Amerika Utara tersebut menggunakan papan ski pada tahun 2004. Selanjutnya pada tahun 2005, Kit membuat debutnya di seven summit semakin menarik perhatian. Tahun itu ia berhasil mencapai puncak  Elbrus di Eropa, Kosciuszko di Australia, Vinson Massif di Antartika, dan juga Acocagua di Amerika Selatan. Empat puncak gunung yang  juga ada dalam lis seven summit versi Richard Bass ini berhasil dicapai dengan sempurna oleh Kit, sekaligus berhasil pula ia turuni dengan papan ski kebanggaannya.

Tahun 2006 sirkuit ski mountaineering seven summit yang dijalani Kit bertambah dengan berhasilnya ia turun dari puncak Kilimanjaro menggunakan ski. Dan selanjutnya yang terakhir, sebagai final chapter dari misinya, pada tanggal 18 Oktober 2006, tepat pada jam 11 pagi, Deslauriers meluncur dari puncak Everest di Himalaya bersama dengan Jimmy Chin dan Rob Deslauriers yang juga adalah suaminya.

Rob Deslauriers, suami dari Kit sendiri sebenarnya adalah seorang pengusaha properti dan produser film-film dokumenter tentang ski ekstrim dan mountaineering. Kit dan Rob pertama kali bertemu dalam salah satu perjalanan ski ke Mount Belukha di Siberia. Sejak saat itu keduanya semakin dekat sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah setahun setelahnya.

Selain menjadi wanita pertama yang melakukan ski dari 7 puncak sirkuit seven summit versi Dick Bass, Kit Deslauriers juga memegang banyak rekor lain dalam urusan ski mountaineering. Ia misalnya adalah wanita pertama yang mendaki dan kemudian turun menggunakan ski di Mount Aspirin, Selandia Baru. Kit juga adalah wanita ketiga di dunia yang mendaki kemudian turun menggunakan ski di Grand Teton, Wyoming. Dan prestasi puncaknya yang membuat namanya kian berkibar dan populer secara luas adalah karena Kit Deslauriers adalah wanita pertama di dunia yang turun dari puncak Everest menggunakan ski.

 Selain piawai dalam menunggangi papan ski, Kit Deslauriers juga merupakan seorang paramedis dan anggota tim SAR helikopter bersertifikat. Ia tercatat sebagai anggota dari Wilderness Emergency Medical Technician, Telluride Profesional Ski Patroller, Rescue 3 International, Rope Rescue Intsructor, Helicopter Rescue Technician, dan anggota sukarela untuk SAR.

 

Pencapaian dan Warisan Kit Deslauriers

  • Perempuan pertama di dunia yang mendaki tujuh puncak benua (seven summit versi Richard Bass) dan turun menggunakan ski.
  • Perempuan pertama di dunia yang turun dari puncak Everest menggunakan ski.
  • Perempuan pertama yang turun dari Vinson Massif menggunakan ski.
  • Orang pertama yang turun menggunakan ski dari puncak Mount Isto di Brooks Range.
  • Perempuan pertama yang turun menggunakan ski secara solo dari puncak Grand Teton dan Garnett Peak di Wyoming.
  • Perempuan pertama yang turun menggunakan ski dari puncak Mount Aspiring di Selandia Baru.

 

Penghargaan:

  • Terpilih sebagai National Geographic Adventurer of the Year, tahun 2015.
  • US Ski and Snowboard Hall of Fame, 2019.
  • Dua kali berturut-turut memenangkan Freeskiing World Tour Women’s Champion.

 

Buku:

  • Higher Love: Skiing the Seven Summit yang diterbitkan tahun 2015.

Notes:

  • Saya kesulitan menemukan tanggal pasti kelahiran Kit Deslauriers. Beberapa website utama yang menjadi rujukan penulisan tentangnya ini hanya menyebutkan tahun 1969 sebagai tahun kelahiran Kit, tidak ada bulan dan tanggal.
  • Seven summit versi Richard Bass di mana benua Austonesia diwakili oleh Mount Kosciuszko di Asutralia.

 

 

Ikuti tulisan menarik anton sujarwo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler