Siapa yang Akan Anda Kencani di Instagram? - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: Kiwi Families

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 2 Juni 2021 18:26 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Siapa yang Akan Anda Kencani di Instagram?

    Saat melihat-lihat Instagram, pernahkah Anda mempertimbangkan seperti apa orang yang Anda lihat sebenarnya? Bisakah Anda membedakan ini dari jenis foto yang mereka posting? Aapakah jenis foto yang mereka posting memengaruhi keputusan Anda untuk mengencani mereka? Penelitiam berikut akan menjawab serencang pertanyaan itu.

    Dibaca : 508 kali

    Poin Penting

    • Keputusan saat ini mungkin dipengaruhi oleh jenis foto yang diposting dan dilihat orang, dan kepribadian mereka sendiri.
    • Foto selfie dan foto grup cenderung dinilai lebih narsis daripada foto netral.
    • Pria yang sangat membutuhkan popularitas mungkin kurang tertarik pada wanita populer. Wanita mungkin lebih tertarik pada pria populer.

     

    Saat Anda melihat-lihat Instagram, pernahkah Anda mempertimbangkan seperti apa orang yang Anda lihat sebenarnya? Bisakah Anda membedakan ini dari jenis foto yang mereka posting? Misalnya, apakah seseorang narsis karena mereka banyak memposting foto selfie? Apakah mereka mudah bergaul dan ramah jika mereka memposting banyak foto grup atau foto dengan orang lain? Selain itu, apakah jenis foto yang mereka posting memengaruhi keputusan Anda untuk mengencani mereka?

    Dalam sebuah penelitian, Venus Jin dan rekannya menyelidiki bagaimana empat jenis foto Instagram (selfie, foto grup, foto jarak jauh, dan foto netral), dapat memengaruhi keputusan orang untuk berkencan dengan orang yang memposting foto tersebut (Jin, Ryu, & Muqaddam, 2019 ).

    Mereka juga menyelidiki apakah keputusan orang hingga saat ini mungkin tidak hanya dipengaruhi oleh jenis foto yang mereka lihat, tetapi juga oleh kepribadian mereka sendiri dalam kaitannya dengan empat elemen yang diuraikan di bawah ini.

    Pertama, apakah kita didorong oleh persaingan dengan anggota sesama jenis dalam mengejar pasangan romantis, yang dikenal sebagai persaingan intrasexual? Misalnya, pria yang tinggi dalam hal persaingan intraseksual mungkin termotivasi untuk mengejar wanita yang lebih menarik daripada pria yang lebih rendah dalam ukuran persaingan intraseksual.

    Kedua, seberapa peduli kita tentang menjadi populer? Beberapa orang didorong oleh kebutuhan untuk menarik pengikut media sosial sebanyak mungkin dan mengumpulkan sebanyak mungkin LIKE agar terlihat populer. Memang, pria populer umumnya dianggap lebih menarik karena popularitas umumnya dikaitkan dengan akses ke sumber daya seperti kekayaan.

    Ketiga, apakah kita memiliki kebutuhan untuk menjadi bagian, dalam hal keanggotaan kelompok? Umumnya, kebanyakan dari kita memiliki keinginan untuk berafiliasi dan keinginan untuk berhubungan dengan orang lain dan ini umumnya meningkatkan tingkat kepuasan hidup kita.

    Keempat, seberapa kesepian yang biasanya kita rasakan? Orang yang kesepian mungkin mengalami lebih banyak kecemasan dalam mengejar hubungan romantis karena takut ditolak dan oleh karena itu mungkin hanya memilih pilihan yang lebih aman sebagai kencan potensial.

    Para peserta dalam studi Venus Jin dan rekan-rekannya ditugaskan ke salah satu dari empat kondisi yang berbeda dan disajikan dengan jenis foto berikut. Peserta perempuan heteroseksual disajikan foto laki-laki dan peserta laki-laki heteroseksual disajikan foto perempuan.

    • Selfie (didefinisikan sebagai foto close-up yang diambil dengan smartphone genggam).
    • Groupies (foto tipe selfie grup close-up yang menampilkan target dan anggota lawan jenis).
    • Foto jarak jauh (foto panjang penuh yang diambil oleh orang lain).
    • Foto netral (foto tanpa kehadiran orang target dan yang menggambarkan objek netral)

     

    Para peserta awalnya memberikan penilaian tentang narsisme pada orang yang ada di foto (dia suka menjadi pusat perhatian, dia suka memamerkan tubuhnya). Mereka kemudian menyelesaikan Skala Keinginan Kencan (Seberapa tertarik Anda untuk berkencan dengan orang ini? Apakah Anda ingin berkencan dengan orang ini? Seberapa menarik menurut Anda orang ini sebagai pasangan romantis?).

    Peserta kemudian menyelesaikan langkah-langkah:

    • Kompetisi intraseksual - Saya berolahraga, berolahraga, atau menonton apa yang saya makan karena saya menginginkan tubuh yang akan mengesankan calon pasangan romantis. Saya lebih suka pergi ke klub dengan teman sesama jenis yang kurang menarik dari saya.
    • Perlunya popularitas - Orang menganggap saya populer adalah hal yang penting, saya sering melakukan hal-hal hanya untuk menjadi populer di kalangan orang.
    • Perlu dimiliki - Saya ingin orang lain menerima saya. Ini sangat mengganggu saya jika saya tidak disertakan dalam rencana orang lain.
    • Kesepian - Seberapa sering Anda merasa sendirian? Seberapa sering Anda merasa terisolasi dari orang lain?

     

    Cara Sifat Kepribadian Memprediksi Pilihan Kencan

    Pertama, peneliti menemukan bahwa selfie dan foto grup dinilai oleh partisipan lebih narsis dibandingkan foto netral.

    Terkait empat ciri kepribadian peserta, para peneliti menemukan bahwa untuk pria, mereka yang lebih membutuhkan popularitas, kebutuhan yang lebih tinggi untuk memiliki, dan skor kesepian yang lebih tinggi menunjukkan niat yang lebih besar untuk berkencan dengan pengguna Instagram wanita yang memposting foto netral. Pria-pria ini juga menunjukkan niat yang lebih rendah untuk berkencan dengan wanita yang memposting foto grup di Instagram daripada pria dengan kebutuhan popularitas yang lebih rendah, kebutuhan yang lebih rendah untuk dimiliki, dan skor kesepian yang lebih rendah.

    Pria dengan kebutuhan popularitas yang tinggi mungkin kurang tertarik pada wanita yang menunjukkan dirinya populer dengan memposting foto grup, karena ini mengurangi popularitas mereka sendiri. Sebaliknya, karena foto netral dinilai paling rendah dalam hal narsisme, pria dengan skor lebih tinggi tentang kebutuhan popularitas lebih cenderung ingin berkencan dengan orang-orang di foto tersebut.

    Wanita dengan skor yang lebih tinggi pada kompetisi intraseksual, kebutuhan untuk memiliki, kebutuhan akan popularitas dan kesepian, menunjukkan keinginan yang lebih besar untuk berkencan dengan pria yang memposting foto grup. Hal ini dapat dijelaskan oleh prinsip evolusi bahwa wanita mungkin lebih tertarik pada pria dengan status (popularitas) seperti yang ditunjukkan oleh pria yang memposting foto grup. Selain itu, wanita mungkin menganggap pria yang memiliki teman lebih dapat dipercaya, yang pada gilirannya membuat mereka lebih menarik.

    Secara keseluruhan, pria dengan skor kompetisi intraseksual lebih tinggi menunjukkan niat kencan yang lebih tinggi untuk semua jenis foto Instagram, mungkin menunjukkan bahwa pria-pria ini tidak peduli tentang tipe orang yang mereka pilih untuk berkencan setidaknya dalam jangka pendek. Penjelasan lebih lanjut adalah bahwa para pria ini juga tidak terpengaruh oleh persaingan dari pria lain, yang mungkin hadir dalam foto grup.

    Namun, pria dengan skor kompetisi intraseksual lebih rendah dipengaruhi oleh jenis foto yang mereka lihat. Pria-pria ini menunjukkan keinginan yang lebih tinggi untuk berkencan dengan wanita yang ramah (ditunjukkan dalam foto grup) dan menunjukkan keinginan yang lebih rendah untuk berkencan dengan wanita yang kurang ramah (ditunjukkan dalam foto netral).

    Salah satu jalan untuk penelitian di masa depan adalah dengan melihat berbagai jenis niat kencan dari mereka yang melihat foto Instagram, misalnya apakah mereka mencari hubungan jangka pendek atau jangka panjang. Namun demikian, penelitian ini memberikan wawasan tentang gambar profil mana yang memengaruhi keinginan untuk berkencan serta bagaimana kepribadian orang yang memilih kencan berdampak.

    ***
    Solo, Sabtu, 29 Mei 2021. 9:49 am
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.