x

Iklan

Saya Erwin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 April 2020

Selasa, 15 Juni 2021 06:50 WIB

Kenapa Orang Indonesia Suka Lagu Jepang?


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lagu Jepang sepertinya mendapatkan tempat khusus di hati para pencintanya. Terbukti dengan cukup banyak orang yang menggemari untuk mendengarkan lagu-lagu asal negara sakura tersebut. Meskipun jumlah pecinta lagu Jepang itu tidak sebanyak pecinta lagu barat (bahasa inggris) ataupun lagu korea, namun tetap saja penggemar lagu Jepang tidak bisa dianggap remeh, karena jumlah pecinta lagu jepang cukup banyak di Indonesia ini. Lalu kenapa banyak orang yang suka dengan lagu Jepang? Mari Kita bahas.

"Lagu Jepang", seperti namanya, yaitu sebuah "lagu" yang berasal dari negeri Jepang. Sudah pasti semuanya serba Jepang. Dengan lirik bahasa Jepang dan penyanyinya orang Jepang. Orang-orang Indonesia pada umumnya tidak diajarkan bahasa Jepang, karena bahasa Jepang bukanlah bahasa Internasional. Di sekolah-sekolah pada umumnya, tidak ada pelajaran bahasa Jepang. Namun beda halnya dengan sekolah khusus yang memang secara khusus memberikan pelajaran bahasa jepang, seperti contohnya sekolah/kuliah khusus Sastra Jepang. Dan ini tentunya aneh, mengingat banyak orang Indonesia yang tidak bisa bahasa Jepang. Lalu timbul pertanyaan, apakah para pecinta lagu Jepang itu tahu bahasa Jepang? Apakah para penikmat lagu jepang tahu isi/makna/arti dari lirik yang berbahasa jepang tersebut?

Pertanyaan itu juga muncul untuk pecinta lagu negara lain. Apakah pecinta lagu barat itu bisa bahasa Inggris? Apakah pecinta lagu korea itu bisa bahasa korea? Tentu jawabannya ada yang bisa dan ada yang tidak. Namun Saya yakin, tidak semua orang bisa paham bahasa asing, karena Kita orang Indonesia sudah terbiasa dengan bahasa Indonesia yang telah digunakan sebagai bahasa sehari-hari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu apa maksudnya? Maksudnya adalah kamu tidak harus tahu atau tidak wajib tahu arti lirik dari lagu yang Kamu dengarkan tersebut. Karena pada dasarnya adalah Lagu itu dibuat dengan tujuan untuk hiburan. Selama Kamu terhibur dengan lagu tersebut, maka itu sudah bagus. Lagu itu tak harus dimengerti, cukup didengarkan dan dinikmati. Jadi apapun bahasa pada sebuah lagu, asalkan Kamu menikmatinya, itu sudah cukup. Kalau Kamu suka lagu jepang, tapi kamu tidak bisa bahasa jepang, itu tidak apa-apa, asalkan Kamu suka dengan lagu Jepang yang barusan kamu dengarkan itu.

Lalu apakah ada bukti jika ada masyarakat Indonesia yang menyukai lagu Jepang?
Di stasiun televisi lokal indonesia sendiri, jarang sekali Kita menemukan lagu jepang. Kecuali jika stasiun televisi lokal tersebut menayangkan anime, karena anime pasti akan menyediakan lagu jepang yang disisipkan pada bagian opening dan endingnya. Tidak ada pula acara musik di tv lokal yang membawakan lagu Jepang. Bukan hanya itu, di toko cd musik juga hampir tidak ditemukan ada yang jual lagu Jepang.

Lalu bagaimana Kita bisa melihat bukti orang-orang Indonesia suka dengan lagu jepang?
Buktinya ada di even komunitas budaya Jepang.

Even komunitas budaya Jepang adalah sebuah event dimana Kamu bisa menemukan banyak hal-hal yang berhubungan dengan negara Jepang. Even tersebut meliputi cosplay anime dan musik Jepang. Contoh even yang berhubungan dengan Jepang adalah AFA (Anime Festifal Asia). Atau tour artis Jepang, seperti AKB48, yang pernah datang di Indonesia. Di even tersebut Kamu bisa dengerin kumpulan lagu Jepang. Bukan hanya itu, biasanya juga disediakan beberapa macam masakan Jepang, seperti sushi, ramen, atau yakiniku. Dan tentu saja juga ada aksesori-aksesori yang berhubungan dengan Jepang.

Untuk alasan kenapa masyarakat Kita suka lagu jepang itu bisa dilihat dari sini..

Lagu Jepang itu unik, komposisi musik, nada, suara vokal penyanyi, konsep, semuanya unik. Dan jika kamu perhatikan, lagu Jepang dengan lagu Indonesia itu berbeda dari segi musiknya. Mungkin hal ini yang membuat orang suka pada lagu Jepang, karena lagu jepang menawarkan musik yang tidak ada di Indonesia.

Lalu penggemar anime di Indonesia juga terbilang banyak. Walaupun anime sudah jarang tayang di Indonesia, bukan berarti penggemar anime di Indonesia itu menurun jumlahnya, justru semakin hari pecinta anime di indonesia juga makin banyak, karena di zaman sekarang Kamu sudah bisa nonton streaming anime di internet. Nah para pecinta anime sudah pasti akan suka pula dengan lagu Jepang.

Kemudian, sudah sejak lama JKT48 terbentuk, sekitar akhir tahun 2011. JKT48 adalah idol group pertama di Indonesia. JKT48 merupakan sister group dari AKB48 yang berada di luar Jepang. Lewat JKT48, Mereka menyebarkan aliran musik jepang ke Indonesia. JKT48 mengcover lagu-lagu dari AKB48 dan menterjemahkannya kedalam bahasa Indonesia, agar dapat dengan mudah diterima baik oleh telinga orang-orang Indonesia. Fans JKT48 pun terbilang banyak, terbukti dengan kemeriahan fans saat JKT48 sedang konser panggung.

Nah Apakah Kamu juga suka dengan lagu Jepang?

Ikuti tulisan menarik Saya Erwin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB