Manfaat Positif Bermain Game - Urban - www.indonesiana.id
x

Saya Erwin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 April 2020

Jumat, 19 Agustus 2022 15:14 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Manfaat Positif Bermain Game


    Dibaca : 833 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sejauh ini, ada banyak orang yang telah meremehkan manfaat dari bermain game. Faktanya, ada banyak penelitan studi yang sudah membuktikan bermacam ragam manfaat bermain game untuk kesehatan.

    Selama ini Manfaat dari bermain game mulai terkuak, misalkan saja seperti : meningkatkan kemampuan mengingat otak, meredakan rasa nyeri ketika sakit, membantu anak penderita disleksia untuk membaca, hingga meredakan gejala trauma pada otak. Sederet efek positif bermain game ini tentunya tidak boleh diremehkan oleh Kamu.

    Rasa bosan mungkin menjadi salah satu faktor  terbesar orang-orang untuk bermain game. Selain untuk menghilangkan kebosanan, ternyata masih ada banyak dampak positif yang bisa didapatkan dari bermain game, baik untuk orang yang sudah dewasa maupun yang masih anak-anak.

    Manfaat Bermain Game

    1. Menambah Relasi

    Bertambahnya jumlah relasi pertemanan, adalah manfaat bermain game pertama bisa kamu rasakan sendiri.

    Pasalnya pada beberapa jenis game online populer seperti PUBG, Mobile Legend ataupun Free Fire, yang mengandalkan kerja sama tim. Maka demi kelancaran bermain maka kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang tak dikenal dan membangun kekompakan demi kemenangan.

    Dari cara inilah, Kamu bisa memanfaatkan untuk saling berkenalan dan menjadi akrab dengan orang lain. Sehingga semakin sering Kamu bermain game online, maka relasi pertemanan pun jadi semakin banyak. Tak jarang pula player game online membuat acara gathering untuk bertemu di dunia nyata.

    2. Meningkatkan kinerja dan kemampuan otak

    Fakta Kedua, ternyata bermain game online bisa meningkatkan kinerja dan kemampuan otak kamu Lho.

    Bagaimana bisa, ini karena dalam bermain game, otak Kita diharuskan untuk bekerja lebih ekstra dalam berfikir, khususnya dalam memahami hal-hal yang baru.

    Karena menu dan fitur dari game yang biasanya berbahasa inggris, sehingga membuat Kita terpaksa belajar bahasa Inggris supaya paham maksud dari game tersebut.

    Tugas-tugas didalam game yang biasanya rumit akan memaksa Kita berfikir keras untuk memecahkan alur dari permainan tersebut. Dan jika hal ini dilakukan terus menerus maka kemampuan otak Kita pasti sudah berada di level yang lebih baik dari sebelumnya.

    3. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah

    Manfaat main game online Ketiga yang bisa kamu dapatkan, ialah meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada.

    Game-game online pasti memberikan masalah dan tugas kepada pemain, dan harus diselesaikan supaya bisa tamat.

    Sering menyelesaikan yang ada pada misi-misi didalam game, akan meningkatkan kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah, dan ini berlaku di kehidupan sehari-hari.

    4. Mengatasi Stres

    Bukan jadi rahasia lagi jika bermain game mampu untuk mengatasi rasa stres, dan ini sekaligus manfaat bermain game nomer 4.

    Hal ini dapat terjadi karena bermain game dapat mengalihkan semua pikiranmu yang terbebani karena stres, dari kegiatan sehari-hari yang cukup sibuk.

    Namun perlu diingat kalau lebih baik jangan memainkan game yang kompetitif, karena malah tambah bikin stres. Lebih baik main game ringan dan santai untuk dimainkan.

    5. Menghasilkan uang.

    Manfaat terakhir dari bermain game adalah menghasilkan uang. Di zaman dimana game tumbuh pesat dan memiliki banyak penggemar, membuat Kita bisa mendapatkan uang dari hanya sekedar bermain game.

    Istilahnya seperti "Sambil Berenang Minum Air". Yang artinya adalah sambil bermain game sambil dapetin uang.

    Ada banyak sekali cara untuk mendapatkan uang dari bermain game. Yaitu dengan cara mengikuti ajang kompetisi e-sport, namun Kamu harus menang dalam lomba bermain game tersebut untuk bisa mendapatkan hadiahnya.

    Atau Kamu bisa menjadi Streamer Gamer dengan melakukan streaming atau mengupload video bermain game di youtube, dan mendapatkan uang dari hasil google adsense.

     

    Ikuti tulisan menarik Saya Erwin lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.