x

Iklan

haikal luthfi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Agustus 2020

Senin, 26 Juli 2021 13:59 WIB

Cara Membuat Donat Kentang, Mudah dan Simpel

Terdapat cara membuat donat kentang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Mudah dan simpel, dijamin antigagal! Simak ulasan selengkapnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Donat sudah sejak lama dikenal sebagai jajanan pasar. Hampir semua orang menyukai jenis roti yang identik dengan bentuk bundar, serta terdapat lubang di tengahnya itu.

Mengenai lubang yang ada di tengah, ternyata ada sejarahnya, lho. Pada tahun 1847, seorang pelaut bernama Hansen Gregory membuat lubang di tengah adonan sebelum menggorengnya. Selama melaut, dia mengaku tidak senang memakan 'roti goreng' karena bagian tengahnya yang tidak matang.

Versi lain dari penemuan lubang donat Gregory ini yaitu ketika kapalnya tiba-tiba diguncang badai. Kala itu, roti goreng yang hendak ia makan terpaksa ditusukkan ke roda kemudi kapal agar tangannya tetap bebas menyetir. Kisah ini membuat namanya disematkan dengan menemukan bentuk klasik hole in the middle pada donat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

donat tengahnya bolong

Disamping bentuknya yang khas, donat juga memiliki berbagai macam varian bahan. Tidak hanya terigu saja, jadi adonan donat juga bisa diperkaya dengan berbagai bahan lain yang dicampur seperti ubi jalar, singkong, tapai, hingga yang paling terkenal yaitu kentang.

Ya, seperti yang diketahui donat kentang dikenal sangat empuk dan memiliki tekstur yang lembut. Sehingga bisa lebih tahan lama. Resep donat kentang pertama kali muncul di pertengahan 1900-an dalam buku masak Glenna Snow. Jenis donat ini terkenal juga dengan sebutan spudnut, yang mana pada saat itu lebih dari 500 lokasi waralaba spudnut di Amerika Serikat didirikan.

Bahannya yang istimewa karena berasal dari kentang tumbuk, atau tepung kentang tanpa adanya tepung terigu membuat cita rasa manis pada jenis donat ini. Akan tetapi, saat ini sudah banyak juga yang mengkreasikan donat kentang dengan tepung terigu. Bahkan seiring perkembangan zaman, terdapat berbagai macam inovasi seperti tambahan topping yang dimasukkan ke dalamnya atau ditaburkan di atas donat kentang.

Cara membuat donat kentang yang empuk

Nah seperti yang telah dijelaskan, salah satu bahan dasar yang dijadikan untuk membuat donat adalah kentang. Adapun mengutip laman Haibunda, berikut cara membuat donat jenis ini yaitu:

Bahan-bahan

  • 550 gram tepung protein tinggi
  • 100 gram susu bubuk
  • 100 gram gula pasir
  • 250 gram kentang kukus, haluskan
  • 12 gram ragi instan
  • 80 gram margarin
  • 4 butir kuning telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 ml air dingin

Cara membuat

  1. Siapkan sebuah wadah bersih. Masukkan tepung sambil diayak, susu, gula, dan ragi.
  2. Perlahan, tuang air dingin ke dalam wadah disusul kentang dan telur. Campur semua sampai semua rata.
  3. Uleni dengan tangan sampai adonan sampai setengah kalis dan rata. Tambahkan mentega dan garam dan kembali uleni sampai adonan kalis sempurna.
  4. Diamkan adonan, tutup dengan plastik kedap udara selama kurang lebih satu jam.
  5. Kemudian, kempiskan adonan dan bagi menjadi beberapa bagian sesuai selera. Anda dapat menggunakan timbangan agar setiap donat memiliki ukuran yang sama. Jangan lupa, sambil dibentuk melingkar dan dibuat bolong tengah.
  6. Diamkan kembali selama 20 menit atau sampai adonan mengembang ringan.
  7. Siapkan sebuah penggorengan yang berbentuk cekung dan panaskan minyak goreng sampai setidaknya terisi setengahnya. Menggoreng donat membutuhkan minyak yang benar-benar panas dan banyak. Sebab jika tidak, akan gosong di luar tapi di dalam tidak matang.
  8. Goreng donat dengan api kecil, sampai warnanya berwarna kuning keemasan, sambil sesekali dibalik. Lalu, angkat donat dan tiriskan.
  9. Donat siap disajikan!

Ikuti tulisan menarik haikal luthfi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler