3 Rahasia Memasak Steak Tartare yang Baik dan Benar - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Daging sapi. Pixabay.com/Towieden

haikal luthfi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Agustus 2020

Rabu, 13 Oktober 2021 05:47 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • 3 Rahasia Memasak Steak Tartare yang Baik dan Benar

    Secara umum, olahan steak daging lebih dikenal dengan cara dipanggang. Namun, ternyata ada variasi lain dengan sebutan tartare yang mana penyajiannya tanpa dimasak terlebih dahulu alias mentah lho! Lantas, bagaimana cara mengolahnya dengan baik dan benar? Simak ulasan selengkapnya!

    Dibaca : 456 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Suka makan steak? Jenis menu makanan ini biasa dijumpai di rumah makan atau restoran-restoran kelas atas, lho. Daging steak biasanya sangat lembut dan mudah untuk dimakan. Sehingga tidak mengherankan jika hidangan yang satu ini mempunyai banyak penggemar.

    Secara umum, kebanyakan steak disajikan dengan cara dipotong tegak lurus sembari dipanggang. Namun ternyata ada jenis steak yang penyajiaanya tidak dimasak atau dipanggang, alias mentah. Jenis ini dikenal juga dengan sebutan steak tartare.

    Ya, steak tartare adalah olahan daging yang berasal dari bagian sirloin, striploin, dan tenderloin. Daging olahan steak dibuat dengan cara dicincang halus atau digiling. Dalam sejarahnya hidangan ini mulai dikenal pada abad ke 20 di Perancis. Dalam versi klasik, tartare terbuat dari daging yang tidak dimasak.

    Meskipun olahan mentah, hidangan ini tergolong sebagai makanan yang sangat mewah. Hal Ini dikarenakan steak tartare dibuat dari daging dengan kualitas terbaik. Disamping itu, dalam pengolahannya juga tidak main-main. Sehingga dibutuhkan teknik memasak tingkat tinggi untuk mengolah steak tartare mengingat penyajiannya yang mentah. Jika tidak benar dalam mengolahnya, tentu saja membahayakan seperti risiko terkena bakteri yang dapat menyebabkan penyakit demam hingga diare.

    Adapun terdapat beberapa rahasia dalam mengolah hidangan berkelas yang satu ini. Lantas, bagaimana memasak steak tartare yang baik dan benar? Simak ulasan berikut ini!

    1.Pilihan daging

    Hasil akhir dari seluruh hidangan tergantung pada kualitas dagingnya lho. Daging steak yang baik harus dalam kondisi layak dan juga tampak segar. Disarankan untuk membeli dari penjual atau penyedia daging yang terpercaya demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti bahaya bakteri yang mengintai.

    Anda bisa menggunakan daging steak pada umumya seperti sirloin dan tenderloin yang memiliki lemak panjang di satu sisinya ataupun bisa juga memilih jenis rib eye, yang mana disekitar iganya akan menghasilkan rasa steak yang gurih.

    2. Bumbu tambahan

    Hidangan ini bukan hanya sekedar daging mentah saja lho. Terdapat bumbu tambahan yang melengkapi hidangan steak tartare. Adapun setiap bahan dalam olahan sangatlah penting. Bumbu-bumbu tambahan itu mencakup seperti cuka, garam, lemon, caper, peterseli, hingga bawang yang dibutuhkan untuk melengkapi cita rasa langsung pada daging.

    3. Teknik memasak

    Setelah dibumbui, potong-potong olahan daging sesuai dengan tekstur yang diinginkan. Secara bergantian, potong daging menjadi beberapa bagian dan aduk setiap bagian secara terpisah ke dalam mangkuk pengolah makanan yang dilengkapi dengan S-blade standar untuk dicincang.

    Kemudian, bentuk cincangan daging tersebut pada sebuah wadah pencetak hingga menjadi patty. lalu diamkan beberapa saat sebelum disajikan. Steak tartare lebih enak disajikan bersamaan dengan kuning telur mentah, saus mustard, kentang goreng, bahkan ada juga yang menggunakan roti sebagai pelengkap penyajian.

    Nah, demikian ulasan tentang rahasia memasak steak tartare. Semoga bermanfaat!  



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.