x

Iklan

Johanes Sutanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 23 Agustus 2021 12:35 WIB

3 Tip Investasi Saham dengan Tenang dan Nyaman

Investasi saham harus dijalani dalam ketenangan dan kenyamanan. Jika tidak bisa demikian, bisa berakhibat fatal pada hasil. Ketenangan dan kenyamanan terkait dengan psikologi atau disposisi batin seseorang. Maka hal itu bisa dan perlu diciptakan. Ada kondisi lain yang bisa membuat investasi saham menjadi tenang dan nyaman. Simak paparannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Investasi saham itu penting dijalani dalam ketenangan dan kenyamanan. Investasi yang tidak dijalani dengan ketenangan justru bisa berakhibat fatal pada hasil.

Karena ketenangan dan kenyamanan ini sebenarnya terkait dengan psikologi atau disposisi batin seseorang, tentu saja hal ini perlu diciptakan.

Ketenangan dan kenyamanan itu perlu diciptakan. Kondisi seperti ini tidak datang dengan sendirinya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bahkan dalam kondisi tertentu, kenyamanan itu bebarengan dengan yang namanya keamanan. Maklum saja, investasi saham butuh keamanan, terutama terkait dengan dana yang dimiliki.

Oleh sebab itu, pilihan platform atau aplikasi transaksi saham yang aman dan terpercaya itu juga sangat penting, semisal dengan aplikasi IPOT besutan Indo Premier Sekuritas yang memberikan kenyamanan dengan fitur-fitur unggulannya.

Selain itu, tentu saja ada kondisi lain yang bisa membuat investasi saham menjadi tenang dan nyaman, yakni terkait dengan uang yang akan digunakan dalam investasi.

Ada sejumlah tip terkait uang untuk investasi yang sebaiknya diperhatikan agar investasi bisa tenang dan nyaman. Apa saja tip tersebut?

1. Tetap punya tabungan

Investasi saham memang tergolong high risk. Nah, biar tidak was-was dengan ketersediaan dana yanglikuiditasnya tinggi, tentu butuh yang namanya tabungan. Tabungan yang tergolong low risk dan sangat likuid tetap sangat dibutuhkan juga. So, selain berinvestasi saham, seseorang juga tetap perlu memiliki tabungan. Seberapa besar porsi investasi? Tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, tetapi idealnya total investasi dari keseluruhan pendapatan atau gaji bulanan itu sebesar 10%.

2. Uang dingin

Selanjutnya terkait dengan dana investasi itu sebaiknya dari dana dingin. Pada dasarnya pengertian uang dingin itu adalah uang yang tidak akan dipergunakan dalam waktu dekat atau uang untuk kebutuhan sehari-hari. Uang dingin ini penting karena manakala saham yang dibeli mengalami penurunan dan pada saat yang sama dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan maka investasi saham pun menjadi tidak tenang dan nyaman lagi. Karena namanya juga investasi, makan untuk

3. Bukan duit utang

Investasi saham yang tenang dan nyaman juga bisa diciptakan jika uang yang digunakan bukan dari duit utang. Investasi dengan uang utang justru akan membuat tidak tenang dan nyaman, manakala saham yang dibeli dengan uang utang sedang tidak bagus hasilnya karena terpengaruh pasar. Uang dari pinjaman (utang), entah pinjaman jangka panjang atau jangka pendek, itu tidak enak dan justru membebani jika untuk investasi saham. Jika saham terkoreksi, kerugiannya dobel karena harus menanggung kerugian dan pada saat yang sama tidak bisa membayar utang dari hasil investasinya tersebut.

Ikuti tulisan menarik Johanes Sutanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler