Mahasiswa KKN Unej Lakukan Inovasi Pemasaran Digital Produk Jahitan untuk Tingkatkan Omset Usaha - Urban - www.indonesiana.id
x

Fathur Rahman 18-007

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 September 2021

Senin, 6 September 2021 11:50 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Unej Lakukan Inovasi Pemasaran Digital Produk Jahitan untuk Tingkatkan Omset Usaha


    Dibaca : 365 kali

     

    Pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village 3 tahun 2021 ini, saya berkesempatan melaksanakannya di kelurahan tempat saya bermukim selama kuliah, yakni kelurahan Tegal Gede. Kelurahan Tegal Gede berada di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Letak kelurahan ini dekat dengan area kampus Universitas Jember sehingga banyak mahasiswa bermukim disini selama kuliah. Kondisi ini menyebabkan banyak wirausahawan yang membuka berbagai jenis usaha di daerah ini.

    Keadaan tersebut membuat saya memilih tematik KKN pemberdayaan wirausahawan terdampak Covid-19. Salah satu wirausahawan yang menjadi tempat pelaksanaan KKN saya adalah Uzi Tailor dengan pemiliknya ibu Nanik Aptiani. Uzi Tailor terletak di perumahan taman kampus, Kelurahan Tegal Gede, Kecamatan Sumbersari, Jember.

     

    Gambar 1 Penerjunan KKN

    Terjadinya wabah Covid-19 sejak maret 2020 berdampak penurunan pada kegiatan wirausaha. Penurunan terjadi pada sejumlah sektor ekonomi seperti industri pengolahan, sektor perdagangan, hotel dan restoran dan pedangang kaki lima. Penurunan terjadi terkait adanya peraturan Work from home (WFH) dan berbagai pembatasan kegiatan serta mobilitas dan aktivitas sosial masyarakat. Untuk mencegah kondisi ekonomi yang semakin menurun maka pemerintah menerapkan kebijakan “new normal” dengan menerapkan protokol kesehatan 5M yakni mencuci tangan, memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

     

    Gambar 2 Bertemu dengan pelaku usaha sasaran

    Di Tegal Gede terdapat salah satu penjahit yakni Uzi Tailor yang terdampak pandemi Covid-19. Terjadi penurunan jumlah produksi akibat berkurangnya kegiatan tatap muka kantor, sekolah, dan organisasi. Untuk mensiasati penurunan produksi maka perlu inovasi dalam pemasaran melalui media sosial.

    Melalui KKN BTV 3 ini saya akan membantu dan membimbing bagaimana membuat iklan dan memasarkan melalui media sosial. KKN dilaksanakan selama 30 hari dari tanggal 12 Agustus-9 September 2021.

    Rencana program kerja pada minggu pertama yakni survei lokasi, observasi dan penemuan sasaran yang terletak di perumahan taman kampus, jalan kaliurang, Kelurahan Tegal Gede, Jember. Kemudian pada minggu kedua dilakukan pelatihan dan pendampingan  foto koleksi produk untuk dibuat iklan melalui aplikasi editing canva.

    Minggu ketiga berisi kegiatan pendampingan pembuatan iklan produk melalui aplikasi editing canva, kemudian di minggu keempat dilakukan pendampingan membuat dan menyebarkan iklan melalui media sosial Whatsapp dan Instagram serta evaluasi dan penyusunan laporan kegiatan yang telah dilakukan.

    (Fathur Rahman/KKN 20/Kel Tegal Gede Jember/Setiyono)

     

    Gambar 3 Roadmap pelaksanaan KKN

     

    Gambar 4 Model canvas KKN

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.