Mahasiswa KKN Unej Membantu Warga Desa Pulo, Lumajang, Melawan Hoaks - Urban - www.indonesiana.id
x

Gestik Yulistia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 September 2021

Senin, 6 September 2021 17:40 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Unej Membantu Warga Desa Pulo, Lumajang, Melawan Hoaks

    Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village 3 oleh mahasiswa Universitas Jember dilaksanakan secara individu dengan pemilihan lokasi secara domisili masing - masing mahasiswa

    Dibaca : 366 kali

    Marak nya hoaks di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Desa Pulo, Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, terkait virus Covid-19 membuat Gestik Yulistia Pratiwi, salah satu mahasiswa KKN Back to Village 3 Universitas Jember (Unej) dengan DPL Bekti Palupi, S.T., M.Eng., berinisiatif memberikan edukasi dan berita yang valid. Edukasi dan berita tersebut disajikan dalam bentuk website edukatif untuk bahan literasi masyarakat Desa Pulo yang dipimpin oleh Ibu Neli Khuriyah ini.

    Gestik juga mengadakan sosialisasi terkait dengan berita-berita valid terkait dengan pandemi Covid-19 dan bagaimana cara membentengi diri dari berita hoaks yang tersebar.

    Kegiatan KKN periode ini dilakukan selama satu bulan yaitu dari tanggal 11 Agustus hingga 9 September 2021. Kegiatan ini dilakukan dengan menerjurkan dan mengawasi mahasiswa untuk mengabdi pada desa sasaran masing–masing secara mandiri dan online. Meski begitu, mahasiswa akan selalu diawasi dan wajib melaporkan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan selama seminggu mereka melakukan program kerja masing-masing. Mahasiswa juga dibebaskan untuk memilik topik apa yang akan mereka terapkan pada desa sasaran masing-masing sesuai dengan yang sudah disediakan.

    Setelah melakukan beberapa observasi dan wawancara singkat, diketahui bahwa masyarakat Desa Pulo sebagian besar masih belum mengetahui berita valid terkait dengan virus Covid-19. Hal tersebut disebabkan banyaknya berita terkait dengan Covid -19 dengan sumber yang tidak jelas sehingga mengakibatkan banyak masyarakat yang masih tidak mempercayai bahwa virus Covid-19 itu nyata.

    Mengetahui hal tersebut, Gestik berinisiatif membuat program kerja terkait dengan bagaimana cara untuk membentengi masyarakat Desa Pulo dari adanya berita hoaks yang tersebar.

    Program kerja yang akan dilakukan oleh Gestik adalah sosialisasi terkait bahayanya percaya dengan berita hoaks, membuat website edukasi yang beriisi tentang tips dan trik bagaimana membentengi diri dari berita hoaks. Selain itu juga bagaimana cara melakukan protokol kesehatan yang benar sesuai anjuran WHO, penting dan manfaatnya menerima vaksin Covid-19 dan masih banyak lagi.

    Dampak yang diharapkan Gestik adalah masyarakat khususnya masyarakat Desa Pulo, diharapkan lebih sadar akan bahaya dari virus mematikan Covid–19 ini dan mulai menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah dan WHO. Selain itu, Gestik juga berharap bahwa masyarakat memiliki literasi yang valid terkait dengan berita seputar virus Covid – 19.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.