Ringankan Beban dengan Berbagi Cerita - Urban - www.indonesiana.id
x

SJW

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 9 September 2021 09:55 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Ringankan Beban dengan Berbagi Cerita

    Berbagi cerita kepada orang yang tepat, pada waktu, tempat, dan momentum yang tepat, akan sangat bermanfaat dalam meringankan beban masalah yang kita hadapi, baik masalah yang kisahnya indah, menyenangkan dan sejenisnya. Atau kisahnya buruk, menyedihkan, dan semacamnya.

    Dibaca : 344 kali

    Berbagi Cerita 

    (By Supartono JW. September, 08092021)

    Malam itu mengalir saja
    Aku berbagi cerita
    Cerita dari kisah-kisah yang
    Telah terukir indah

    Kau pun bukan hanya sebagai
    Pendengar yang pasrah
    Di sela cerita
    Ada tanya dan canda

    Reff

    Malam itu berbagai rasa berwarna
    Seperti warna pelangi di langit
    Menghiasi segenap relung hatiku
    Karena beban telah terbagi


    #####
    Itulah lirik lagu tentang Berbagi Cerita. Kebetulan, lirik lagu tersebut berkisah tentang hal-hal yang indah dan telah saya rekam sederhana dan saya upload.di Chanel YouTube saya: Supartono JW.

    Menyoal berbagi cerita ini, tentu masalahnya bisa berwarna seperti pelangi di langit. Apakah kisahnya indah, menyenangkan dan sejenisnya. Atau kisahnya buruk, menyedihkan, dan semacamnya, tentu bila apa yang kita rasakan tersebut tidak kita pendam sendiri di relung hati dan pikiran, maka akan ada rasa plong karena beban telah terbagi.

    Berbagi cerita, pun dapat dilakukan kepada keluarga, teman, sahabat, tetangga secara lisan maupun tulisan. Juga bisa berbagi dalam media massa maupun media sosial dalam bentuk artikel, opini, dan karya sastra.

    Terlebih, hampir setiap manusia, tentu pernah mengalami suasana hati yang berkecamuk? Masalahnya pun dapat dipicu oleh pekerjaan, konflik keluarga, dan lain sebagainya. Suasana hati yang berkecamuk, adalah hal yang wajar.  Setiap manusia, pasti akan selalu bertemu pada satu titik seperti rasa lelah, bingung, hingga perasaan tak sanggup lagi menghadapi masalah yang mendera.

    Karenanya,  ada orang yang berusaha meluapkan masalah dan perasaannya dengan hal-hal yang membuatnya merasa puas secara instan dan jalan pintas. Malah banyak yang sampai mengarah ke hal negatif seperti menyakiti diri sendiri atau sampai mencoba bunuh diri.

    Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita semua agar senantiasa dapat merawat, menjaga, dan mengembangjan kesahatan kecerdasan intelegensi (otak) dan kecerdasan personaliti (emosi dan mental), salah satu caranya adalah dengan berbagi cerita dengan sesama.

    Berbagi cerita, akan menjaga kesehatan otak dan mental, bukan hanya untuk pihak yang berbagi cerita, tetapj juga bagi pihak pendengar yang benar dan baik. Pihak pendengar yang benar dan baik ini, akan sangat signifikan membantu meringankan beban si pembagi cerita. Terlebih, bila pendengar bukan hanya pasrah dan pasif. Namun, juga dalam momentum dan waktu yang tepat dapat menjadi penyumbang alternatif pemecahan masalah. Bukan sebaliknya, menambah keruh suasana dan masalah bagi pembagi cerita.

    Di sisi lain, berbagi cerita, juga menunjukkan si pembagi cerita pada dasarnya peduli dan percaya kepada pihak pendengar. Berbagi cerita juga harus dilakukan dengan saling ikhlas, tak ada paksaan. Mengalir. Kedua belah pihak sama-sama mendapatkan kemaslahatan, kebaikan, manfaat dan lainnya dari hasil berbagi.

    Namun, harus menjadi catatan. Jangan berbagi cerita kepada orang yang justru akan menimbulkan petaka karena si pendengar justru orang yang tak cerdas otak dan mental. Fatal akibatnya. Bisa jadi bumerang. Senjata makan tuan dan ada yang menusuk dari belakang. Tidak amanah.

    Berbagi cerita adalah wujud perikemanusiaan. Melalui berbagi cerita kita dilatih dan ditumbuhkan kembali rasa kemanusiaan, sehingga tidak ada lagi keserakahan dan rasa egoisme dalam diri kita.

    Jadi, berbagi cerita kepada orang yang tepat, pada waktu, tempat, dan momentum yang tepat, akan sangat bermanfaat dalam meringankan beban masalah yang kita hadapi, baik masalah yang kisahnya indah, menyenangkan dan sejenisnya. Atau kisahnya buruk, menyedihkan, dan semacamnya.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.