Ini 5 Manfaat yang Anda Rasakan Jika Rutin Berinvestasi - Urban - www.indonesiana.id
x

Investasi Saham

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

1 hari lalu

  • Urban
  • Topik Utama
  • Ini 5 Manfaat yang Anda Rasakan Jika Rutin Berinvestasi

    Jika Anda tidak berinvestasi, Anda sebenarnya akan kehilangan uang seiring waktu. Hal ini terjadi karena adanya inflasi. Masih ragu untuk berinvestasi? Berikut 5 manfaat yang akan Anda rasakan jika rutin berinvestasi

    Dibaca : 157 kali

     

    Berinvestasi adalah sesuatu yang harus dilakukan setiap orang. Ada begitu banyak manfaat dari berinvestasi sehingga tidak masuk akal untuk tidak memulainya. Jika Anda ingin membangun kekayaan dan stabilitas keuangan, investasilah yang akan membawa Anda ke sana.

    Masih belum yakin? Berikut lima manfaat berinvestasi yang dilansir dari situs investbro.id:

    1. Anda Tetap Terdepan dari Inflasi

    Jika Anda tidak berinvestasi, Anda sebenarnya akan kehilangan uang seiring waktu. Hal ini terjadi karena adanya inflasi.

    Inflasi adalah kenaikan harga secara umum yang terjadi setiap tahun dan penurunan daya beli uang Anda. Tingkat inflasi sendiri sangatlah bervariasi, namun secara historis inflasi rata-rata sekitar 3%.

    Jika Anda menginvestasikan uang, Anda akan memperoleh tingkat pengembalian rata-rata 7%, maka Anda akan tetap berada di depan inflasi dan akan meningkatkan nilai uang Anda.

    2. Berinvestasi Akan Membantu Anda Membangun Kekayaan

    Mungkin ini tidak perlu dikatakan lagi, pastinya Anda sudah tau bahwa berinvestasi adalah cara Anda membangun kekayaan. Terdapat banyak cara untuk berinvestasi dan menumbuhkan uang Anda. Jika Anda serius ingin membangun kekayaan, maka Anda perlu membuat rencana investasi yang sesuai dengan Anda dan tujuan Anda.

    3. Berinvestasi Akan Membuat Anda Pensiun (Atau Pensiun Dini)

    Agar memiliki cukup uang untuk pensiun, Anda perlu membuat uang Anda bekerja untuk Anda. Sebenarnya, membiarkan uang Anda tersimpan di tabungan sebenarnya akan merugikan Anda.

    Semakin banyak Anda berinvestasi, semakin Anda dapat memanfaatkan kekuatan bunga majemuk.

    Bunga majemuk adalah apa yang terjadi ketika bunga Anda mulai menghasilkan bunga.

    Berikut adalah contoh sederhananya:

    • Anda menginvestasikan Rp 1.000.000.
    • Dalam satu tahun Rp 1.000.000 Anda menghasilkan Rp 100.000 dalam bunga, sekarang Anda memiliki Rp 1.100.000 di akun broker Anda.
    • Tahun berikutnya Rp 1.100.000 Anda menghasilkan bunga Rp 120.000. Anda sekarang memiliki Rp 1.220.000 tanpa pernah memasukkan uang ekstra ke akun Anda.
    • Siklus ini terus berulang selama investasi Anda berjalan dengan baik.

    4. Berinvestasi Dapat Mencapai Financial Freedom

    Financial freedom adalah sebuah kondisi dimana Anda sudah mencapai kebebasan secara finansial.

    Dalam kata lain, financial freedom merupakaan keadaan dimana seseorang mempunyai kekayaan yang mencukupi untuk kebutuhan hidupnya tanpa harus aktif bekerja keras.

    Jika seseorang telah mencapai financial freedom, aset yang dimilikinya dapat menghasilkan uang lebih besar dibanding biaya hidupnya.

    Salah satu cara untuk mencapai financial freedom sendiri yaitu dengan berinvestasi sejak dini. Manfaat investasi ini akan memberi pengaruh positif yang cukup signifikan di hidup Anda jika tekun berinvestasi mulai sekarang.

     

    5. Berinvestasi untuk Memenuhi Tujuan Keuangan Lainnya

    Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi untuk membantu menumbuhkan uang Anda guna memenuhi tujuan keuangan lainnya. Misalnya, berinvestasi dalam dana kuliah anak Anda.

    Bila Anda memiliki tujuan jangka panjang sepuluh tahun atau lebih mungkin masuk akal untuk menginvestasikan uang itu untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda lebih cepat!

    Ada banyak manfaat dari berinvestasi. Jika Anda ingin menciptakan stabilitas keuangan, menumbuhkan kekayaan Anda, dan tetap berada di jalur yang tepat untuk masa pensiun, Anda perlu membuat rencana investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.