x

Karyawan PT IMIP. Sumber foto: kabarnuansa.id

Iklan

Sri Kunthhi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Agustus 2020

Senin, 11 Oktober 2021 17:02 WIB

[HOAKS] Info Lowongan Kerja Mengatasnamakan PT IMIP

Di era serba kemudahan informasi ini, netizen terutama pengguna media sosial harus waspaada dengan segala kabar yang diterima. Wajib melakukan cek fakta terlebih dahulu, terlebih jika kabar-kabar seperti lowongan kerja yang mengaharuskan pelamar melampirkan data-data pribadi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai pengguna media sosial, ada baiknya berhati-hati dengan informasi-informasi yang diterima, Seperti kabar lowongan pekerjaan, dan selalu melakukan cek fakta terlebih dahulu. Terlebih jika sampai diminta berkas atau dokumen berisikan data-data pribadi.

Karena sekarang banyak kabar bohong yang telah dibuat-buat demi menjelekkan dan merugikan sebuah perusahaan. Seperti kejadian di kabar hoaks mengatasnamakan PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park). Telah beredar informasi mengenai PT IMIP membuka lowongan kerja untuk ditempatkan di 23 posisi.

Dan tertulis pula dalam poster lowongan kerja tersebut bahwa segala dokumen atau berkas lamaran kerja dikirimkan ke email recruitment@imipsulawesi.com.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pernyataan Resmi dari PT IMIP

PT IMIP, menanggapi informasi yang beredar kemudian merilis pernyataan resmi melalui akun Instagram resminya, yaitu @officialimip pada (10/10/2021).

Perusahaan mengunggah foto surat yang seolah-olah dibuat oleh IMIP, lalu membelinya dengan tulisan HOAX.

PT IMIP juga kemudian mengimbau kepada para pelamar untuk berhati-hati atas info lowongan kerja yang mengatasnamakan PT IMIP, “Loker imip yg asli hanya di umumkan di akun IG official imip, fanspage FB official imip, akun youtube official imip dan akun twitter official imip,” tulis PT IMIP di unggahan Instagram-nya.

Lebih lanjut pengumuman resmi dari PT IMIP mengatakan bahwa dalam setiap lowongan kerja, perusahaan tidak pernah mencantumkan nomor WhatsApp atau telepon yang bisa dihubungi oleh pelamar, “Kami juga tidak pernah mencantumkan nomor WA atau telepon dalam pengumuman loker kami. Waspadalah !!!”

Melansir dari banggai.pikiran-rakyat.com, setelah ditelusuri, PT IMIP hanya membuka rekrutmen yang digelar secara offline pada Oktober 2021. Karena digelar offline, pelamar diminta untuk datang di kantor PT IMIP pada waktu yang telah ditentukan.

Dan posisi yang dibutuhkan hanya diperuntukkan yang bekerja sebagai operator alat berat. Hal ini tidak sesuai dengan informasi yang beredar di media sosial.

Kabar bohong seperti ini kerap dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan PT IMIP.

Ikuti tulisan menarik Sri Kunthhi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler