x

ilustr: ACR

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 27 Oktober 2021 21:25 WIB

10 Cara Berusaha untuk Keunggulan, Bukan Kesempurnaan

Perfeksionisme adalah jalan menuju kekecewaan dan ketidakpuasan. Perfeksionis berusaha untuk menghapus setiap hal kecil yang mungkin mereka tafsirkan sebagai tidak cukup baik. Masalahnya adalah tidak ada yang pernah sempurna. Ini adalah tujuan yang tidak dapat dicapai.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

"Sempurna adalah musuh kebaikan." Kutipan yang cukup umum, tetapi apa artinya sebenarnya?

Perfeksionisme adalah jalan menuju kekecewaan dan ketidakpuasan. Perfeksionis berusaha untuk menghapus setiap hal kecil yang mungkin mereka tafsirkan sebagai tidak cukup baik. Masalahnya adalah tidak ada yang pernah sempurna. Ini adalah tujuan yang tidak dapat dicapai.

Lebih buruk lagi, perfeksionis adalah orang yang paling akrab dengan proyek yang mereka kerjakan. Jadi mereka akan melihat kekurangan yang tidak dilihat orang lain karena tidak ada orang lain yang begitu peduli.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk perfeksionis, ini jarang sesederhana "Saya hanya ingin melakukan pekerjaan dengan baik." Sebaliknya, perfeksionis sering memberi kompensasi berlebihan untuk beberapa aspek lain dari diri mereka yang tidak seimbang.

Mungkin orang dengan kecemasan yang takut pekerjaan mereka dihakimi. Mereka berpegang teguh pada gagasan bahwa pekerjaan mereka harus sempurna sebelum keluar ke dunia. Tetapi apa yang mereka lakukan adalah menunda-nunda. Lagi pula, sebuah karya yang sudah selesai akan dinilai bagus atau tidaknya. Tetapi jika mereka tidak pernah menyelesaikan proyek, mereka tidak dapat diadili karena masih dalam proses.

Orang yang perfeksionis mungkin merasa bahwa kritik terhadap pekerjaan mereka sebenarnya adalah kritik terhadap mereka sebagai pribadi. Jadi, mereka membuang semua energi mereka ke dalam proyek mereka, menjadikannya bagian yang sangat pribadi dari diri mereka sendiri, dan terlalu mengidentifikasi dengan pekerjaan. Kritik terhadap proyek tersebut kemudian menjadi kritik terhadap mereka sebagai pribadi atau keahlian mereka pada apapun yang mereka lakukan. Jadi, mereka mengincar kesempurnaan karena mereka tidak ingin dihakimi.

Kebenaran dari masalah ini adalah bahwa tidak ada orang yang berakal akan peduli sebanyak itu. Mereka tidak. Dan sementara kritik yang membangun dapat membantu meningkatkan dan berkembang, kritik sering kali tidak layak untuk didengarkan. Mereka mungkin tidak mengerti dari mana Anda berasal atau bahkan akrab dengan hal yang mereka kritik. Orang-orang seperti itu.

Bagus sering kali luar biasa karena bagus berarti proyek benar-benar selesai. Dan itulah mengapa kita harus berjuang untuk keunggulan, bukan kesempurnaan. Keunggulan berarti kita ingin melakukan pekerjaan dengan baik. Jadi itu adalah tujuan yang layak yang harus diperjuangkan setiap orang.

Tetapi bagaimana Anda berjuang untuk keunggulan?

Sepuluh tip berikut akan membantu memandu jalannya.

1. Kenali Diri Anda, Kekuatan Anda, dan Kelemahan Anda

Jalan menuju keunggulan adalah jalan yang akan Anda nyalakan untuk diri Anda sendiri.

Ya, Anda bisa mengikuti jejak orang lain. Akan ada banyak pelajaran dan pengalaman yang dapat Anda pinjam dari orang lain untuk membantu Anda di sepanjang jalan.

Tetapi Anda adalah seorang individu. Dan hanya Anda yang dapat membuat keputusan yang tepat untuk hidup Anda, proyek Anda, dan apa pun yang ingin Anda capai.

Untuk memanfaatkan diri Anda sebaik mungkin sebagai pribadi, Anda harus memahami diri sendiri.

Apa kekuatan Anda? Bagaimana itu dapat membantu Anda sukses? Apa yang memberi Anda keunggulan unik untuk melakukan sesuatu yang berbeda? Apakah Anda memiliki pengetahuan atau pengalaman khusus yang dapat membantu Anda sukses?

Apa kelemahan Anda? Bagaimana itu bisa mengganggu rencana Anda? Bagaimana itu dapat mencegah Anda mencapai tujuan Anda? Apa jenis dukungan atau sumber daya yang Anda butuhkan untuk memperkuat kelemahan ini? Atau lebih baik lagi, mengubahnya menjadi kekuatan?

2. Tetapkan Tujuan yang Realistis untuk Diperjuangkan

Tujuan sangat membantu dalam mengejar keunggulan. Itu membantu Anda membuat peta jalan menuju kesuksesan Anda. Sistem penetapan tujuan SMART adalah metode umum dan efektif untuk menciptakan dan mengevaluasi tujuan.

SMART adalah singkatan dari Specific, Measurable, Actionable, Relevant, Time-Bound.

Tujuannya harus spesifik. Misalnya, "Saya ingin berlatih melukis selama satu jam setiap hari." bukan "Saya ingin menjadi seniman."

Tujuannya harus terukur. Itu harus memiliki titik di mana Anda dapat mengatakan, "Ya, saya mencapai ini." Dalam hal ini, Anda melukis satu jam sehari, atau tidak.

Tujuannya harus dapat ditindaklanjuti. Bisakah Anda melukis secara realistis selama satu jam sehari? Apakah Anda punya waktu? Bisakah Anda meluangkan waktu?

Tujuannya harus relevan. Apakah Anda benar-benar peduli tentang melukis sebanyak itu untuk mendedikasikan waktu yang diperlukan untuk itu? Apakah ini hal yang ingin Anda lakukan dengan waktu luang Anda?

Tujuannya harus terikat waktu. Satu jam sehari, setiap hari.

3. Benar-Benar Melakukan Pekerjaan

Rencana dan tujuan besar baik-baik saja, tetapi tidak ada pengganti untuk melakukan pekerjaan itu. Anda harus duduk dan benar-benar melakukan pekerjaan. Tidak ada keunggulan atau kesuksesan tanpa kerja.

Dan jangan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa mengejar keunggulan atau hasrat Anda akan “menyenangkan.” Ada kemungkinan besar itu tidak akan terjadi.

Dibutuhkan kerja nyata bahkan untuk menjadi rata-rata dalam sesuatu. Tidak ada jalan pintas yang akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan. Jangan tunda-tunda, jangan buang waktu Anda mencari jalan pintas, jangan duduk-duduk melamun tentang kapan Anda akan sukses. Lakukan pekerjaan.

4. Banggalah dengan Pekerjaan Anda

Jadikan keunggulan sebagai kebiasaan. Jika Anda akan menghabiskan waktu Anda untuk melakukan sesuatu, lakukanlah dengan kemampuan terbaik Anda. Tidak masalah jika Anda mencoba menulis cerita atau menyapu lantai, dengan menjadikan keunggulan sebagai kebiasaan, Anda melatih diri dan otak Anda untuk mencapai tingkat kesuksesan tertentu.

Itu adalah sesuatu yang akan Anda bawa ke dalam proyek dan kebiasaan lain dalam hidup Anda. Itu bisa berarti menjadi teman, mitra, pekerja, artis yang luar biasa, apa pun.

Lakukan yang terbaik yang Anda bisa, dan Anda selalu bisa puas, bahkan jika hal-hal tidak berhasil pada akhirnya.

5. Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Anda

Sulit untuk berjuang untuk keunggulan ketika terus-menerus mengalahkan tubuh dan pikiran Anda dengan kebiasaan yang tidak sehat. Sebaliknya, bertujuan untuk gaya hidup yang lebih sehat, makan lebih baik, minum lebih banyak air, dan menggerakkan tubuh Anda. Tubuh Anda adalah mesin yang dimaksudkan untuk bergerak. Kita menghabiskan begitu banyak waktu duduk di depan layar dalam gaya hidup yang tidak banyak bergerak sehingga dapat secara drastis memengaruhi kesejahteraan kami.

Perawatan diri akan membantu Anda menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap sehat, membuatnya lebih mudah untuk berpikir kreatif dan melakukan pekerjaan. Berjuang untuk keunggulan akan tampak mustahil jika Anda merasa lelah dan lesu sepanjang waktu.

6. Terus Kembangkan Pengetahuan Anda

Selalu ada hal baru untuk dipelajari. Dan meskipun penting untuk membawa sentuhan dan bakat pribadi Anda ke apa pun yang Anda lakukan, ada dunia pengetahuan dan pengalaman di luar sana yang dapat Anda ambil.

Anda tidak harus secara pribadi merintis semua jalur Anda sendiri. Sebaliknya, Anda dapat mengikuti jejak orang lain yang telah datang sebelum Anda.

Seringkali, itu bisa membuat Anda lebih dekat dengan keunggulan daripada mencoba melakukannya sendiri. Tidak ada gunanya menciptakan kembali roda ketika roda sudah menjadi penemuan yang sempurna. Alih-alih, bangun pengetahuan Anda, cari perspektif lain, ambil apa yang cocok untuk Anda dan buang sisanya.

7. Evaluasi Diri Anda dan Pekerjaan Anda

Apakah Anda secara teratur memeriksa diri sendiri dan pekerjaan Anda. Apakah Anda puas dengan kemajuan tujuan Anda? Apakah Anda cukup bekerja?

Apa yang kurang saat ini? Apa yang bisa membuat Anda lebih dekat untuk menyebut proyek ini selesai dan diselesaikan? Apakah ada sesuatu? Atau apakah Anda hanya perlu tetap berada di jalur sampai Anda mencapai tujuan Anda?

8. Lakukan Penyesuaian untuk Membawa Diri Anda Lebih Dekat ke Tujuan Anda

Terkadang pelaut perlu menyesuaikan kembali layarnya untuk menangkap angin yang paling menguntungkan untuk membawanya lebih dekat ke pelabuhan panggilannya, atau dalam kasus Anda, tujuan Anda.

Anda pasti akan menangkap hal-hal yang bekerja dan tidak bekerja untuk Anda saat Anda berlayar menuju tujuan Anda. Jangan takut untuk melakukan penyesuaian di sepanjang jalan. Anda tidak harus tetap berpegang pada rencana atau tujuan awal jika Anda merasa itu tidak berhasil untuk Anda.

Faktanya, banyak orang menemukan kesuksesan setelah poros yang dipertimbangkan dengan baik. Pivot, dalam konteks ini, adalah kata bisnis yang sering digunakan untuk mengomunikasikan perubahan tujuan semacam ini. Anda mencapai titik di mana Anda menyadari ada sesuatu yang tidak berfungsi, tetapi Anda melihat sesuatu di sini ke sisi yang berfungsi, jadi Anda mengalihkan perhatian Anda ke tujuan itu.

Ini juga mengapa orang mengatakan hal-hal seperti, "Kegagalan hanyalah langkah menuju kesuksesan." Anda dapat melihat kegagalan sebagai akhir, atau Anda dapat melihatnya sebagai penunjuk arah bahwa Anda perlu mengubah arah. Kegagalan menjadi jauh lebih tidak menakutkan ketika Anda melihatnya sebagai pengalaman belajar.

9. Carilah Umpan Balik dari Sumber yang Dapat Dipercaya

Umpan balik dari sumber yang dapat dipercaya dapat sangat membantu dalam mencapai keunggulan. Misalnya, seorang mentor yang berpengalaman dapat memberikan panduan dan umpan balik yang biasanya tidak Anda dapatkan dari penggemar atau seseorang yang dekat dengan Anda.

Bantulah diri Anda sendiri, dan jangan mencari umpan balik kritis dari teman dan keluarga. Anda menempatkan mereka dalam posisi yang buruk di mana mereka mungkin memutuskan untuk berbohong kepada Anda untuk menyelamatkan perasaan Anda karena Anda melakukan semua pekerjaan ini pada hal ini, dan mereka tidak ingin membuat Anda putus asa. Anda benar-benar berharap itu bagus, tetapi masih perlu bekerja. Dan mereka tidak ingin memberi tahu Anda itu karena mereka tidak ingin menjatuhkan Anda. Itu tidak akan membantu Anda berhasil.

Alih-alih, terhubunglah dengan komunitas internet yang terlibat dalam hal yang ingin Anda capai. Carilah umpan balik di sana jika Anda tidak memiliki siapa pun dalam hidup Anda yang Anda rasa dapat memperoleh umpan balik yang nyata.

Tetapi ingat untuk mengambil semua pendapat dan saran dengan dosis garam dan skeptisisme yang tinggi. Tidak semua nasihat itu baik.

10. Putuskan Kapan Harus Mengakhiri Proyek

Putuskan akhir yang pasti untuk proyek. Jangan gunakan hal-hal yang tidak jelas seperti perasaan Anda untuk mendikte ketika sudah selesai. Perasaan Anda mungkin tidak pernah memberi Anda persetujuan yang Anda cari, terutama jika Anda adalah seseorang yang berjuang dengan harga diri atau harga diri Anda sendiri.

Izinkan saya memberi Anda contoh pribadi untuk mengilustrasikan apa yang saya maksud. Saya, penulis, telah bekerja sebagai penulis konten selama hampir satu dekade sekarang. Saya mengikuti proses yang sama untuk setiap artikel.

Riset.

Draf pertama.

Draf kedua dengan bantuan dari pemeriksa tata bahasa.

Selesai.

Seperti banyak penulis dan seniman, saya bisa duduk dan mengutak-atik pekerjaan saya selama berjam-jam dalam pencarian kesempurnaan. Tetapi, kebenarannya adalah bahwa itu tidak akan pernah sempurna. Tidak mungkin karena saya bukan orang yang sempurna. Saya tidak berharap diri saya sempurna karena saya tahu itu adalah standar yang mustahil untuk dipenuhi.

Dan bahkan jika saya entah bagaimana berhasil mencapai tahap kesempurnaan mutlak di mata saya sendiri, itu mungkin sama sekali tidak relevan bagi Anda sebagai pembaca. Anda mungkin membaca sesuatu yang menurut saya sempurna dan berkata, "Yah, hei, ini tidak terlalu bagus." Dalam skenario itu, kesempurnaan hanya penting bagi ego dan harga diri saya. Ini berhenti menjadi tentang melayani Anda sebagai pembaca yang mencoba menemukan cara untuk mengubah perfeksionisme yang tidak sehat menjadi keunggulan yang sehat.

Beri diri Anda izin untuk menjadi manusia. Anda diizinkan untuk tidak sempurna. Lakukan yang terbaik yang Anda bisa. Anda tidak akan selalu berhasil, dan tidak apa-apa.

Jangan sempurna, jadilah luar biasa.

***
Solo, Rabu, 27 Oktober 2021. 2:01 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler