10 Hal yang Harus Anda Lakukan saat Anda Benar-Benar Bosan dengan Hidup - Urban - www.indonesiana.id
x

ilustr: ACR

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 4 November 2021 15:41 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 10 Hal yang Harus Anda Lakukan saat Anda Benar-Benar Bosan dengan Hidup

    Terus terang, hidup bisa terasa sangat tidak mengesankan ketika Anda tenggelam dalam kesibukan itu. Anda melihat sekeliling, dan itu seperti, “Apakah ini? Apakah bekerja selama beberapa dekade dan kemudian mati adalah semua yang saya harapkan? Dimana keseruannya? Petualangan? Apa saja yang membuat hidup menarik dan layak menjadi bagiannya?”

    Dibaca : 550 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Apakah Anda merasa lelah hidup? Belum tentu bunuh diri, tetapi celakanya, bukankah sudah waktunya untuk menyelesaikan ini?

    Pekerjaan sehari-hari menjadi sangat melelahkan, terutama ketika Anda tidak merasa ada kemajuan atau Anda telah memikul beban berat untuk waktu yang lama.

    Terus terang, hidup bisa terasa sangat tidak mengesankan ketika Anda tenggelam dalam kesibukan itu. Anda melihat sekeliling, dan itu seperti, “Apakah ini? Apakah bekerja selama beberapa dekade dan kemudian mati adalah semua yang saya harapkan? Dimana keseruannya? Petualangan? Apa saja yang membuat hidup menarik dan layak menjadi bagiannya?”

    Dan kadang-kadang Anda keluar dan mendapatkan kegembiraan dan petualangan itu, tetapi rasanya tidak sebagus dulu. Pestanya menyenangkan sampai tidak. Kemudian itu menjadi sedih dan menyusahkan karena mengapa saya sangat peduli sejak awal? Itu tidak menyelesaikan apa pun. Itu hanya gangguan tak berarti yang menyenangkan selama beberapa menit, dan sekarang saya menatap kembali ke dalam lubang pelupaan, menunggu untuk melihat apakah aku jatuh.

    Terdengar akrab?

    Apa yang dapat Anda lakukan ketika Anda merasa muak dengan hidup? Bagaimana Anda bisa mendapatkan kembali semangat itu?

    1. Beri makan diri spiritual Anda.

    Secara spiritual, saya tidak bermaksud religius. Anda tidak perlu pergi mencari Tuhan, meskipun beberapa orang mungkin menafsirkannya seperti itu.

    Kesehatan spiritual adalah tentang melakukan hal-hal yang memberi makan aspek-aspek tak berwujud dan keyakinan dari diri Anda. Memberi makan kesehatan spiritual Anda berarti melakukan hal-hal yang memicu nyala api Anda dan menyehatkan jiwa Anda. Orang-orang yang merasa lelah hidup sering kehilangan percikan penting itu.

    Apakah Anda seorang seniman? Pergi buat sesuatu!

    Apakah Anda mencintai binatang? Menjadi sukarelawan di tempat penampungan atau mengajak anjing jalan-jalan!

    Apakah Anda suka bepergian? Lakukan pendakian sehari di suatu tempat dalam jarak mengemudi jika Anda tidak mampu untuk menjelajah lebih jauh sekarang.

    Tetapi bagaimana jika Anda bukan tipe orang yang menyukai hal-hal seperti itu? Nah, apa yang berbicara kepada Anda?

    Apakah itu bekerja dengan tangan Anda? Seperti membangun sesuatu atau memperbaiki mobil?

    Apakah itu menciptakan sesuatu dari pikiran Anda? Suka coding aplikasi?

    Apakah itu berada di alam? Suka memancing atau berburu?

    Setiap orang memiliki sesuatu yang berbicara kepadanya, panggilan kepadanya. Suara itu mungkin sangat sunyi jika Anda belum memiliki kesempatan untuk melakukan aktivitas ini baru-baru ini. Cobalah meninjau kembali gairah dan minat lama untuk melihat apakah itu memicu sesuatu yang baru untuk Anda.

    Dan apa pun yang Anda pilih untuk dilakukan, jangan menghasilkan uang. Ada budaya hiruk-pikuk besar di mana banyak orang mendorong Anda untuk mengubah kreativitas Anda menjadi kesibukan sampingan. Menciptakan untuk orang lain dan uang yang mahakuasa jauh berbeda dengan menciptakan apa yang memanggil Anda. Tidak semuanya harus tentang keuntungan atau mengubah waktu Anda menjadi uang tunai. Biarkan hobi menjadi hobi.

    2. Lakukan sesuatu yang berbeda.

    Kurangnya minat dan kelelahan dengan kehidupan mungkin memberi tahu Anda bahwa inilah saatnya untuk melakukan sesuatu yang berbeda.

    Mungkin Anda sudah lama bekerja di mana Anda tidak lagi berkembang atau ditantang dengan cara apa pun. Ini hanya hari demi hari dari omong kosong lama yang sama dengan orang yang sama yang mungkin tidak terlalu Anda sukai. Rekan kerja Anda tidak selalu bisa menjadi teman Anda, tidak peduli seberapa keras Anda berusaha.

    Mungkin itu kehidupan biasa Anda. Mungkin hubungan dan persahabatan yang tidak memberikan jenis makanan yang Anda butuhkan. Orang bisa jatuh ke dalam kebiasaan dan berhenti mencoba ketika gairah mulai berkurang. Itu adalah sesuatu yang Anda lihat banyak dalam hubungan.

    Terkadang, orang tidak senang dengan jalan hidup mereka, tetapi mereka terlalu nyaman untuk repot-repot mencoba membuat perubahan. Mereka menginginkan lebih, tetapi mereka tidak mau meraihnya. Mereka mungkin hanya berbicara tentang semua hal yang akan mereka lakukan tanpa pernah melakukannya.

    Atau mungkin mereka tidak melihat alasan untuk berubah. Beberapa orang mendambakan stabilitas semacam itu karena mereka tidak memilikinya. Ya, tidak menarik untuk datang ke pekerjaan 9-5 lima hari seminggu (minimal), tetapi beberapa orang mendambakan stabilitas dan keseimbangan semacam itu dalam hidup mereka.

    Tetapi jika Anda lelah dan lelah dengan kehidupan, lihatlah apa yang biasanya Anda lakukan dan lihat apakah ada sesuatu yang dapat Anda ubah. Mungkin sudah waktunya untuk berganti pekerjaan, mengakhiri hubungan, atau mencari pertemanan baru.

    3. Carilah cara untuk bergerak maju.

    Banyak orang mendapati diri mereka hanya menginjak air, mencoba untuk tetap bertahan. Anda menendang kaki Anda, menjaga kepala Anda tetap di atas permukaan, tetapi cepat atau lambat, Anda mulai kelelahan karena semua upaya. Anda tidak akan kemana-mana. Anda masih bergantung pada arus. Anda masih terjebak di tempat meskipun Anda menghabiskan semua energi itu. Dan Anda sangat lelah dari semua pengerahan tenaga itu.

    Dalam skenario itu, Anda harus menemukan cara untuk beristirahat atau mulai bergerak maju.

    “Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan!”

    Tentu saja. Secara harfiah, semuanya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Seberapa sulit untuk bergerak maju ketika Anda mengerjakan dua pekerjaan untuk membayar sewa? Khawatir tentang mengantar anak ke sekolah tepat waktu? Merawat orang yang dicintai? Melakukan apa pun yang dituntut hidup Anda?

    Banyak, tetapi tetap saja, Anda perlu mencari cara untuk maju. Mungkin mengambil kelas online, mencari pekerjaan lain, apa pun yang dapat membantu memutus siklus hanya menginjak air dan tinggal di satu tempat.

    Itu juga tidak harus menjadi tujuan yang besar. Sebaliknya, buatlah sesuatu yang kecil, seperti berjalan kaki 15 menit setelah bekerja atau membaca di pagi hari ketika Anda bangun. Sedikit sesuatu untuk membantu Anda membuat kemajuan dalam hal apa pun yang Anda rasa akan membantu Anda membebaskan diri.

    4. Hindari perenungan.

    Perenungan adalah tindakan memikirkan keadaan negatif lebih dari yang Anda butuhkan. Di lingkaran kesehatan mental, Anda akan sering mendengar pesan seperti, “Bicaralah. Bicara tentang hal itu. Bicara tentang itu.” Dan sementara itu bisa menjadi pesan yang baik dalam situasi tertentu, terkadang yang dilakukannya hanyalah mendorong perenungan, di mana orang tersebut akan duduk dalam kesengsaraan mereka, berpikir, dan membicarakannya terus-menerus, tetapi tidak melakukan apa pun untuk memperbaikinya.

    Atau, mungkin mereka tidak dapat melakukan apa pun untuk memperbaikinya. Perawatan kesehatan mental membutuhkan biaya yang tidak dimiliki banyak orang. Terkadang masalah membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diperbaiki. Terkadang mereka tidak dapat ditingkatkan. Sayangnya, terkadang begitulah yang terjadi.

    Perenungan berbahaya karena memperkuat yang negatif alih-alih melakukan sesuatu yang positif. Bahkan ketika Anda mengalami masa-masa sulit, itu hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk untuk duduk-duduk dan memikirkan betapa buruknya segalanya. Itu tidak berarti Anda harus benar-benar menghindarinya. Itu akan sama buruknya karena Anda dapat memiliki keadaan tak terduga yang muncul untuk menyebabkan masalah bagi Anda.

    Sebaliknya, Anda ingin mencapai keseimbangan. Luangkan waktu yang cukup untuk memikirkan masalahnya, lalu alihkan fokus Anda ke hal lain. Paksa diri Anda untuk mengalihkan fokus jika perlu. Jangan hanya duduk-duduk dan memikirkan betapa muaknya hidup Anda. Itu hanya membuatnya lebih buruk.

    5. Kembangkan beberapa rutinitas yang sehat.

    Rutinitas mungkin tampak seperti saran yang kontraproduktif untuk mengatasi kelelahan hidup, tetapi rutinitas dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda untuk memutus siklus yang tidak sehat. Rutinitas dapat membantu mengurangi stres karena hidup Anda berjalan lebih dapat diprediksi. Mereka juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda dan memberikan struktur yang bermakna untuk hari Anda.

    Tidur yang baik adalah landasan untuk meningkatkan kesehatan mental. Ini karena otak memproduksi banyak bahan kimia penyeimbang suasana hati dan perasaan baik dalam siklus tidur terdalam. Sekarang, masalahnya adalah dibutuhkan sekitar satu setengah jam hingga dua jam untuk benar-benar mencapai siklus dalam itu. Jadi, jika Anda kurang tidur atau terus-menerus terjaga di malam hari, otak Anda tidak mendapatkan kesempatan yang dibutuhkan untuk mengisi kembali bahan kimia ini, sehingga Anda kehabisan bahan kimia tersebut di hari berikutnya. Ini juga mengapa tidur yang baik sangat penting bagi orang-orang dengan gangguan mood seperti depresi dan gangguan bipolar.

    Rutinitas yang sehat juga dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan fisik Anda. Itu bisa termasuk olahraga teratur atau perencanaan dan persiapan makan. Misalnya, lebih mudah untuk mengurangi junk food jika Anda menyediakan waktu untuk membuat makanan yang baik dan sehat.

    Rutinitas juga dapat mengurangi stres tambahan. Dengan rutinitas yang jelas, Anda akan memiliki gagasan yang cukup bagus tentang apa yang diharapkan di hari mendatang, kapan Anda akan menyelesaikan pekerjaan, dan memiliki jadwal tentang cara menangani semuanya.

    Jangan lupa untuk memasukkan waktu perawatan diri ke dalam jadwal Anda. Jika Anda orang yang sibuk, mudah untuk menyingkirkan hal-hal seperti waktu senggang pribadi atau berolahraga demi kebutuhan yang tampaknya lebih menuntut. Perlakukan perawatan diri Anda sama pentingnya dengan tanggung jawab Anda yang lain. Bahkan, itu lebih penting. Dengan begitu, Anda tidak terus-menerus mencoba berlari di tangki kosong.

    6. Lebih fokus pada apa yang bisa Anda kendalikan.

    Apa yang ada dalam kendali Anda? Apa yang bisa Anda sentuh dengan kedua tangan Anda sendiri? Banyak orang menyulut ketidakbahagiaan mereka sendiri dengan terus-menerus menginginkan sesuatu yang berada di luar jangkauan mereka.

    Itu tidak membantu bahwa ada banyak saran di luar sana yang memberi tahu Anda, “Bermimpilah besar! Jangan biarkan apa pun menghentikan Anda dari mengejar impian Anda!”

    Nah, terkadang hidup menghentikan Anda dari mengejar impian Anda. Terkadang Anda tidak punya pilihan dalam masalah ini. Dan seberapa sulitkah untuk bahagia atau menikmati hidup ketika Anda hanya tahu bahwa Anda tidak akan bisa mengejar impian Anda itu?

    Pesan semacam itu tidak benar-benar untuk orang-orang yang melalui rintangan yang sulit dan terkadang tidak dapat diatasi. Merasa muak dengan hidup juga bisa menjadi kelelahan karena hal-hal yang tidak beres yang berada di luar kendali Anda.

    Oh, Anda punya penyakit kronis yang membuat Anda tidak bisa mencari nafkah? Penyakit mental yang membuat Anda tidak stabil dan tidak menentu? Keadaan dalam hidup Anda yang mengambil semua harapan dan impian Anda, membuangnya ke mesin penghancur kertas, dan membakar sisa-sisanya di insinerator?

    “Bermimpilah lebih besar!”

    Nah, itu omong kosong .

    Terkadang mimpi kita hanya bisa menjadi mimpi. Terkadang kita harus mengurangi dan fokus pada apa yang bisa kita sentuh dan hargai di sekitar kita. Terkadang itu sesuatu yang kecil seperti hanya memiliki atap di atas kepala kita atau sesuatu untuk dimakan.

    Anda mungkin tidak dapat mengontrol memiliki masalah serius, cacat, atau penyakit. Tetapi Anda dapat mengontrol apa yang Anda lakukan dengan waktu yang tidak menghalangi Anda.

    Terkadang kita perlu memimpikan mimpi yang lebih masuk akal. Jangan terjebak dalam inspirasi porno yang dibuat di sekitar orang-orang yang cukup beruntung memiliki kemampuan untuk mengejar impian mereka. Sayangnya, tidak semua orang memiliki akses yang wajar ke sumber daya atau kemampuan tersebut.

    Tetapi apa yang Anda miliki adalah kekuatan untuk mencari sesuatu yang benar-benar dapat Anda capai dan kemudian meraihnya.

    7. Jalani hidup Anda dengan cara yang masuk akal bagi Anda.

    Masyarakat menempatkan banyak harapan di pundak individu. Dan sampai tingkat tertentu, harapan itu adil. Misalnya, adil untuk mematuhi aturan dan hukum tertentu untuk kepentingan keseluruhan.

    Namun, tidak semua harapan ini adil. Lihatlah bagaimana masyarakat telah memperlakukan mereka yang tidak sesuai dengan cetakan anggota masyarakat yang produktif. Lihatlah bagaimana masyarakat memperlakukan perempuan, orang-orang LGBT+, orang beda warna kulit, dan orang miskin.

    Harapan sosial dapat menjadi sumber ketidakbahagiaan dan kekecewaan yang mendalam terhadap kehidupan karena mereka mendorong orang untuk menyesuaikan diri dengan cetakan tunggal yang mudah dipahami. Dan jika Anda tidak cocok atau ingin menyesuaikan diri, maka pasti ada yang salah dengan Anda. Jadi mengapa Anda tidak bisa lebih menyenangkan?

    Sekali lagi, selesaikan omong kosong. Ini adalah kemalasan intelektual dan emosional dari orang-orang yang menghakimi yang mencoba memaksa orang lain untuk menyesuaikan diri. Mereka tidak ingin ditantang oleh sesuatu yang berbeda, jadi mereka berusaha untuk memalu paku yang menonjol.

    Tetapi anggaplah Anda bukan salah satu dari orang-orang yang cocok dengan cetakan yang nyaman itu. Dalam hal ini, Anda akan sengsara saat mencoba menyesuaikan diri. Kelelahan yang Anda alami mungkin bukan dari kehidupan itu sendiri, tetapi karena berurusan dengan orang-orang yang tidak ingin memahami Anda. Pada titik tertentu, Anda hanya perlu menemukan cara untuk melepaskannya untuk menjalani jenis kehidupan yang tepat untuk Anda.

    Carilah orang lain yang menerima siapa Anda dan apa yang Anda bawa ke meja. Dan ya, itu mungkin hal yang sulit untuk dilakukan. Mungkin Anda perlu pindah ke daerah lain, mencari pekerjaan lain, atau membuat batasan yang tegas dengan teman atau anggota keluarga. Mungkin Anda akhirnya menciptakan keretakan dalam hubungan jika orang-orang di sekitar Anda tidak menerima atau hanya menyukai citra mental mereka tentang Anda daripada diri Anda yang sebenarnya.

    Anda hanya mendapatkan satu kehidupan, sejauh yang saya tahu. Jangan sia-siakan dengan menari mengikuti irama orang lain.

    8. Ciptakan tujuan dalam hidup Anda.

    “Saya tidak punya tujuan dalam hidup saya. Saya berharap saya punya tujuan.”

    Menurut pendapat penulis, orang tampaknya paling tertarik untuk merasa memiliki tujuan karena mereka pikir itu akan memberi mereka kebahagiaan dan kepuasan. Dan Anda tahu apa, bagi sebagian orang, hal itu. Tetapi apa yang diasumsikan oleh sentimen itu adalah bahwa tujuan, dan pemenuhan tujuan itu, akan memberikan kebahagiaan dan emosi perasaan baik lainnya.

    Bagaimana jika tujuan Anda payah? Bagaimana jika tujuan Anda menjadi advokat atau perwakilan anak? Berdiri untuk anak-anak yang dilecehkan dalam situasi yang mengerikan? Bagaimana jika tujuan Anda menjadi konselor krisis pemerkosaan? Atau operator hotline bunuh diri? Atau petugas polisi? Atau pemadam kebakaran? Atau hal-hal lain yang sangat melelahkan dan sangat berharga yang dapat Anda lakukan dengan hidup Anda?

    Kemungkinannya cukup bagus, Anda tidak akan bolos kerja dengan gembira setiap hari. Terkadang tujuan adalah menatap kekalahan di mana Anda tahu Anda tidak bisa melakukan apa-apa, tetapi Anda tahu Anda harus mencoba. Terkadang ia terbangun di malam hari, menatap langit-langit dan bertanya-tanya apakah Anda melakukan hal yang benar. Terkadang tujuan tidak terasa enak sama sekali, tetapi Anda tetap melakukannya karena setiap serat keberadaan Anda memberi tahu Anda bahwa Anda harus melakukan hal ini.

    Tetapi tidak, tujuan telah diromantisasi dan disamakan dengan kebahagiaan. “Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan satu hal yang sempurna ini, dan itu akan membuat Anda bahagia!” "Cintai apa yang Anda lakukan, dan Anda tidak akan pernah bekerja sehari pun dalam hidup Anda!"

    Tujuannya tidak terlalu rumit. Pilih sesuatu dan lakukan. Itu tidak akan jatuh dari langit ke pangkuan Anda saat Anda sedang duduk di rumah. Ciptakan tujuan jika Anda merasa kurang. Itu dapat memberikan kepuasan, tetapi mungkin tidak memberikan kebahagiaan. Anda mungkin menemukan tujuan yang berdekatan dengan hal yang akhirnya Anda lakukan.

    9. Menerima perubahan.

    Satu-satunya bagian hidup yang konsisten adalah bahwa hal itu tidak konsisten. Hal-hal akan berubah cepat atau lambat. Mereka mungkin tidak berubah menjadi yang terbaik, tetapi mereka akan berubah. Itu hanya sifat kehidupan.

    Orang-orang terserang penyakit, jatuh sakit, menghadapi tragedi dan trauma, kehilangan pekerjaan, dan mengalami kemunduran. Tapi, mereka juga mencapai tujuan, mempelajari hal-hal baru, menetapkan tujuan baru, mendapatkan promosi, memulai hubungan baru, dan banyak lagi.

    Jika Anda bosan hidup, mungkin Anda perlu melihat dan menerima beberapa perubahan.

    Apakah Anda berjuang melawan perubahan hidup? Beberapa orang melihat perubahan datang, dan mereka tidak mau masuk ke dalamnya. Sebaliknya, mereka melawannya. Mereka berjuang melawannya karena mereka takut atau mereka merasa nyaman dengan tempat mereka berada.

    Dan itu juga tidak selalu tentang hal-hal negatif. Seseorang yang berjuang untuk waktu yang lama yang terbiasa menghadapi kecemasan dan kesulitan hidup yang keras dapat menjadi takut akan kedamaian dan stabilitas. Ini bisa terasa tidak pasti seperti ada sesuatu yang menjulang di atas kepala menunggu untuk masuk dan mengacaukan semuanya. Sulit untuk merasa nyaman dalam kedamaian dan stabilitas ketika yang Anda ketahui hanyalah kekacauan dan ketidakpastian.

    Namun, hal-hal akan berubah, dengan satu atau lain cara. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah belajar menerima perubahan itu dan berenang mengikuti arus. Dan ya, terkadang itu berarti membuat yang terbaik dari situasi yang buruk. Kita tidak selalu bisa memilih apa yang terjadi pada kita, tetapi kita bisa memilih bagaimana kita menanggapinya.

    10. Cari bantuan profesional.

    Merasa lelah hidup dapat menunjukkan banyak masalah yang berbeda. Bagi sebagian orang, itu mungkin hanya terlalu banyak bekerja dan tidak menciptakan cukup waktu untuk diri mereka sendiri. Bagi yang lain, ini sangat melelahkan karena menggiling dan tidak mendapatkan apa-apa. Dan tetap saja, bagi orang lain, itu mungkin sesuatu yang lebih rumit, seperti penyakit kronis yang semakin melelahkan untuk dihadapi terus-menerus.

    Jika Anda tidak dapat menemukan alasannya, akan lebih baik untuk mencari bantuan profesional untuk melihat apakah Anda dapat mengidentifikasi masalahnya. Pandangan baru dari seseorang yang terlatih untuk menangani masalah semacam ini dapat membantu Anda memecahkan masalah sehingga Anda dapat menemukan solusi. 

    Hidup Anda berharga. Anda berharga. Dan misalkan Anda terjebak dalam lubang yang dalam di mana hidup tidak memberikan pemenuhan, kebahagiaan, atau apa pun untuk dinanti-nantikan. Dalam hal ini, saatnya melakukan perubahan positif menuju sesuatu yang lebih baik.

    ***
    Solo, Kamis, 4 November 2021. 9:08 am
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.