Cara Makan Sehat di Restoran Favorit Anda - Urban - www.indonesiana.id
x

ilustr: Cleveland Clinic

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 23 November 2021 05:52 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Cara Makan Sehat di Restoran Favorit Anda

    Sebelum Anda pergi makan, carilah menu online. Dengan cara ini, Anda akan siap untuk membuat keputusan cepat tentang makanan Anda. Situasi menang-menang ini akan mempersiapkan Anda untuk sukses.

    Dibaca : 172 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Panduan Membuat Pilihan yang Baik Saat Makan di Luar

    Bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa mungkin untuk makan makanan yang lebih sehat di restoran favorit Anda?

    “Terlepas dari restorannya, penting untuk memperhatikan porsi Anda dan mencari keseimbangan dalam makanan Anda,” kata ahli diet terdaftar Katherine Patton, MEd, RD, LD, CSSD.

    Tidak peduli apakah Anda menyukai hidangan Meksiko yang menggiurkan atau masakan Asia yang lezat, Patton memberikan beberapa tip untuk memesan di jenis restoran tertentu dan apa yang harus dicari:

    Restoran Italia

    Jika Anda pergi ke restoran Italia, lewati hidangan berkalori tinggi yang diisi dengan saus krim atau keju ekstra seperti alfredo, lasagna, dan carbonara. Berhati-hatilah untuk menghindari kalori ekstra dalam roti bawang putih mentega dengan membatasi berapa banyak yang Anda taruh di piring Anda. Pastikan untuk membatasi sosis, bakso, krim, mentega, daging tinggi lemak dan keju. Sosis dan bakso khususnya menambah lemak dan kalori ekstra ke hidangan Anda.

    Pesan ini sebagai gantinya: Mulailah makan Anda dengan salad yang diisi dengan sayuran, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, alpukat, dan minyak zaitun extra virgin serta cuka untuk sausnya. Lewati keju dan bacon untuk membatasi asupan lemak jenuh Anda. Jika Anda memilih pasta, dapatkan dengan saus merah, yang memberi Anda nutrisi dan likopen dalam tomat dan jauh lebih rendah kalori daripada saus krim. Saus sehat lainnya termasuk pesto, minyak zaitun atau varietas anggur. Anda juga bisa bertanya tentang pasta gandum utuh untuk memberikan lebih banyak serat dan nilai gizi. Jangan lupa bahwa Anda selalu dapat mencoba menyesuaikan hidangan Anda dan meminta tambahan sayuran untuk sausnya, seperti brokoli atau jamur. Pertimbangkan untuk berbagi makanan atau meminta porsi ukuran makan siang juga.

    Restoran Meksiko

    Seberapa sering Anda makan keripik hangat, renyah, dan salsa gurih sebelum makan di restoran Meksiko favorit Anda? Bahkan ketika Anda memiliki rencana yang solid untuk makan malam yang sehat, sulit untuk tidak tergoda untuk mengambil segenggam – atau tiga. Jika ini adalah godaan bagi Anda, mintalah agar server tidak membawa keripik, atau Anda dapat memasukkan porsi kecil ke piring Anda yang Anda batasi untuk makan.

    Sebagian besar dari kita juga tahu bahwa makanan pembuka cheesy atau gorengan dengan banyak krim asam tinggi lemak dan kita harus menghindarinya. Guacamole juga harus dibatasi karena meskipun merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat, terlalu banyak tetap berarti terlalu banyak kalori, jadi perhatikan ukuran porsi Anda.

    Pesan ini sebagai gantinya: Pilih fajitas atau cari item panggang lainnya di menu. Carilah makanan pembuka yang berfokus pada protein tanpa lemak seperti ayam, ikan, kacang-kacangan, dan sayuran. Pilih kacang hitam atau kacang pinto daripada kacang refried dan minta daun selada daripada tortilla untuk menurunkan asupan karbohidrat Anda.

    Restoran Asia

    Di restoran Asia, penting untuk menghindari telur gulung, pangsit, dan makanan gorengan lainnya, yang tinggi lemak. Anda juga ingin membatasi makanan manis dan asam dan sup telur, yang juga bisa tinggi kalori tanpa memberi Anda nutrisi yang baik. Jika Anda melihat item pada menu dengan "renyah" di namanya, lewati saja.

    Pesan ini sebagai gantinya: Pilih makanan yang berfokus pada protein dan sayuran tanpa lemak, tetapi ingat bahwa sausnya sangat penting karena bisa mengandung banyak minyak tersembunyi. Untuk menghindari saus berkalori tinggi dan berlemak tinggi, mintalah makanan Anda dimasak dalam kaldu dan bukan minyak. Pastikan untuk memilih nasi merah atau nasi kukus daripada nasi goreng, yang jauh lebih rendah lemaknya.

    Restoran Steak

    Makan sehat di restoran steak benar-benar tentang mengatur porsi. Sangat menggoda untuk memesan steak 16 ons besar dan mengisi roti sebelum makan, tetapi di sinilah mengatur porsi Anda berperan. Jika Anda memesan kentang panggang, jangan mengisinya dengan mentega, keju, dan krim asam. Pesan yang ada di samping dan gunakan topping itu dengan hemat.

    Sementara jamur dan bawang bombay adalah tambahan yang bagus untuk steak, banyak tergantung pada bagaimana juru masak menyiapkannya. Hati-hati dengan terlalu banyak mentega atau minyak, dan jika ragu, tanyakan kepada pelayan apakah koki bisa mengurangi mentega dan minyak.

    Pesan ini sebagai gantinya: Cobalah untuk tetap berpegang pada porsi 6 ons dari potongan yang lebih ramping seperti sirloin, filet, flank atau London broil ketika datang ke steak. Sebagai tambahan, coba tambahkan ubi jalar, beras merah atau nasi, dan sayuran atau salad yang dimasak.

    Restoran Pizza

    Pizza adalah favorit klasik. Saat Anda memesan pizza yang gurih dan lezat, kontrol porsi dan beberapa pilihan yang cermat tentang topping dan kerak dapat membuat perbedaan besar dalam kalori dan lemak. Hindari pizza deep-dish dan topping tinggi lemak, dengan penyebab terbesar adalah pepperoni, sosis, dan bacon.

    Pesan ini sebagai gantinya: Mulailah dengan salad taman tanpa keju dan saus berbasis minyak di sampingnya. Ini dapat membantu Anda merasa kurang lapar dan cenderung tidak makan pizza secara berlebihan. Anda menginginkan kulit tipis atau kulit gandum utuh dengan topping sayuran atau pilihan daging tanpa lemak seperti ayam, ham, atau bacon Kanada. Trik lain adalah dengan meminta setengah keju dan menaruh daging hanya di setengah pizza.

    Tempat Makanan Cepat Saji

    Anda mungkin berpikir tidak mungkin makan sehat di restoran cepat saji, tetapi Anda dapat membatasi lemak dan kalori dengan pilihan yang baik. Meskipun hidangan utama adalah salad, pastikan makanan tersebut tidak mengandung banyak mayo (seperti salad tuna) atau banyak kalori (seperti salad pasta). Anda ingin membatasi keju dan bacon dan menghindari kentang goreng dan porsi besar yang besar.

    Pesan ini sebagai gantinya: Pilih salad dengan ayam panggang dan saus di sampingnya atau pilih hidangan ayam panggang atau burger panggang. Beberapa tempat makanan cepat saji menyajikan buah, yogurt, dan salad sampingan untuk membantu menyeimbangkan makanan cepat saji. Jika Anda tahu restoran cepat saji apa yang akan Anda kunjungi, Anda dapat menemukan informasi nutrisi secara online. Banyak restoran memiliki pamflet fakta gizi yang tersedia dan beberapa bahkan memiliki kalori yang tercantum pada menu di dalam dan di drive-through.

    Tip Terakhir

    Sebelum Anda pergi makan, carilah menu online. Dengan cara ini, Anda akan siap untuk membuat keputusan cepat tentang makanan Anda. Situasi menang-menang ini akan mempersiapkan Anda untuk sukses.

    “Restoran tahu bahwa layanan pelanggan itu penting,” kata Patton. “Jangan ragu untuk meminta makanan yang disiapkan seperti yang Anda inginkan.”

    (Materials provided by health.clevelandclinic.org)

    ***
    Solo, Senin, 22 November 2021. 3:29 pm
    'salam sehat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Yehezkiel Novaldi

    Kamis, 2 Desember 2021 17:51 WIB

    Ergonomi Kenyamanan Bekerja di Dapur

    Dibaca : 88 kali



    Oleh: Yehezkiel Novaldi

    Rabu, 1 Desember 2021 21:39 WIB

    Area Kerja Lesehan untuk Rumah Minimalis

    Dibaca : 101 kali