Yuk, Metahui Peran Termodinamika dalam Mengatasi Masalah pada Bidang Kesehatan, Energi dan Lingkungan - Urban - www.indonesiana.id
x

Feby Nabila Safira

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 November 2021

Rabu, 24 November 2021 12:40 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Yuk, Metahui Peran Termodinamika dalam Mengatasi Masalah pada Bidang Kesehatan, Energi dan Lingkungan

    Penulis adalah Feby Nabila Safira mahasiswi Chemistry Education Study Program 2020 Universitas Negeri Medan

    Dibaca : 387 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Halooo sobat intelektual, pastinya sobat udah gak asing lagi ya dengan kata termodinamika. Namun masih banyak juga nih yang belum mengetahui makna dari termodinamika. Nah, sebenarnya apa sih termodinamika itu? yuk, kita simak :)

    Termodinamika merupakan ilmu yang menggambarkan usaha untuk mengubah kalor menjadi energi serta sifat-sifat pendukungnya. Termodinamika berhubungan erat dengan fisika energi, panas, kerja, entropi dan kespontanan proses. Termodinamika mempelajari tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan kerja, sistem pembatas dan lingkungan yang dapat diaplikasikan dan penerapan termodinamika dapat terjadi pada tubuh manusia, peristiwa meniup kopi panas, perkakas elektronik, refrigerator, mobil, pembangkit listrik dan industri. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, termodinamika direkayasa sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk mekanisme yang dapat membantu manusia dalam kegiatannya. Pengembangan ilmu termodinamika dimulai dengan pendekatan makroskopik yaitu perilaku umum partikel zat yang menjadi media pembawa energi.

    Bagaimana pemafaatan termodinamika dalam pemecahan masalah pada bidang kesehatan, energi dan lingkungan?

    Pada Bidang kesehatan termodinamika telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam melakukan pengobatan pada pasien. Kekayaan alam Indonesia yang melimpah menawarkan peluang untuk melakukan screening senyawa antioksidan yang sekaligus berpotensi sebagai antikanker dengan cara berinteraksi langsung dengan DNA. Ekstrak dibuat dengan cara sokletasi (penyaringan yang berulangulang) dengan cara ekstrak dipekatkan dan disuspensikan dalam air.

    Bidang lingkungan metode penghilangan logam berat dari limbah cair industri diantaranya adalah chemical precipitation, ionexchange, adsorpsi dan reverse osmosis. Kebanyakan dari proses pengolahan limbah cair industri membutuhkan modal dan biaya operasional yang mahal. Pada umumnya logam berat tidak cukup bernilai, ketika harus dipisahkan dengan selektifitas khusus seperti ion-exchange.

    Bidang energi dan lingkungan, termodinamika memberikan sumbangan pemikiran yang tak terhingga. Energi diperlukan untuk pertumbuhan kegiatan industri jasa, perhubungan dan rumah tangga. Salah satu energi terbarukan adalah biogas, biogas memiliki peluang yang besar dalam pengembangannya. Energi biogas dapat diperoleh dari kotoran sapi. Selain potensi yang besar, pemanfaatan energi biogas dengan digester biogas memiliki banyak keuntungan, yaitu mengurangi efek gas rumah kaca, mengurangi bau yang tidak sedap, dan mencegah penyebaran penyakit. Pemanfaatan biogas ini menggunakan proses Kompresibilitas. Kompresibilitas adalah fraksi pengurangan volume persatuan kenaikan perubahan tekanan dalam suatu tekanan.

    Bagaimana penerapan termodinamika dalam penyelesaian masalah pada bidang kesehatan, energi dan lingkungan?

    Penerapan termodinamika dalam ilmu pengetahuan yang sangat luas, khususnya di bidang kesehatan, energi dan lingkugan. Berdasarkan penelusuran dari berbagai referensi diperoleh bahwa materi termodinamika dapat memecahkan masalah pada:

    • Bidang kesehatan, yaitu untuk mengambil ekstraksi tumbuhan euphorbia humifusa yang bermanfaat sebagai anti kanker dan permeabilitas obat melalui kulit untuk pengembangan formulasi sediaan transdermal.
    • Bidang energi, yaitu untuk mengetahui pengaruh aliran massa ekstrasi turbin uap sebagai pemanas feedwater heaters pada pembangkit listrik tenaga uap, dan proses isotermal dan termodinamika adsorpsi kation pada lembung cengar terpilar.
    • Bidang lingkungan, yaitu untuk proses desalinasi air laut, termodinamika biogas berbahan dasar kotoran sapi, termodinamika campuran karet alam dengan kompatibilizer maleated polypropylene, kinetik dan termodinamika adsorbs, kajian termodinamika penerapan zat warna dan system termodinamika gas ideal dengan tegangan permukaan.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Yehezkiel Novaldi

    Kamis, 2 Desember 2021 17:51 WIB

    Ergonomi Kenyamanan Bekerja di Dapur

    Dibaca : 88 kali



    Oleh: Yehezkiel Novaldi

    Rabu, 1 Desember 2021 21:39 WIB

    Area Kerja Lesehan untuk Rumah Minimalis

    Dibaca : 101 kali