Ketika Seseorang Mengkritik Anda, Jangan Lakukan 6 Hal Ini - Urban - www.indonesiana.id
x

ilustr: ACR

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

4 hari lalu

  • Urban
  • Topik Utama
  • Ketika Seseorang Mengkritik Anda, Jangan Lakukan 6 Hal Ini

    Apa yang akan coba dilakukan artikel ini adalah mengungkapkan tujuh tanggapan yang tidak memiliki tujuan apa pun, sehingga Anda dapat mengidentifikasinya ketika akan terjadi dan menghentikannya.

    Dibaca : 310 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dikritik jarang menjadi pengalaman yang menyenangkan, terutama jika itu datang dari seseorang yang Anda sayangi. Hal ini dapat mengakibatkan segala macam reaksi tergantung pada individu dan keadaan, tetapi beberapa lebih tepat daripada yang lain.

    Apa yang dapat kita katakan, dengan sedikit keyakinan, adalah bahwa ada banyak cara untuk merespon yang harus dihindari dengan segala cara. Mereka tidak memiliki nilai selain memperburuk situasi, tetapi mereka semua terlalu umum dalam kehidupan nyata.

    Apa yang akan coba dilakukan artikel ini adalah mengungkapkan tujuh tanggapan yang tidak memiliki tujuan apa pun, sehingga Anda dapat mengidentifikasinya ketika akan terjadi dan menghentikannya.

    1. Merespon dengan Marah

    Anda baru saja mengalami pukulan tubuh setelah menerima kritik dari seseorang yang pendapatnya penting bagi Anda. Anda merasakan kulit Anda memanas saat darah mengalir melalui sistem Anda sementara kebencian dan kemarahan muncul dari dalam, yang berpuncak pada ledakan iritasi dan bahkan kemarahan.

    Pencurahan kemarahan ini mungkin atau mungkin tidak ditujukan pada pengkritik Anda, tetapi hasilnya masih cenderung merugikan Anda. Jika Anda menunjukkan kemarahan kembali terhadap kritik Anda, Anda hanya akan membuat mereka memusuhi, yang berpotensi mengarah pada eskalasi lebih lanjut. Itu akan merusak hubungan Anda dan mempersulit keberadaan satu sama lain.

    Jika Anda berhasil menahan amarah hingga menjauhkan diri dari orang yang mengkritik Anda, bukan berarti Anda bebas dari konsekuensinya. Anda mungkin membuat keputusan terburu-buru yang kemudian Anda sesali, Anda mungkin menyakiti orang lain (yang oleh para psikolog disebut perpindahan), dan Anda mungkin bertindak sedemikian rupa sehingga membuat diri Anda dalam masalah.

    Tidak, kemarahan bukanlah cara untuk menanggapi kritik.

    2. Melaksanakan Retribusi

    Anda telah terluka dan yang dapat Anda pikirkan hanyalah ketidakadilan yang baru saja Anda alami. Anda tidak pantas mendapatkannya dan sekarang saatnya untuk membuat mereka membayar.

    Jadi, Anda merencanakan dan mengatur untuk membalas kritik Anda dengan membuat mereka terluka sebagai balasannya.

    Tetapi apa yang benar-benar dicapai? Anda mungkin dapat menimbulkan rasa sakit pada mereka, tetapi apakah ini akan mengubah apa pun? Apakah Anda akan merasa lebih baik karenanya?

    Jawabannya hampir pasti tidak. Retribusi adalah reaksi defensif yang jarang memiliki nilai yang tinggi sebagai respon; sebaliknya, itu akan lebih cenderung menyebabkan trauma emosional lebih lanjut bagi Anda di masa depan.

    Tidak, pembalasan bukanlah cara untuk menanggapi kritik.

    3. Menyalahkan Orang Lain

    Seseorang meminta pertanggungjawaban Anda, tetapi Anda bersikeras bahwa itu tidak ada hubungannya dengan Anda. Sebaliknya, Anda mengalihkan kesalahan ke orang lain. Anda membuat alasan mengapa Anda tidak pantas dikritik dan mengalihkan tanggung jawab apa pun dari diri Anda sendiri.

    Lagi pula, tidak ada yang berhak mengkritik Anda ketika kesalahan ada di tempat lain, bukan? Yah, Anda mungkin berpikir begitu, tetapi ini hanya hasil yang realistis jika Anda benar-benar telah dituduh secara salah. Dan bahkan jika ini masalahnya, menyalahkan orang lain bukanlah respon yang tepat. Sebaliknya, Anda hanya perlu menjelaskan mengapa kesalahan tidak terletak pada Anda tanpa menunjuk ke tempat lain.

    Tetapi, kemungkinan besar, Anda akan memiliki beberapa tingkat tanggung jawab dan kritik akan akurat, bahkan jika tidak selalu diperlukan. Mencoba menggeliat keluar dengan menempatkan orang lain dalam bingkai tidak membawa Anda ke mana-mana.

    Tidak, menyalahkan orang lain bukanlah cara untuk menanggapi kritik.

    4. Menyangkalnya

    Beberapa kata telah diucapkan dan bagi Anda itu tampak terlalu kasar. Anda tidak pantas dikritik seperti itu karena Anda tidak melakukan kesalahan.

    Atau setidaknya, itulah yang dikatakan pikiran Anda kepada Anda. Menyangkal bahwa Anda mungkin telah melakukan kesalahan tentu saja merupakan salah satu cara untuk menghindari sakit hati yang hebat, tetapi apakah itu juga bisa menjadi peluang yang terlewatkan?

    Sangat sering kritik tidak memiliki dasar dalam kenyataan, tetapi saat-saat ini memang sangat jarang. Sebaliknya, biasanya ada beberapa unsur kebenaran dalam apa yang dikatakan, bahkan jika itu dilebih-lebihkan.

    Jika Anda menyangkal kebenaran ini, maka Anda mencegah kesempatan untuk belajar dari apa yang telah terjadi. Jelas Anda telah membuat seseorang kesal, dan jika semua yang Anda lakukan tidak setuju dengan argumen mereka, Anda tidak dapat menyesuaikan perilaku Anda dan mencegahnya terjadi lagi.

    Tidak, penolakan bukanlah cara untuk menanggapi kritik.

    5. Bersembunyi dari Itu

    Anda dapat sepenuhnya menerima poin yang telah diajukan terhadap Anda, tetapi ini tidak berarti Anda berurusan dengan mereka secara internal.

    Anda mungkin, sebaliknya, hanya memilih untuk mengubur kepala Anda di pasir dan bersembunyi dari konsekuensinya. Dengan mengabaikan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, Anda menekan emosi Anda dan menjauhkan diri dari tanggung jawab Anda.

    Anda dapat mengabaikan penilaian yang diletakkan di depan Anda, tetapi melakukan hal itu hanya akan kehilangan kesempatan untuk tumbuh dan berubah. Anda mungkin takut akan perubahan, tetapi itu adalah satu-satunya cara untuk menghindari pertunjukan yang berulang di kemudian hari.

    Tidak, bersembunyi bukanlah cara untuk menanggapi kritik.

    6. Tinggal di Atasnya

    Jadi Anda memiliki beberapa kata kasar yang ditujukan kepada Anda dan Anda merasa sangat rendah. Anda memiliki dua pilihan: Anda dapat memikirkannya dan melanjutkan dalam keadaan terluka Anda, atau Anda dapat mendengarkan perasaan Anda, mempelajari apa artinya dan mengambil langkah proaktif untuk memperbaiki diri sendiri.

    Seperti yang telah dikatakan, kritik biasanya memiliki sedikit kebenaran di dalamnya dan memungkinkan Anda untuk melihat kualitas yang mungkin tidak diinginkan di mata orang-orang di sekitar Anda atau masyarakat pada umumnya. Terkadang aspek kepribadian Anda ini mungkin tersembunyi dari Anda, dan meskipun tidak pernah enak didengar, dengan membahas peristiwa itu berulang kali, Anda sebenarnya menghalangi jalan menuju kemajuan.

    Tidak, memikirkannya bukanlah cara untuk menanggapi kritik.

    Kita semua akan menghadapi kritik selama hidup kita dan bagaimana kita bereaksi terhadapnya dapat memengaruhi arah perjalanan kita. Enam tanggapan yang dibahas di sini tidak melayani diri Anda yang lebih tinggi dan harus dihindari sedapat mungkin. Sebaliknya, Anda harus selalu berusaha mengubah kritik menjadi hal yang positif dengan menilai dari mana asalnya dan bagaimana Anda dapat memasukkannya ke dalam perjalanan peningkatan diri Anda.

    ***
    Solo, Rabu, 24 November 2021. 6:45 am
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Yehezkiel Novaldi

    Kamis, 2 Desember 2021 17:51 WIB

    Ergonomi Kenyamanan Bekerja di Dapur

    Dibaca : 88 kali



    Oleh: Yehezkiel Novaldi

    Rabu, 1 Desember 2021 21:39 WIB

    Area Kerja Lesehan untuk Rumah Minimalis

    Dibaca : 101 kali