x

ilustrasi,perdagangan internasional. pixabay.com

Iklan

Rabiah Adawiah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Desember 2021

Kamis, 23 Desember 2021 07:50 WIB

Perdagangan Internasional

perdagangan yang terjadi antara dua negara yang berbeda melalui aktivitas ekspor dan impor, barter, lintas perbatasan, package deal, dan konsinyasi sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan oleh ke dua negara.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perdagangan internasional adalah sebuah kegiatan perdagangan yang terjadi  antara dua negara yang berbeda melalui aktivitas ekspor dan impor, barter, lintas perbatasan, package deal, dan konsinyasi sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan oleh ke dua negara. yang didorong oleh perkembangan dan kemajuan IPTEK, adanya perbedaan sumber daya alam di tiap negara, kebebasan ekonomi dunia, kebutuhan dari setiap negara, dan kemampuan maupun ketidak mampuan negara tersebut untuk dapat memproduksi kebutuhannya sendiri.

 

Perdagangan internasional tidak hanya berguna di bidang ekonomi saja.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 Di bidang lain pada masa modern sekarang perdagangan internasional memiliki  banyak manfaat yang semakin terasa. Bidang itu antara lain politik,sosial, dan pertahanan keamanan. 

bidang ekonomi, perdagangan internasional dilakukan semua negara untuk memenuhi

kebutuhan rakyatnya agar sejahtera.

Ada juga 8 manfaat perdagangan international yaitu sebagai berikut  : 

  1. Menaikan devisa negara

                                                   

Manfaat perdagangan internasional yaitu sebagai penambah devisa. Bagaimana caranya? Melalui pertukaran perdagangan dengan cara mengimpor maupun mengekspor barang yang ada di dalam ke luar negeri dan begitu pula sebaliknya. Apabila devisa negara meningkat, maka akan menyebabkan beberapa hal ini.

 

  1. Pertumbuhan ekonomi

Manfaat perdagangan internasional kedua yaitu untuk pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi atau kenaikan produk nasional bruto (GDP) ini dihasilkan melalui faktor produksi milik warga negaranya yang tinggal di dalam maupun luar negeri dan warga negara yang tinggal di dalamnya maupun yang tinggal di luar negeri tidak termasuk dalam GDP, jadi hanya faktor produksinya saja.

 

  1. Mempengaruhi stabilitas harga barang ekspor

 perdagangan luar negeri berikutnya adalah stabilitas harga. Stabilitas harga yang dimaksud merupakan cara pemerintah mempertahankan harga ketika terjadi fenomena inflasi yang mulai meninggi. Inflasi sendiri merupakan peningkatan ketersediaan uang, sehingga dapat menyebabkan kenaikan harga barang.

 

  1. Eksistensi tenaga kerja

Eksistensi tenaga kerja merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kelancaran dari segala tindakan yang berhubungan dengan pengadaan barang maupun jasa.

 

  1. Memenuhi kebutuhan di negara lain

Kerjasama perdagangan internasional dapat membuat negara lain yang tidak memiliki barang maupun jasa yang diinginkan menjadi terpenuhi. Contohnya, Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang mengolah kedelai menjadi tempe, berbeda dengan negara di Eropa maupun Amerika.

 

  1. Memperoleh keuntungan internal serta eksternal

Kebijakan perdagangan internasional yaitu tentu memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan secara internal maupun eksternal. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, negara tidak akan mampu untuk memenuhi kebutuhan penduduknya apabila negara tersebut tidak melakukan kerja sama dengan negara lain dan hanya mengandalkan dana atau anggaran dari pungutan pajak saja.

 

  1. Memperluas pasar

Perdagangan internasional memiliki tujuan agar sebuah perusahaan yang ada dalam negara tersebut dapat menjalankan mesin produksinya secara maksimal dan dapat menjual stock produknya tanpa perlu mengkhawatirkan kelebihan produksi yang dapat mengakibatkan turunnya harga produk maupun jasa yang dijual.

 

  1. Transfer teknologi modern

Perdagangan internasional juga dilakukan demi memperoleh keuntungan dalam hal teknologi modern yang tidak bisa atau belum diproduksi atau diperoleh dari dalam negeri, sehingga membutuhkan kerja sama dengan pihak luar

Ikuti tulisan menarik Rabiah Adawiah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB