x

Iklan

0073 Senjaliany Wanda Muttia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Desember 2021

Sabtu, 25 Desember 2021 09:04 WIB

Strategi Rasulullah SAW dalam Berbisnis dan Pemasaran

Saya Senjaliany Wanda Muttia (191410073) dari Universitas UIN SMH BANTEN Semester 5 Prodi Jurusan Ekonomi Syariah dari Kelas B. Artikel ini saya tulis bahwasanya untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester mata kuliah Manajemen Pemasaran Syariah yang di ajar oleh Dr. Syaeful Bahri,s. Ag., M.M.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebelum masuk ke pembahasan sub materi yang tertera di judul artikel, akan ada pengantar materi untuk menambah pembahasan terkait dengan Strategi Rasulullah SAW dalam berbisnis dan pemasaran. Artikel ini saya tulis untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester mata kuliah Manajemen Pemasaran Syariah yang di ajar oleh Dr. Syaeful Bahri, s. Ag., M. M. 

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh umat manusia, memerlukan suatu barang maupun jasa yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seorang manusia. Ada manusia yang menjadi sang pemasar dan ada yang menjadi si penerima pemasaran. Pemasaran bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, dengan berbagai macam kegiatan yang berbeda antara satu manusia dengan yang lainnya.

Pemasaran merupakan bentuk usaha untuk melakukan kegiatan sosialisasi atau silaturahim kepada antar umat manusia, kerja sama yang terjalin dapat membantu manusia itu untuk tetap melakukan usaha nya mencari nafkah dan tetap bersosialisasi dengan orang lain. Dalam melakukan suatu usaha juga tidak boleh sembarangan dan mendzalimi orang lain, karena hal itu sangat amat dilarang salam syariat Islam yang di wahyukan Allah SWT kepada Rasulullah SAW. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nabi Muhammad SAW merupakan seorang panutan umat terutama umat Muslim diseluruh dunia, dalam segala aspek yang berkaitan dengan dunia salah satunya yakni strategi Beliau dalam melakukan suatu bisnis dan pemasaran. Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang profesional dalam dunia wirausaha, mengelola bisnis, melakukan berbagai transaksi, dan segala sesuatu yang brkaitan dengan pihak pengelolaan didalamnya. 

Dibawah ini beberapa strategi yang digunakan Rasulullah SAW dalam pengelolaan bisnisnya, yaitu: 
1. Membidik Pasar 
2. Memilih Target 
3. Penetuan Posisi 
4. Strategi Produk 
5. Berpromosi 
6. Orientasi Pada Pelayanan 
7. Berpikir Kreatif dan Visioner 
8. Memebentuk Relasi 

Nah itu dia ada 8 (delapan) strategi bisnis yang digunakan oleh Rasulullah SAW. untuk itu alangkah baiknya kita sebagai umatnya mulai menerapkan strategi-strategi tersebut dalam keseharian, agar menjadikan kita pebisnis yang bercermin atau meniru kesuksesan yang telah dicapai oleh Rasulullah SAW dengan tetap bertumpu pada syariat yang sudah ada dan tidak mendzalimi orang lain.

Demikian materi yang bisa saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Apabila ada kritik serta saran yang sekiranya ingin disampaikan silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel tugas UAS Manajemen Pemasaran Syariah ini, semoga bermanfaat. 


Nama : SENJALIANY WANDA MUTTIA 
NIM : 191410073 
Kelas : Ekonomi Syariah - 5B 
Mahasiswi UIN SMH BANTEN

Ikuti tulisan menarik 0073 Senjaliany Wanda Muttia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu