x

Gambar para pekerja di kawasan industri Morowali. Sumber foto: daerah.sindonews.com

Iklan

Sri Kandhi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2020

Rabu, 29 Desember 2021 06:45 WIB

7 Momen Saat PT IMIP Inisiatif Bangun SDM Andal di Morowali

Selain sumber daya alam sebagai bahan baku, sumber daya manusia yang mempunyai daya saing juga dibutuhkan bagi pengembangan industri di Indonesia. Dan satu perusahaan Indonesia yang gencar melakukan aksi peningkatan SDM berkompeten adalah PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) di Morowali, Sulawesi Tengah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pemanfaatan maksimal di kekayaan alam Indonesia lewat hilirisasi industri sedang gencar dilakukan. Disamping itu, SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas juga harus ditingkatkan agar bisa mengimbangi perkembangan industri. Dan pelaku industri yang kerap melakukan aksi penunjang peningkatan SDM di daerahnya ialah PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) di Morowali, Sulawesi Tengah.

Ya, PT IMIP tak hanya menciptakan SDM yang berkualitas melalui jalur instansi pendidikan, namun juga melalui pembekalan untuk pemuda yang memasuki usia siap kerja.

Terlebih, jika cita-cita Indonesia adalah memprioritaskan penyerapan tenaga kerja dalam negeri ketimbang tenaga kerja asing yang termanifestasi dalam transfer knowledge, skill dan technology kepada pekerja lokal. Hal ini bisa terwujud bila para pelaku industri lainnya lakukan hal yang sama seperti PT IMIP.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lantas, apa saja aksi-aksi peningkatan SDM yang telah dilakukan oleh IMIP?

1. IMIP Training Ground

Yang terkini, IMIP sedang membangun sebuah gedung training center yang bernama IMIP Training Ground. Pembangunan training center untuk menunjang peningkatan SDM di Morowali dan juga memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk kawasan industri di tersebut.

Menkaer Ida Fauziyah menyambut positif aksi PT IMIP ini saat melakukan kunjungan kerja ke Morowali. Menaker juga berkesempatan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama sebagai peresmian pembangunan IMIP Training Ground

2. Rekrutmen PT IMIP yang Serap Pekerja Lokal

Selain menyediakan cara rekrutmen lewat online dan offline, dalam pemenuhan tenaga kerja, PT IMIP juga bekerja sama dengan beberapa Unit Career Development yang ada di perguruan tinggi.

Seperti saat membuka seleksi calon karyawan yang bertempat di Politeknik ATI Makassar pada Jumat (22/10). Diketahui ada 605 peserta yang mendaftar di rekrutmen ini.

PT IMIP tidak hanya bekerja dengan Politeknik ATI Makassar namun diketahui juga bekerja sama dengan Universitas Muslim Indonesia, Universitas Islam Makassar, dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) dna Politeknik Negeri Ujung Pandang. 

3. Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi

Kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya yang meliputi soal pengadaan tenaga kerja juga dilakukan PT IMIP. Seperti kerja sama dengan ITS Surabaya tentang pengadaan tenaga kerja di kawasan industri PT IMIP, kerjasama dengan Politeknik ATI Makassar di program kerja praktek di kawasan IMIP, bekerja sama dengan UGM meliputi rekrutmen, magang, penelitian dan pengembangan kualitas SDM, kerjasama penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan Universitas Indonesia . 

Namun ada juga kerja sama dengan perguruan tinggi seperti pembuatan laboratorium dan auditorium Morowali di UI, mendatangkan tenaga pengajar dari ITB Bandung untuk Politeknik Industri Logam Morowali.

4. Pelatihan 3 in 1 Industri Logam

PT IMIP yang bergerak di pengolahan sumber daya logam merupakan pilihan tepat bagi Kementerian Perindustrian RI untuk bekerja sama menciptakan tenaga kerja yang bisa memenuhi sektor industri logam.

Salah satu bentuk kerjasama IMIP dengan Kemenperin akhirnya terwujud lewat penandatangan MOU atau Nota Kesepakatan tentang penyiapan SDM industri logam melalui pendidikan dan pelatihan Industri yang diteken oleh Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar dan Managing Director PT IMIP Hamid Mina di Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Nota kesepahaman itu menyangkut tentang pelatihan industri baja yang berbasis kompetensi dengan sistem 3 in 1 (pelatihan, sertifikasi kompetensi dan penempatan kerja). Diklat ini dilaksanakan di setiap politeknik atau akademi komunitas dari jenjang D1 hingga D3.

5. Politeknik Industri Logam Morowali

Salah satu wujud kerja sama PT IMIP dengan Kementerian Perindustrian berlanjut ke tahap realisasi yaitu pembangunan Politeknik Industri Logam Morowali yang diresmikan di tahun 2019. Politeknik tersebut dibangun karena untuk memenuhi tenaga kerja berkualitas yang mampu mengoperasi teknologi pengolahan logam. Industri logam di Morowali sedang sangat berkembang.

Dalam pembangunan PILM, PT IMIP berperan membangun gedung perkuliahan, laboratorium, bengkel kerja dan gedung administrasi dan manajemen di lahan seluas 30 ha.

6. Mengadakan Bimbingan Belajar

Tak hanya menyediakan fasilitas pendidikan seperti Politeknik Industri Logam Morowali. PT IMIP diketahui juga memberikan bimbel atau bimbingan belajar bagi siswa SMA yang ingin melanjutkan studi ke Politeknik Industri Logam Morowali pada 24 Juni - 16 Juli 2021.

7. Pelatihan SDM yang ada di PT IMIP

Pada bulan Maret 2021, IMIP bersama PPSDM KEBTKE BPSDM ESDM  mengadakan pelatihan dan sertifikasi kompetensi untuk para pekerja IMIP yang dilakukan secara offline. Sebanyak 189 orang diketahui mengikuti diklat untuk pengoperasian PLTU dan bidang kelistrikan ini.

Ikuti tulisan menarik Sri Kandhi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler