x

Kegiatan IMIP edukasi pentingnya masker di Bahodopi.

Iklan

Sri Kandhi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2020

Kamis, 23 Desember 2021 20:17 WIB

Sejak Awal Covid-19 hingga Kini, 10 Ragam Penyaluran Alkes oleh PT IMIP

PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) sebagai pelaku industri tidak tinggal diam begitu saja Melihat situasi serba kelangkaan di masa pandemi Covid-19. PT IMIP bergerak cepat, tidak hanya menyalurkan oksigen, namun juga alat-alat kesehatan. Banyak bantuan alat-alat kesehatan disalurkan oleh IMIP, terutama untuk daerah sekitarnya yaitu Morowali yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pandemi Covid-19 yang datang secara mengejutkan di tahun lalu membuat banyak pihak berada di posisi sulit. Negara pun hingga kewalahan dalam upaya penanggulangan penyebaran virus Covid-19 serta pengadaan oksigen dan alkes untuk perawatan dan pencegahan Covid-19.

Melihat situasi serba kelangkaan di masa pandemi Covid-19, PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) sebagai pelaku industri tidak tinggal diam begitu saja. PT IMIP bergerak cepat, tidak hanya menyalurkan oksigen, namun juga alat-alat kesehatan. 

Banyak bantuan alat-alat kesehatan disalurkan oleh IMIP, terutama untuk daerah sekitarnya yaitu Morowali yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah. Selama masa pandemi, IMIP telah banyak memberikan sumbangsih bagi Indonesia, baik itu dalam penyediaan oksigen dan juga bantuan non oksigen seperti masker, respirator, hingga disinfektan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Inilah deretan bantuan alat-alat kesehatan yang disalurkan PT IMIP dari yang paling terkini hingga sejak awal pandemi:

September 2021: Edukasi Pentingnya Masker ke Warga Bahodopi

Warga yang taat pada protokol kesehatan sangat dibutuhkan. IMIP juga ambil peran dalam menegakkan kesadaran masyarakat agar taat pada protokol kesehatan. Edukasi ini dilakukan di sejumlah tempat publik di Kecamatan Bahodopi seperti Pasar Rakyat Bahodopi. Pada aksi ini, IMIP diketahui memberikan 80.000 masker yang terdiri dari masker medis dan juga masker kain.

September 2021: Bantuan Respirator Oksigen

Tak hanya oksigen yang menjadi kebutuhan penting bagi perawatan pasien Covid-19, namun juga sejumlah alat-alat kesehatan penunjangnya seperti respirator. Dan pada 17 September 2021 lalu, PT IMIP memberikan sejumlah konsentrat oksigen 5L BF-5A, konsentrat oksigen 10L ND-ZY10QW, respiratory humidifier accessories, HFNC Trolley, dan fingertip pulse oximeter yang diterima oleh Kabupaten Morowali. 

Agustus 2021: Bantuan Masker untuk Morowali

Kala PT IMIP memberikan bantuan oksigen kepada Kabupaten Morowali sebagai cadangan jika supply oksigen dari Palu terlambat datang, PT IMIP juga memberikan 100.00 pcs masker kain.

Agustus 2021: Empat Ratus Ribu Masker untuk Provinsi Sulawesi Tengah

PT IMIP tidak hanya memberikan ISO tank oksigen kepada Provinsi Sulawesi Tengah di Agustus 2021 kemarin, namun diketahui juga memberikan 400.00 pcs masker kain.

Desember 2020: Ribuan Liter Cairan Disinfektan di Desember 2020

Pada Rabu (23/12/2020), PT IMIP menyalurkan bantuan ribuan liter cairan disinfektan dan ratusan sabun antiseptik kepada pemerintah Kabupaten Morowali. Bantuan ini diterima langsung oleh pengelola Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Juli 2020: Bantuan Saat Memasuki Era New Normal

Juli 2020, Indonesia senyatanya telah memasuki era new normal, namun protokol kesehatan tetap tidak boleh lengah. IMIP pun juga masih memberikan sejumlah bantuan seperti cairan disinfektan, sabun antiseptik, dan alat fogging kepada pemerintah Kecamatan Bahodopi di Kamis (2/7/2020). 

Mei 2020: Bantuan di Hari Buruh 2020

Pada peringatan Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei , PT IMIP memberikan bantuan kepada DPC SPN Kabupaten Morowali berupa cairan disinfektan sebanyak 4 jerigen besar, masker 500 pcs, sabun antiseptik 2 dus. 

April 2020: Bantuan Melalui Nahdlatul Ulama

Melalui Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU), pada April 2020, PT IMIP membagikan sejumlah masker, hand sanitizer, thermometer gun, dan sabun kepada masyarakat Morowali. Namun tak hanya itu, IMIP juga membagikan beras sebanyak 20.000 kilogram dan 5.000 kiloliter minyak goreng.

Maret 2020: Bantuan untuk Kabupaten Morowali

Bantuan berupa ratusan lister disinfektan dan 2 unit sprayer elektrik diberikan PT IMIP kepada Pemerintah Kabupaten Morowali pada 30 Maret 2020 lalu, guna mengantisipasi secara dini dari penyebaran virus Covid-19 di Kecamatan Bahodopi. Tiga hari sebelumnya yaitu 27 Maret 2020, IMIP diketahui juga menyalurkan bantuan ribuan liter disinfektan dan diterima langsung di rumah Bupati Morowali.

Awal Pandemi: Mendatangkan Alkes untuk Nakes

Ketika pandemi awal merebak di Maret 2020, PT IMIP langsung sigap membantu dalam menyokong tenaga kesehatan dengan beberapa protokol kesehatan.

Dalam bantuan ini IMIP bekerja sama dengan Yayasan Bintang Delapan, Tsingshan Charity Foundation, Kementerian Pertahanan RRT, serta Kementerian Pertahanan RI.

Ada 6 jenis alat kesehatan yang disumbangkan IMIP yaitu APD, masker KN95, sarung tangan dan masker sekali pakai, kacamata pelindung, dan alat rapid test.

Bantuan kemanusiaan dari berbagai pihak terutama pelaku industri yang mampu memproduksi barang dalam skala banyak sangat dibutuhkan. Terlebih, suatu masalah bila dihadapi bersama akan lebih mudah ketimbang dihadapi sendirian. Nyatanya, nilai kebersamaan atau warga yang guyub masih terpelihara dengan baik di negeri kita. Ya, semoga saja pandemi ini segera berlalu.

Ikuti tulisan menarik Sri Kandhi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler