Bekerja dengan Rasa Cinta - Humaniora - www.indonesiana.id
x

ilustr: Score

Rilda Gumala

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Kamis, 6 Januari 2022 15:12 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Bekerja dengan Rasa Cinta

    Tentang Kerja, etos kerja dan bekerja dengan rasa cinta

    Dibaca : 546 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

                                                                                                                      

    Kerja adalah kata yang sangat akrab dengakehidupan kita sehari-hari. Kerja  dapat mengundang tawa dan air mata...betapa bahagianya ketika setelah lulus kuliah langsung mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan yang diharapkan  dan betapa kecewanya ketika pekerjaan yang diimpikan tak kunjung diterima...bahkan ada yang putus asa karena urusan " kerja" ini. Sungguh, kerja adalah kata yang ajaib.

    Kerja menurut kamus besar Bahasa Indonesia berarti kegiatan melakukan sesuatu; yg dilakukan (diperbuat): -- nya makan dan minum saja2 n sesuatu yg dilakukan untuk mencari nafkah; mata pencaharian: selama lima tahun -- nya berdagang3 n perayaan yg berhubungan dng perkawinan, khitanan, dsb; pesta perjamuan: -- nikah akan dilaksanakan pd tanggal 10 Syawal4 n cak pekerjaan: menguli adalah -- yg memerlukan tenaga fisik; 5 v cak bekerja: hari ini ia tidak -- krn sakit;

    Bagi yang belum mendapatkan pekerjaan (baca : kerja) berusaha dengan berbagai cara untuk memperoleh pekerjaan sesuai dengan harapannya. Ada yang berani menyuap/menyogok puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Bagi yang sudah bekerja berusaha mendapatkan posisi yang lebih tinggi dengan menghalalkan segala cara. Nauzubillahi min zalik!

    Sebagian besar orang beranggapan kerja = uang,  artinya kerja adalah kendaraan untuk memperoleh uang atau jaminan finansial. Proses bagaimana suatu pekerjaan itu dikerjakan bukanlah persoalan, yang penting adalah hasil akhirnya yaitu UANG ! Apakah sedangkal itu makna suatu pekerjaan ? Faktanya suka atau tidak suka memang demikianlah adanya. Betapa banyak kita menemukan suatu pekerjaan yang tidak dikerjakan sebagaimana semestinya dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Contohnya kesalahan dalam menulis tanggal surat- kelihatannya sepele tapi bisa menimbulkan kerugian yang tidak sedikit jumlahnya. Betapa sering pula orang (baca kita juga) ceroboh dalam melakukan suatu pekerjaan ...tanpa disadari Sesungguhnya pekerjaan harus dilakukan dengan sepenuh hati...bukan cuma untuk uang tapi ada yang jaauuuh lebih penting dari itu....

    Kerja akan berjalan dengan baik jika ada etos kerja . Kamus wikipedia menyebutkan bawa etos merupakan bahasa dari Yunani ; akar katanya adalah ethikos yang mengandung arti moral atau menunjukkan karakter moral. Dalam bahasa yunani kuno serta modern, etos mempunyai arti sebagai keberadaan diri, jiwa dan pikiran yang membentuk seseorang.

    Pada webster's New Word Dictionary, 3rd College Edition, etos mempunyai definisi sebagai kecenderungan atau karakter; sikap, kebiasaan, keyakinan, yang berbeda dari individu atau kelompok. Bahkan dapat dikatakan bahwa etos pada dasarnya adalah tentang etika. Dalam kamus bahasa Indonesia, Etos Kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok, dengan demikianEtos adalah sikap yang tetap dan mendasar yang melahirkan perbuatan-perbuatan dengan mudah dalam pola hubungan antara manusia dengan dirinya dan diluar dirinya.

    Singkatnya etos kerja merupakan refleksi dari sikap hidup yang mendasar sehingga etos kerja menjadi cerminan dari pandangan hidup yang berorientasi pada nilai-nilai yang berdimensi transenden (ilhaiyah)

    Dengan demikian adanya etos kerja pada diri seseorang profesional, niscaya akan lahir semangat untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan sungguh-sungguh, disertai keyakinan bahwa dengan berusaha secara maksimal,Insya Allah hasilnyapun akan maksimal. Jika berbicara tentang kerja maka penggalan renungan Khalil Gibran-seorang penyair asal Lebanon patutlah diapresiasi.

    Dan apakah yang dinamakan bekerja dengan rasa cinta?
    Laksana menenun kain dengan benang yag ditarik dari jantungmu, seolah-olah kekasihmulah yang akan mengenakan kain itu.
    Bagai membangun rumah dengan penuh kesayangan, seolah-olah kekasihmulah yang akan mendiaminya di masa depan.


    Kerja adalah cinta yang mengejawantah.
    Dan jika kau tiada sanggup bekerja dengan cinta, hanya dengan enggan, maka lebih baiklah jika engkau meninggalkannya.
    Lalu mengambil tempat di depan gapura kuil, meminta sedekah dari mereka yang bekerja dengan sukacita.

    Sebab bila kau memasak roti dengan rasa tertekan, maka pahitlah jadinya dan setengah mengenyangkan.

    Bilamana kau menggerutu ketika memeras anggur, gerutu itu meracuni air anggur.

    Dan walaupun kau menyanyi dengan suara bidadari, namun hatimu tiada menyukainya.

    Maka tertutuplah telinga manusia dari segala bunyi-bunyian siang dan suara malam hari

    Keynote : Selamat Bekerja dengan rasa cinta

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.