Senangnya Santri Rumah Tahfidz Ikuti Aksi Mobile Qur`an - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Peserta Mobile Quran

PPPA Daarul Quran

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Agustus 2020

Jumat, 14 Januari 2022 07:12 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Senangnya Santri Rumah Tahfidz Ikuti Aksi Mobile Qur`an

    Mengawali 2022, Mobile Qur’an PPPA Daarul Qur’an Malang kembali hadir menyapa santri-santri Rumah Tahfidz pada Senin, (10/1). Aksi kali ini berlangsung di Rumah Tahfidz Barokatul Qur’an di Desa Kraksaan dan Rumah Tahfidz Az-Zahra di Desa Besuk, Kabupaten Probolinggo.

    Dibaca : 695 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mengawali 2022, Mobile Qur’an PPPA Daarul Qur’an Malang kembali hadir menyapa santri-santri Rumah Tahfidz pada Senin, (10/1). Aksi kali ini berlangsung di Rumah Tahfidz Barokatul Qur’an di Desa Kraksaan dan Rumah Tahfidz Az-Zahra di Desa Besuk, Kabupaten Probolinggo.

    Pada sesi pertama Mobile Qur’an diikuti oleh 30 santri dari Rumah Tahfidz Barokatul Qur’an. Anak-anak tampak sangat bergembira mengikuti aksi Mobile Qur’an karena materi yang menyenangkan. Kak Akmal, trainer Mobile Qur’an, memberikan motivasi cara menghafal Al-Qur’an dengan cara yang sederhana dan lucu. 

    “Adik-adik ada empat cara menghafal Al-Qur’an, pertama yakin kalau menghafal Al-Qur’an itu mudah, Allah telah menyampaikan sebanyak empat kali dalam Al-Qur’an kalau orang yang ingin menghafal Al-Qur’an. Jadi kalau adek-adek merasa kesulitan, ingat lah mudah, mudah, mudah, mudah, yes!” kata Kak Akmal sambil mengepalkan tangannya yang diikuti semua santri.

    Kak Akmal melanjutkan cara kedua, membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan pelan-pelan dan istiqomah. Ketiga adalah berbakti kepada orang tua, tidak mengucapkan “ah” kepada orang tua. Keempat menjadi orang yang bertakwa, salah satunya harus melaksanakan sholat wajib lima waktu dengan baik dan tidak bolong-bolong.

    Hal yang sama terjadi ketika Mobile Qur’an beraksi di Rumah Tahfidz Ar-Zahra. Kali ini Mobile Qur’an diikuti 60 santri. Kak Akmal menyampaikan cara mudah menghafal Al-Qur’an dengan cara yang menyenangkan, ia menggerakan tangan sebagai contoh gerakan bacaan taawwudz dan basmalah.

    Selain motivasi, ada juga hadiah untuk santri yang berhasil menebak pertanyaan sambung ayat Beberapa santri yang mendapatkan hadiah tersebut tampak senang. 

    Seperti Nasikh, ia mendapatkan hadiah berupa buku dan pensil. “Nasikh senang dapat hadiah buku dan pensil buat belajar di sekolah,” ucapnya.

    PPPA Daarul Qur’an Malang merencanakan jelajah Mobile Qur’an akan terus berjalan guna memberikan motivasi kepada anak-anak di sekolah maupun TPQ. Harapannya agar dakwah tahfidzul Qur’an semakin dikenal di semua daerah di Jawa Timur. []



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.