SEAMOLEC Terima Audensi PKBM Bakti Nusa, Bahas Kolaborasi Program - - www.indonesiana.id
x

Elite Bogor

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2021

Jumat, 14 Januari 2022 07:09 WIB

  • Topik Utama
  • SEAMOLEC Terima Audensi PKBM Bakti Nusa, Bahas Kolaborasi Program

    Audensi Seamolec dan PKBM Bakti Nusa untuk Pendidikan Anak Putus Sekolah & Program Eko Wisata Virtual.

    Dibaca : 264 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pondok Cabe Tangerang 12 Januari 2022

    SEAMOLEC ( Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional  Open Learning Center ) menerima Audensi PKBM Bakti Nusa Bogor membahas kolaborasi program pendidikan, result dari meeting virtual yang digagas Kemenparekraf di penghujung tahun 2021 mengangkat tema "ASEAN Mutual Recognition Arrangement On Tourism Professionals" tepatnya 29 Desember 2021 lalu.

    Dokpri

     

    SEAMOLEC adalah salah satu dari 26 Pusat dibawah naungan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMO) dengan fokus pendidikan terbuka jarak jauh (PTJJ)

     

    PKBM Bakti Nusa yang mengusung Program Sekolah Gratis, pengguna aktif Platform Belajar Setara Daring, menindaklanjuti rencana kolaborasi antara institusi pendidikan non formal PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dan Seamolec. Tindak lanjut dari pembahasan eko wisata entrepreneurship dengan Cahya Kusuma Ratih (Seamolec Kemendikbudriset) di sesi tanya jawab pada event tersebut.

    Disamping itu PKBM Bakti Nusa juga memfollow up korespondensi yang telah dimulai sejak pertengahan tahun 2021 di salah satu hotel Puncak Bogor dalam acara Pengenalan Setara Daring yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Riset  untuk kolaborasi program pendidikan virtual dan Program PLK (Pendidikan Layanan Khusus) bagi anak anak usia belajar yang terperangkap di dunia usaha agar dapat menuntaskan program belajar hingga setara SMA.

     

    Diacara virtual Kemenparekraf tersebut salah satu pembahasan mengenai pentingnya Desa Wisata dan Penguatan Sumber Daya Manusia melalui tokoh masyarakat dan Karang Taruna sebagai Motor Penggerak Desa Wisata sebagai titik balik dari hantaman Covid 19 di dunia pariwisata.

    PKBM mempunyai akses untuk membantu pendidikan pemuda karang taruna yang sebagian besar berusia diatas 18 tahun dan tidak dapat difasilitasi oleh pendidikan formal karena batas usia.

     

    Kolaborasi dengan Pendidikan Non Formal sangat lah tepat agar motor penggerak desa wisata yang adalah pemuda pemudi berusia diatas 18 tahun dan belum tamat program edukasi hingga SMA dapat diselesaikan dan Program Eko Wisata di Paket C dapat diserap dan langsung diaplikasikan.

     

    Audensi dilakukan di Seamolec Head Quarters - Kompleks Universitas Terbuka, Pondok Cabe Tangerang, Divisi Partnership Lantai 3.

    Seamolec diwakili oleh Ali Imron - Seamolec Community Partnership Division, yang menjelaskan akan vakumnya posisi direktur di Seamolec dan sedang menunggu penunjukan Direktur baru agar Program Partnership yang tertunda dapat segera terealisasi.

     

    "Harapan saya sebagai Ketua PKBM Bakti Nusa, Seamolec dapat menguatkan SETARA DARING dengan program belajar eko wisata dan entrepreneurship virtual yang akan menjangkau pendidikan di daerah terpencil sehingga Program Penguatan SDM Desa Wisata dan Program PLK Kemdikbud Riset dapat berjalan beriringan." Jelas Agung Udiyanto Ketua PKBM Bakti Nusa Bogor.

     

    -Penulis-



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.