x

Iklan

KKN UNEJ 2022 kelompok 1

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Januari 2022

Rabu, 19 Januari 2022 13:13 WIB

KKN Peduli Semeru Universitas Jember Kelompok 1 Tematik Kewirausahaan

KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Jember

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

KKN Peduli Semeru Universitas Jember Kelompok 1 tematik Kewirausahaan

      Lembaga Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember adakan KKN  Tematik dengan tema “KKN Peduli Semeru”. KKN ini dilakukan sebagai bentuk realisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian, dimana Universitas Jember ikut mengambil peran dalam rangka pemulihan masyarakat terdampak erupsi semeru. Tema yang diangkat dalam KKN Tematik ini antara lain Pendidikan, Kesehatan, Kebencanaan dan Kewirausahaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

      KKN dilaksanakan pada tanggal 5 Januari - 18 Februari 2022 dengan total jumlah mahasiswa yaitu 376 mahasiswa dari berbagai fakultas yang terbagi menjadi 15 kelompok dan setiap kelompok terbagi menjadi empat kelompok kecil sesuai tema yang ada. Kelompok satu ditempatkan di Dusun Krajan, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Tim Kewirausahaan dari kelompok satu mengangkat permasalahan dari salah satu wirausaha di Dusun Krajan yang terdampak  yaitu usaha kerjinan batik. 

      “Batik Bambu Mujur” milik Bapak Nurul Huda memiliki beberapa permasalahan, dari hasil wawancara dan analisis yang telah dilakukan permasalahan yang ditemui antara lain kurang luasnya pemasaran, branding usaha dan produk yang tidak maksimal, motif batik yang terkesan ketinggalan zaman dan jenis produk yang kurang inovatif. Berdasarkan permasalahan tersebut, beberapa solusi yang akan diterapkan oleh tim kewirausahaan KKN kelompok satu antara lain menerapkan digital marketing melalui platform online shop dan media sosial, pembuatan logo dan katalog produk untuk branding usaha, penambahan motif dan inovasi produk batik.

     Harapan dari solusi yang akan dilakukan antara lain pemasaran menjadi lebih maksimal, branding usaha lebih menarik, bertambahnya pilihan motif dan produk, sehingga meninggkatkan penjualan dari usaha Batik Bambu Mujur nantinya. Selain itu dengan dikenalnya Batik Bambu Mujur dikalangan luas diharapkan dapat mengangkat nama kabupaten Lumajang khususnya desa Sumbermujur itu sendiri.

Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ 2022 kelompok 1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler