x

Komunikasi menjadi salah satu faktor kunci dalam mengubah perilaku masyarakat pada masa pandemi COVID-19

Iklan

Kharisma Alfaridzi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Januari 2022

Jumat, 21 Januari 2022 13:37 WIB

7 Efek Komunikasi Massa pada Masyarakat

Komunikasi massa merupakan sebuah bentuk komunikasi dimana komunikator menggunakan media massa dalam membuat dan menyebarluaskan suatu pesan kepada publik atau masyarakat luas. Pesan yang disampaikan dalam komunikasi massa cenderung bersifat terbuka dan diterima masyarakat luas secara serentak. Komunikasi massa tentunya menimbulkan efek tertentu terhadap targetnya, yaitu masyarakat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Komunikasi massa merupakan sebuah bentuk komunikasi dimana komunikator menggunakan media massa dalam membuat dan menyebarluaskan suatu pesan kepada publik atau masyarakat luas. Pesan yang disampaikan dalam  komunikasi massa cenderung bersifat terbuka dan diterima masyarakat luas secara serentak. Komunikasi massa tentunya menimbulkan efek tertentu terhadap targetnya, yaitu masyarakat.

tapi tahukah anda bahwa Komunikasi Massa bisa mempengaruhi masyarakat luas,berikut ini adalah 7 efek dari Komunikasi Massa pada masyarakat.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1.Efek Kognitif

Komunikasi Massa memberikan efek Kognitif pada masyarakat,karena pesan yang disampaikan melalui komunikasi tersebut memberikan informasi baru bagi penerimanya.Informasi itu bisa berupa gambaran atau tempat yang belum dikunjungi sebelumnya oleh komunikan.melalui pesan yang terkandung dalam komunikasi massa,maka akan membuat masyarakat yang menjadi komunikan menjadi tahu akan informasi yang disampaikan oleh media massa.Contohnya ialah Penonton tahu bagaimana cara membuat suatu produk,atau penonton menjadi tahu jika ada lokasi wisata yang indah yang mungkin saja belum dikunjungi oleh komunikan.

2.Efek Afektif

Efek afektif berhubungan dengan perasaan atau emosi,komunikasi massa menimbulkan efek afektif kepada para komunikan,ketika pesan yang disampaikan oleh komunikator menimbulkan perasaan atau mengubah perasaan tertentu pada komunikan,ada beberapa faktor yang mempengaruhi  efek afektif ini,yaitu suasana emosional,skema kognitif,situasi yang menerpa komunikan serta faktor identifikasi.

Contohnya adalah komunikan menjadi terbawa suasana saat ada musibah bencana alam yang terjadi atau komunikan menjadi bahagia saat ada suatu hal yang membanggakan untuk komunikan.

 

3.Efek Konatif

Efek ini berkaitan dengan perilaku atau tindakan,efek konatif merupakan efek yang timbul dari perpaduan efek kognitif dan afektif,misalnya ada berita tentang bencana alam yang terjadi lalu komunikan menjadi iba hingga mempunyai keinginan membantu  korban bencana alam lalu diwujudkan dengan tindakan komunikan dengan memberikan sumbangan untuk korban bencana alam.

4.Efek Behavioral

Sama seperti efek konatif,efek behavioral berkaitan dengan perilaku atau tindakan komunikan yang terlibat dalam komunikasi massa.Efek behavioral yang terjadi pada tiap individu berbeda sesuai individu tersebut.Contohnya adalah seorang  anak menonton berita tentang Tawuran ,anak tersebut mungkin akan belajar jika jangan ikut tawuran tetapi di lain sisi mungkin ada anak yang menjadi terinspiraso oleh perilaku tawuran tersebut.

 

5.Efek terhadap masyarakat

Efek komunikasi massa terhadap masyarakat berkaitan dengan penilaian masyarakat terhadap  karakter yang ditunjukan oleh media massa mengenai seseorang.Bagaimana penyampaiannya,pembawaannya ,interaksi yang dilakukan,serta cara berpikir orang tersebut dikomunikasikan kepada publik.Contohnya adalah ada seorang politikus yang sedang ingin maju ke pemilihan kepala daerah di depan layar perilaku politikus ini mencitrakan politikus yang jujur dan amanah ,secara tidak langsung Politikus ini mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap dirinya.

 

6.Efek Sosial

Efek sosial berkaitan dengan perubahan struktur atau status sosial seseorang,media massa juga dapat mempengaruhi pengetahuan,cara berfikir,interaksi ataupun perilaku seseorang .Contohnya adalah seorang pedagang makanan keliling   yang tidak mempunyai latar pendidikan apapun namun sering membaca surat kabar yang sudah lama untuk membaca informasi tentang cara mencari cara agar mencari konsumen lebih banyak dan cara mengupgrade skill ia memasak,hingga ia dapat membuat usahanya maju ,berkat media massa ini seorang pedagang makanan yang tadinya berekonomi rendah menjadi sukses berkat media massa.

 

7.Efek Ekonomi

Efek ekonomi  berkaitan dengan pengaruh komunikasi massa terhadap bidang pekerjaan,kebiasaan  sehari-hari,serta hiburan dalam masyarakat.Hadirnya komunikasi massa menyediakan lowongan pekerjaan di bidang apapun.Contohnya adalah komunikan dapat membeli barang atau mendapat pekerjaan dari iklan pada beberapa media komunikasi massa seperti iklan televisi atau  iklan pada surat kabar

 

Demikian adalah 7 Efek Komunikasi massa pada masyarakat.

Ikuti tulisan menarik Kharisma Alfaridzi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler