Menjadi Entrepreneur Bersama Trilogi - - www.indonesiana.id
x

Hilda Nur Rahmah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2022

Kamis, 27 Januari 2022 08:17 WIB

  • Topik Utama
  • Menjadi Entrepreneur Bersama Trilogi

    Hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang entrepreneur dan peranan Universitas Trilogi dalam membantu pembangunan perekonomian Indonesia

    Dibaca : 260 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Entrepreneur adalah seseorang yang dapat menciptakan sebuah bisnis baru, dan siap menanggung segala resiko serta menikmati sebagian besar keuntungannya. Dalam proses membangun bisnis tentu tidak mudah bagi seorang yang tidak mempunyai keberanian untuk menanggung segala resiko apapun. Karena dalam berbisnis tentu kita dapat menganalisa berapa banyak konsumen yang menginginkan produk kita. Maka sebagai entrepeneur yang cerdas kita harus mengetahui apa yang diinginkan oleh masyarakat. Selain itu, sebagai seorang entrepreneur kita harus memiliki mental yang kuat terhadap pesaing diluaran sana. Tentunya, usaha yang sukses itu tercipta dengan keja keras dan kegigihan.

    Selain itu kita juga harus menangkap trend yang ada agar usaha maupun bisnis kita tidak tertinggal oleh zaman dan mampu memberikan ide ataupun inovasi pada setiap peluang yang ada, serta melakukan berbagai promosi yang menarik atau dengan memberikan harga diskon pada produk tersebut. Dengan begitu, bisnis kita mulai dilirik oleh berbagai konsumen. Jika bisnis kita mulai bertambah dalam pendapatannya untuk setiap tahunnya, mulailah mengajak investor untuk melihat grafik atau laporan keuangan yang biasa dilakukan oleh seorang akuntan. Dengan adanya investor yang tertarik maka kita dapat mengembangkan usaha kita. Berikan penjelasan yang detail kepada investor untuk menarik perhatiannya.

    Disamping itu, untuk pengembangan usaha di perlukan juga kolaborasi. Dimana kita mau dan mampu untuk bekerjasama antar individu dan atau lintas bidang ilmu, sehingga terciptanya sinergi, membagi risiko dan menambah manfaat secara berkeadilan dalam tim yang kuat dan dinamis, serta membangun jejaring baik horizontal maupun vertikal dalam pengembangan bisnis. Sehingga produk makin dikenal dan dilirik karena adanya kolaburasi yang tercipta.

    Setelah produk terkenal dan dilirik banyak konsumen, maka untuk mempertahankanya perlu kemandirian. Dimana kita harus mengurangi ketergantungan pada orang lain dan selalu menggali potensi diri. Kemandirian memberikan kesempatan bagi wirausaha untuk dapat menentukan sendiri tujuan dan keputusan yang tepat bagi usahanya. Oleh karena itu, kemandirian ini penting untuk ditumbuhkan dalam diri wirausahawan agar usaha yang didirikannya dapat bersaing secara kompetitif dan memberikan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

    Bersama dengan Universitas Trilogi dalam membantu pembangunan perekonomian Indonesia melalui Fakultas Bioindustri yang sejak awal berdiri telah fokus pada usaha membangun semangat teknososiopreneur para mahasiswa. Menghadirkan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) melalui PPKWB (Pusat Pengembangan Kapasitas Wirausaha Bioindustri) terus memacu mahasiswa untuk meningkatkan semangat kewirausahaan. Tujuannya menumbuhkan semangat sehingga muncul para pelaku usaha baru yang secara paralel akan turut serta mendorong perekenomian nasional.

    PPKWB ini dibentuk khusus untuk melakukan pembinaan kepada para mahasiswa agar memiliki semangat juang menjadi entrepreneur sejak masa kuliah. Bentuk layanan yang dilakukan, yaitu mulai dari persiapan, pendampingan pelaksanaan sampai bantuan pembiayaan awal. Program yang dijalankan PPKWB ini juga terpilih dan didanai oleh program PPK Simlitabmas Kemendikbud-Ristek.

    Komitmen universitas adalah setiap lulusan bahkan ketika mereka masih berstatus mahasiswa harus sudah memiliki produk kewirausahaan. Sehingga setelah lulus, mereka tinggal melakukan scale up. Fakultas Bioindustri Universitas Trilogi tidak hanya fokus pada pengembangan kapasitas akademik para mahasiswa. Namun diseimbangkan dengan penguatan soft skill-nya. Selain itu, Universitas Trilogi ingin selalu menjadi bagian dari solusi atas permasalahan bangsa. Dalam konteks spesifiknya adalah dengan membantu percepatan pertumbuhan hadirnya para entrepreneur.

     

    #universitas trilogi
    #teknososiopreneur
    #insan unggul inovasi
    #CDPP
    #menjadi entrepreneur bersama trilogi

    Ikuti tulisan menarik Hilda Nur Rahmah lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.









    Oleh: Echa Espe

    25 menit lalu

    Rindu Tuan

    Dibaca : 51 kali