x

image: Cermati.com

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 4 Februari 2022 13:13 WIB

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Anda Membenci Pekerjaan Anda tetapi Ingin Karir yang Sukses

Anda menyukai apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda latih, tetapi potensi kenikmatan apa pun kini telah menguap sepenuhnya. Anda merasa mati di dalam air.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah Anda ingat diundang ke wawancara kerja Anda? Apakah Anda merasakan hal yang sama tentang pekerjaan Anda hari ini? Tidak ada yang lebih menghancurkan jiwa daripada bangun Senin pagi karena takut akan kenyataan bahwa Anda akan kembali ke perbudakan untuk pekerjaan yang Anda benci.

Anda menikmati setiap menit di rumah sebelum dengan sedih memutar kunci untuk menutup pintu depan Anda. Sejak saat itu, Anda menghitung mundur jam dan menit hingga 'TGIF'. Kecemasan Anda bahkan mungkin mulai membara sebelum akhir pekan Anda berakhir.

Bos Anda mungkin seorang pengganggu atau manajer yang tidak bisa benar-benar memimpin dan membimbing timnya. Menerima pesan yang campur aduk, dipelintir dan diputar ke berbagai arah tanpa ada arahan untuk manfaat nyata apa pun dapat menurunkan motivasi dan kepuasan Anda begitu dalam sehingga Anda hampir mencapai inti bumi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Anda menyukai apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda latih, tetapi potensi kenikmatan apa pun kini telah menguap sepenuhnya. Anda merasa mati di dalam air.

Anda mungkin terkejut dengan saran bahwa jika Anda merasakan hal-hal ini, itu sebenarnya pertanda yang sangat bagus. Anda mungkin berada di puncak persimpangan jalan yang signifikan yang akan mengubah hidup Anda.

Apakah Membenci Pekerjaan Anda Normal?

Apakah Anda merasa ngeri ketika memikirkan pekerjaan Anda? Seperti segala sesuatu dalam hidup, pekerjaan Anda akan selalu berubah. Setiap hari tidak akan sempurna. Beberapa hari akan menantang.

Namun, Anda akan selalu tahu ketika ada yang tidak beres. Anda akan tahu apakah Anda mengalami minggu yang buruk atau Anda berada dalam situasi yang beracun. Jika Anda membenci pekerjaan Anda, Anda tidak sendirian.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Gallup menemukan bahwa 85 persen tenaga kerja di dunia tidak bahagia. Jika Anda membenci pekerjaan Anda, Anda perlu memeriksa di mana Anda berada, apakah Anda dapat memperbaiki situasi Anda atau jika Anda harus berpikir untuk mengirimkan pemberitahuan pengunduran diri selama seminggu untuk memulai pencarian pekerjaan baru.

Cara Mengatasi Ketika Anda Membenci Pekerjaan Anda

Apa yang harus dilakukan ketika Anda membenci pekerjaan yang pernah Anda cintai? Langkah-langkah kunci berikut akan membuat Anda kembali ke jalur emas untuk menikmati kesuksesan karir meskipun Anda berada di perairan berlumpur saat ini.

1. Kenali Tanda-Tanda Ketidaknyamanan

Lama berlalu adalah hari-hari di mana kita mungkin berharap untuk bergabung dengan bisnis atau perusahaan dan menghabiskan hidup kita bekerja dengan cara kita menjadi peran manajemen senior yang nyaman yang akan mengurus kita dan keluarga kita selama sisa hidup kita. Faktanya, sebenarnya bisnis yang berisiko untuk berpikir seperti ini.

Kenaikan gaji lebih jarang terjadi. Keterampilan dan peluang Anda untuk mengembangkan keterampilan Anda sekarang dibatasi dengan tetap berada dalam satu pekerjaan atau organisasi. Menurut definisi, berkarir berarti berada dalam perjalanan perkembangan yang berkelanjutan.

Saat ini, rata-rata orang berganti pekerjaan dalam hidup mereka antara 10 dan 15 kali. Tidak mengubah lingkungan kerja membatasi kemampuan Anda untuk mengembangkan pengetahuan dan memperkuat kemampuan Anda. Anda benar-benar membuat diri Anda kurang bisa dipekerjakan.

Dengan globalisasi banyak bisnis, Anda tidak hanya bersaing dengan orang-orang di lingkungan lokal Anda untuk peran ideal Anda, Anda juga bersaing dengan orang-orang dari kota lain, antar negara bagian, lintas negara, dan luar negeri.

Beberapa organisasi berkembang dengan fokus konstan untuk menjadi inovatif, mengambil risiko yang diperhitungkan, dan merangkul teknologi baru — mereka yang tidak jatuh ke pinggir jalan. Jika Anda sendiri tidak mengikuti arus yang berubah, Anda dapat dengan cepat menemukan diri Anda terjebak di kapal yang tenggelam tanpa garis kehidupan.

Senin pagi blues adalah tanda utama bahwa Anda membenci pekerjaan Anda dan inilah saatnya untuk mulai berpikir dan melakukan sesuatu secara berbeda. Apa yang Anda rasakan sebenarnya adalah berkah tersembunyi.

2. Bekerja dengan Pelatih Karir dan/atau Terapis

Ketika kita benar-benar membenci kesibukan kita sehari-hari, inilah saatnya untuk terus waspada terhadap perkembangan gejala kecemasan dan/atau depresi.

Jangan hanya mencari tanda-tanda fisik seperti merasa lebih besar dan sering lelah, nafsu makan meningkat, kurang tidur. Hilangnya motivasi, konsentrasi, dan minat umum yang lebih rendah tidak hanya dalam pekerjaan Anda tetapi juga dalam aktivitas dan hubungan kehidupan pribadi Anda… tanda-tanda ini seharusnya meningkatkan alarm.

Teman dan keluarga Anda mungkin mulai berpikir bahwa mereka muak mendengar tentang bagaimana bos Anda terus-menerus menyalahkan Anda atas kesalahannya.

Toleransi telah menipis mendengarkan keluhan terus-menerus tentang Anda melakukan pekerjaan dua orang namun tidak pernah menghadapi atasan Anda tentang hal itu. Melanjutkan memutar rekaman patah rasa sakit Anda tidak hanya menyedot darah kehidupan Anda, tetapi juga teman dan keluarga Anda.

Jangan menunda bekerja dengan terapis dan/atau pelatih karir ketika Anda memperhatikan hal-hal ini. Kedua profesional tersebut akan membantu Anda mengenali gambaran lengkap tentang pengalaman Anda dan bagaimana hal itu memengaruhi Anda. Nilai terbesar adalah mereka membantu Anda untuk mulai mengidentifikasi perubahan yang perlu Anda buat dan bagaimana mengubahnya menjadi kenyataan.

Ketika sumber daya emosional, fisik, dan mental Anda terkuras karena menghadapi jam sembilan-ke-lima yang menghancurkan jiwa, pola pikir Anda tidak mungkin memiliki kepekaan yang optimal untuk menyusun rencana pelarian Anda.

Anda cenderung beroperasi dari pola pikir keputusasaan yang tetap daripada inovasi dan menjalankan taruhannya untuk berpindah dari satu situasi pekerjaan yang buruk ke yang lain.

Investasikan fokus untuk menemukan kembali nilai Anda, minat karier, dan pelajari cara bermimpi besar lagi. Jelajahi lebih dalam tentang apa nilai-nilai Anda di sekitar apa yang Anda ingin pekerjaan Anda berikan kepada Anda dan artinya bagi Anda.

Jika bekerja dengan pelatih atau terapis terasa seperti langkah yang tidak nyaman bagi Anda, pertimbangkan untuk mengikuti kursus yang membantu Anda mengatasi pertanyaan-pertanyaan ini. Beri diri Anda tendangan lembut untuk menyalakan momentum ke arah yang berbeda.

3. Ubah Ruang Kerja Anda

Lingkungan kerja yang bermusuhan atau beracun menyebabkan persaingan, hal negatif, intimidasi, kerusuhan, penyakit, dan pergantian yang tinggi. Tempat kerja yang beracun hanyalah salah satu tanda bahwa Anda membenci pekerjaan Anda dan dapat meracuni kehidupan pribadi dan profesional Anda.

Bekerja di tempat kerja yang beracun terasa mengerikan. Dan dibutuhkan sedikit usaha agar ruang kerja menjadi beracun. Mengapa tempat kerja menjadi tidak bersahabat dan beracun? Ketika para pemimpin memupuk budaya saya-pertama atau membunuh atau dibunuh, tempat kerja menjadi beracun.

Organisasi lain memulai dengan baik dan jatuh ke dalam perangkap mengejar kekuasaan atau uang. Kadang-kadang, seorang karyawan dapat menyebabkan seluruh tempat kerja menjadi beracun. Dan dibutuhkan banyak waktu untuk memulihkan organisasi seperti itu.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri dan orang lain yang bekerja di lingkungan beracun adalah keluar.

4. Jangan Berhenti Berlama-lama

Apakah kolega dan orang yang Anda cintai memberi selamat kepada Anda di hari jadi kerja Anda? Apa yang terlintas dalam pikiran ketika mereka berharap yang terbaik dalam karir Anda? Anda mungkin mulai bertanya-tanya apa yang telah Anda lakukan selama beberapa tahun terakhir karena Anda terhenti. Dan Anda tidak menyukainya sama sekali.

Cukup sulit untuk mengidentifikasi stagnasi dalam suatu pekerjaan. Dan ketika Anda melakukannya, Anda akan mulai merasa seperti Anda melakukan hal yang sama berulang-ulang. Sebelum Anda menyadarinya, lima tahun telah berlalu dan Anda belum mengembangkan diri Anda dengan cara apa pun. Hal ini pada akhirnya menyebabkan kurangnya gairah untuk pekerjaan Anda.

Anda mungkin merasa mandek di pekerjaan Anda karena beberapa alasan. Pertama, Anda bisa menjadi masalahnya. Jika pekerjaan Anda mudah dan tidak ada yang menantang Anda, Anda akan mengikuti arus. Stagnasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan kelelahan.

Untuk menghindari hal ini, Anda perlu memastikan bahwa karir Anda menantang dan menggairahkan Anda. Meskipun karir Anda seharusnya tidak menjadi tujuan hidup Anda, itu harus menjadi sesuatu yang menginspirasi dan memotivasi Anda.

Terlepas dari postingan Anda, Anda harus selalu kreatif untuk maju. Anda perlu menemukan cara sederhana untuk menanamkan kreativitas dalam pekerjaan Anda. Anda dapat mulai mengatur file atau mengembangkan keterampilan desain Anda.

5. Baca Simon Sinek's Find Your Why

Membaca  Find Your Why (Temukan Alasan Anda) oleh konsultan dan pembicara organisasi terkenal di dunia, Simon Sinek, dapat menjadi langkah transformasional dalam menemukan jalan kembali untuk mengalami karier yang sukses dan menyenangkan.

Sinek dan rekan penulisnya menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan antara memiliki alasan profesional dan alasan pribadi.

Itu sama seperti alasan mengapa teman dan keluarga Anda mencintai Anda sebagai ekspresi dari pekerjaan yang Anda lakukan setiap hari. Ini bukan tentang tugas dan aktivitas dan benar-benar tentang kepuasan emosional dan mental yang Anda dapatkan dari melakukan hal-hal itu.

Hasilnya adalah permadani yang indah dari orang-orang yang tidak hanya mengalami produk atau layanan yang luar biasa dari Anda. Anda menyukai apa yang Anda lakukan, ciptakan, dan dapatkan untuk memberi dan mereka membalas cinta Anda karena menyalurkan hasrat itu ke dalam layanan dan produk yang mereka rasakan manfaatnya.

6. Cobalah untuk Menghindari Kejenuhan di Tempat Kerja

Ketika Anda memiliki banyak tugas dan tanggung jawab di tempat kerja, Anda akan memiliki waktu terbatas atau tidak sama sekali untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai. Bekerja sepanjang waktu dapat menyebabkan stres dan kelelahan.

Salah satu jenis kejenuhan populer yang akan Anda alami adalah kejenuhan lelah. Kelelahan karena kejenuhan biasanya dialami oleh karyawan yang selalu bekerja terlalu keras dengan sedikit atau tanpa hasil yang positif.

Kejenuhan biasanya terjadi karena siklusnya terus menerus dan dimulai dari kehidupan profesional, hubungan, kehidupan pribadi, dan kesehatan Anda. Anda dapat menghindari kelelahan di tempat kerja dengan menyeimbangkan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi Anda.

7. Pertimbangkan Memperluas Pemikiran dan Bakat Wirausaha Anda

Anda mungkin berpikir "Aku akan selalu menjadi karyawan" dan pemikiran untuk memulai bisnis mungkin membuat Anda takut. Meski begitu, ada kemungkinan besar Anda memiliki bakat yang dapat dimonetisasi yang setidaknya dapat dengan cepat mengarahkan pola pikir Anda menjauh dari gagasan mengerikan tentang terjebak dalam pekerjaan buntu Anda untuk selamanya.

Pikiran untuk menciptakan produk atau layanan sendiri bisa sangat asing. Melakukan hal seperti ini bisa terasa seperti membayangkan pendakian Gunung Everest secara konyol ketika Anda tidak tahu apa-apa tentang pendakian atau hiking!

Tetapi begitu Anda mulai mencari dan melakukan percakapan eksploratif dengan pola pikir yang berbeda tentang ide-ide, alih-alih menanyai hari mengerikan yang Anda alami lagi dalam pekerjaan Anda, segalanya akan mulai berubah. Seperti Putri Tidur yang dibangunkan dari tidurnya oleh ciuman pertama Pangeran Tampan, Anda akan mulai menemukan cara berpikir yang sama sekali baru yang tidak ingin Anda manfaatkan.

Lihatlah keterampilan apa yang Anda miliki untuk melakukan pekerjaan Anda saat ini. Keterampilan apa yang telah Anda peroleh di masa lalu yang mungkin tidak aktif untuk sementara waktu? Apakah Anda rindu bisa melatih keterampilan tertentu?

Ketika Anda berdiskusi dengan pelatih karir Anda, Anda akan menemukan bahwa mungkin ada lebih banyak keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang bahkan dapat Anda kemas dan jual daripada yang Anda sadari. Namun, ingat: ini bukan hanya tentang uang. Seharusnya tidak.

Bahkan jika Anda telah menjadi administrator selama bertahun-tahun, dapatkah langkah selanjutnya adalah menulis administrator kursus pengantar atau pencari kerja muda dapat mengambil manfaat? Tidak ada guru atau platform pendidikan yang lebih baik untuk belajar dari pengalaman langsung. Ini mungkin pertunjukan sampingan yang Anda buat yang Anda ajukan dan berikan di sekolah menengah dan agen pencari kerja.

Anda dapat membuat lokakarya tatap muka dan/atau kursus pendamping yang Anda buat dan jual di platform pendidikan online seperti Udemy atau Teachable.

Kursus Anda mungkin menginformasikan dan mengajarkan teknik wawancara dan tip komunikasi untuk bekerja dengan manajer dan bos. Anda mungkin menyarankan seperti apa inisiatif berolahraga dan apa yang dapat dilakukan individu untuk membantu diri mereka sendiri merasa nyaman dan percaya diri di awal pekerjaan mereka.

Seringkali tidak ada yang lebih memuaskan daripada belajar dan mengetahui bahwa tantangan dan masalah orang lain dapat diatasi karena kebijaksanaan dan pengalaman yang dapat kita bagikan kepada mereka. Kita semua memiliki sesuatu yang dapat kita ajarkan dan tawarkan kepada orang-orang. Apa yang mungkin Anda tawarkan?

8. Pertimbangkan Apa yang Ingin Anda Lakukan, Bukan Hanya Apa yang Anda Lakukan Saat Ini

Saatnya untuk mulai memberi tahu massa tentang apa yang Anda mampu, tidak hanya dalam hal apa yang telah Anda lakukan tetapi apa yang Anda cita-citakan dan dorong ke depan untuk dicapai.

Firma rekrutmen global Robert Half menjelaskan bagaimana personal branding sangat penting untuk kemajuan dan menikmati karier yang sukses. Memberikan resume yang terdengar mengesankan dan surat lamaran tidak lagi cukup.

Apa yang kita terlibat dengan dan bagaimana kita muncul secara online dan offline diperhitungkan sekarang lebih dari sebelumnya. Jadi kita harus strategis.

Jika Anda mencari peluang untuk bekerja di perusahaan luar negeri dalam industri Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk meneliti praktik terbaik yang dilakukan oleh perusahaan lepas pantai lainnya dan menulis posting singkat LinkedIn Anda sendiri tentang hal itu. Atau Anda mungkin hanya melihat untuk memposting tautan ke apa yang Anda temukan dan memberikan evaluasi kritis singkat tentangnya.

Mulailah berpikir tentang bagaimana Anda memasarkan diri sendiri dan berhenti membiarkannya secara kebetulan. Sementara banyak yang berpikir media sosial hanya untuk barang-barang sosial pribadi, pertimbangkan bagaimana keterlibatan Anda di platform ini menggambarkan Anda kepada audiens Anda. Arahkan calon pemberi kerja dan mitra bisnis untuk melihat Anda sebagaimana Anda ingin dilihat, bukan hanya apa adanya.

9. Kembali ke Jalur dengan Mempelajari Hal Baru

Ketika Anda bangun setiap hari dengan perasaan sakit di perut Anda mengetahui panggilan tugas pekerjaan, ada kenyataan sulit yang harus Anda hadapi:

Anda bertanggung jawab untuk membuat perubahan yang diperlukan. Bukan tanggung jawab orang lain untuk membuat Anda merasa senang atau puas dengan pekerjaan Anda. Pada akhirnya, itu milikmu.

Jika Anda ingin memiliki karier yang sukses, Anda harus bertanggung jawab atas arah dan jenis pengalaman yang ingin Anda miliki dalam perjalanan Anda. Ke mana Anda mau pergi? Seberapa jauh dan mengapa? Pelatihan atau peluang apa yang mungkin memberi Anda ini? Apakah itu pelatihan eksekutif? Mungkin mengambil gelar MBA? Biarkan diri Anda berpikir secara lateral juga.

Katakanlah manajemen proyek adalah keahlian yang perlu Anda pelajari, atau bos yang tidak kompeten dengan sinis berkomentar bahwa Anda tidak akan pernah berhasil tanpa keterampilan ini. Bisakah menjadi sukarelawan menjadi kru untuk platform perusahaan yang berbicara acara mempercepat pembelajaran Anda tentang apa yang terlibat? Peramalan keuangan, pemasaran, manajemen sumber daya dan persediaan, bekerja dengan kepribadian anggota tim yang berbeda dan mengelola hubungan klien ... Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan pembelajaran pengalaman langsung seperti ini melalui kelas atau kursus online.

Industri e-learning diperkirakan mencapai $325USbillion pada tahun 2025. Dengan kualitas gerbang pembelajaran online yang tumbuh secara eksponensial dengan biaya akses yang sangat terjangkau ke guru kelas dunia, peluang emas untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan Anda ada di ujung jari Anda.

Belum pernah ada waktu yang lebih baik bagi Anda untuk merancang jalur karir dan menempa perjalanan pendidikan yang memperkaya yang tidak hanya memberi makan keingintahuan profesional Anda tetapi juga minat pribadi.

Pikiran Akhir

Tidak ada karier yang sukses yang pernah melibatkan menari dengan nada yang sama. Ketika Anda mendapati diri Anda membenci pekerjaan Anda lebih sering daripada tidak, perubahan sudah dekat. Dengan hanya menggunakan salah satu dari tip di atas, Anda dapat menyusun ulang kursus Anda untuk memiliki karier yang sukses.

Dalam waktu singkat, Anda tidak hanya akan membangkitkan harga diri dan pengakuan akan nilai unik kita yang dapat dicuri oleh pekerjaan buntu dari Anda. Anda akan menikmati tingkat kepuasan yang lebih dalam dan berkepanjangan, penemuan diri yang penuh energi, dan peluang untuk mengubah karier Anda menjadi perjalanan yang jauh lebih memuaskan yang pernah Anda bayangkan.

Bagian terbaiknya adalah Anda bahkan tidak perlu menunggu untuk mendapatkan pekerjaan impian. Perjalanan itu sendiri akan ajaib.

***
Solo, Jumat, 4 Februari 2022. 9:20 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

1 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB