x

Iklan

fransisca stevan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2022

Jumat, 25 Februari 2022 07:22 WIB

Belajar Bisnis anti Pesimis

Semakin berkembangnya zaman kini bisnis juga semakin berkembang jika dahulu bisnis dilakukan secara offline kini bisnis juga bisa dilakukan secara online. Oleh karena itu kita perlu pemahaman yang tinggi untuk melakukan bisnis secara online. Dan artike dibawah ini akan menjelaskan tentang belajar bisnis online.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bisnis online merupakan bisnis yang sedang ramai digandrungi masyarakat tidak hanya kalangan dewasa saja melainkan kini para remaja dan orang tua pun sudah mulai menggunakan media online untuk bisnis nya. Jika pada masa lampau bisnis dilakukan secara langsung dan dilakukan di toko tetapi kini bisnis bisa dilakukan secara online tanpa perlu tempat atau toko untuk memulai nya.

Nah untuk bisa berbisnis secara online kita perlu yang namanya belajar. Bagaimana sih belajar bisnis online yaitu dengan mengetahui apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan seperti contoh kita harus memperlakukan konsumen dengan baik, baik secara langsung maupun online jangan menggunakan bahasa gaul untuk membalas pesan konsumen utamakan menggunakan bahasa yang formal dan sopan.

Kemudian post foto barang yang akan kita jual di sosmed seperti Facebook, Shopee,Lazada, WhatsApp semenarik mungkin entah itu ditambahkan hiasan hiasan atau pernak pernik lainnya buat foto produk kita menarik dan dapat dipastikan jika konsumen melihat foto produk kita akan tertarik dan membelinya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemudian jika berbicara online pastinya kuta harus siap sedia 24 jam sebab media sosial dapat diakses kapan pun oleh sebab itu kita harus siap sedia untuk membalasa pesan konsumen jika tidak kita bisa menambahkan jam buka dan jam tutup dalam bisnis tersebut. Kemudian jangan lupa memberikan foto testi dari pelanggan sebab testi merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam bisnis online. Pastikan kita menjual barang yang sama seperti dengan foto produk yang kita post di sosmed jika barang yang kita post warna merah dan konsumen membeli nya ya kita harus memberikan warna merah bukan warna pink atau sebagainya. Jadi pada dasarnya belajar bisnis online itu yabg pertama adalah kita harus percaya diri sebab untuk memulai suatu usaha kita harus percaya, kemudian berperilaku sopan jangan karena kita memulai bisnis dengan online kita bisa berlaku seenaknya kita harus tetap berperilaku sopan kepada konsumen,jangan membuat konsumen menunggu,pastikan barang yang dipesan sesuai. Jadi begitu singkatnya cara belajar bisnis secara online.

-Belajar Bisnis Online dari Nol

Belajar bisnis online dari nol bisa diawali dengan memulai memosting barang dagangan kita melalui WhatsApp yaitu dengan memposting barang kita di status WhatsApp kemudian menggunakan capt yang menarik disertai dengan harga. Atau bisa juga dengan kita mengedit foto produk kita dihias dengan desain yang menarik kemudian diisi keterangan dari produk tersebut dan harga kemudian di post menggunakan capt yang menarik dan terkesan mengajak.

Pada dasarnya belajar bisnis online itu kita harus percaya diri sebab banyak diluaran sana yang ingin berbisnis tetapi belum pd atau percaya diri seperti aku ingin jualan ini loh tapi belum pd seperti itu biasanya itu terjadi pada anak anak remaja yang ingin memulai bisnis nya, nah jika kita malu terus tidak pd terus maka sampai tua nanti kita tidak akan memulai bisnis kita oleh sebab itu hal utama yang harus ada untuk memulai bisnis yaitu percaya diri, kedua kita sudah menentukan barang apa yang akan kita jual, jika kita sudah pd untuk membangun usaha tetapi belum tahu akan menjual produk apa sama saja bohong dong kalo begitu nah jika kita sudah percaya diri kita harus memikirkan ingin berjualan apa seperti itu.

Ketiga modal nah jika kalian anak remaja yang mungkin uang jajan pun masih meminta orang tua tetapi ingin memulai bisnis, PD sudah barang yang ingin dijualbelikan juga sudah dipikirkan nah tinggal modal kalau uang kita pas pasan maka pilih barang yang modal sedikit tapi menghasilkan untung yang banyak atau tidak kita bisa meminjam terlebih dahulu modalnya kepada orang tua kita lalu jika sudah mendapatkan untuk baru kita kembalikan modal tersebut kepada orang tua. Jadi seperti itu cara belajar bisnis dsri nol.

-Belajar Bisnis Online di Facebook

Belajar bisnis online melalui Facebook yaitu dengan pertama kita membuat akun Facebook terlebih dahulu kemudian jangan lupa menambahkan teman setelah itu kita foto produk yang akan kita jual kemudian posting dalam cerita atau unggahan isi dengan capt yang menarik. Kemudian berikan respon yang positif terhadap konsumen.

-Belajar Bisnis Online di Instagram

Belajar bisnis online melalui Instagram sama saja dengan melalui Facebook pertama buat akun Instagram kemuduan jangan lupa menambahkan teman setelah itu kita foto produk yang akan kita jual kemudian posting dalam cerita atau unggahan isi dengan capt yang menarik. Kemudian berikan respon yang positif terhadap konsumen. Atau kita juga bisa mereview produk kita di cerita kita menggunakan bahasa yang sopan dan menarik.

-Belajar Bisnis Online di Shopee 

Belajar bisnis online melalui shopee pertama kita harus mempunyai akun shopee terlebih dahulu kemudian psot produk yang akan kita jual lalu isi dengan keterangan dari produk tersebut dan harga kemudian beri jam buka dan tutup lalu usahakan untuk memberikan produk yang sesuai dengan yang ada di foto sehingga konsumen bisa puas dengan produk kita dan memberikan kita bintang yang banyak dan ulasan yang bagus sehingga akan banyak konsumen yang datang ke lapak shopee kita kemudian berikan respon yang positif dan sopan.

-Belajar Bisnis Online di Lazada

Belajar bisnis online melalui lazada pertama kita harus mempunyai akun Lazada terlebih dahulu kemudian psot produk yang akan kita jual lalu isi dengan keterangan dari produk tersebut dan harga kemudian beri jam buka dan tutup lalu usahakan untuk memberikan produk yang sesuai dengan yang ada di foto sehingga konsumen bisa puas dengan produk kita dan memberikan kita bintang yang banyak dan ulasan yang bagus sehingga akan banyak konsumen yang datang ke lapak shopee kita kemudian berikan respon yang positif dan sopan.

Ikuti tulisan menarik fransisca stevan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu